10 Jenis Ikan Hias Air Tawar Terindah

Hoby memelihara ikan di akuarium memang menarik dan menyenangkan. Tentunya memiliki Ikan hias air tawar terindah di aquarium kita akan menambah semangat kita dalam memelihara ikan di aquarium.

Walaupun banyak pemilik aquarium tidak keberatan memelihara ikan yang biasa saja, tetapi mengapa kita harus memelihara ikan yang biasa saja jika kita bisa memelihara jenis ikan terindah? Berikut ini akan saya jabarkan 10 jenis ikan hias air tawar terindah yang bisa anda pelihara di aquarium.

1. Ikan Guppy
Ikan GuppyIkan guppy adalah ikan yang sangat kecil tetapi aktif bergerak di sekitar permukaan air.
Karena ukurannya yang kecil, mereka adalah pilihan yang cocok untuk aquarium berukuran 10 galon. Ikan guppy datang dalam semua jenis variasi warna cerah, dan mereka benar-benar terlihat mencolok di akuarium. Ikan guppy merupakan jenis ikan yang pasif dan bisa hidup bersama dengan komunitas ikan yang damai, tetapi perlu diingat bahwa mereka sangat kecil, jadi jangan tempatkan mereka dengan ikan yang berukuran lebih besar yang bisa memakannya!

2. Ikan Neon Tetra

Ikan Neon TetraNeon tetra adalah ikan berwarna-warni lain untuk tangki 10 galon, dan mungkin salah satu ikan hias air tawar paling populer di kalangan pecinta ikan pemula. Mereka adalah ikan kecil yang harus dipelihara dalam kelompok yang beranggotakan paling sedikit enam ikan, semakin banyak ikan neon tetra yang anda pelihara di aquarium maka semakin meriah aquarium anda. Anda bisa memelihara ikan ini dengan ikan serupa lainnya seperti cardinal tetra, rummy-nose tetra and black neon tetra. Seperti ikan guppy, Anda harus berhati-hati untuk tidak memelihara ikan ini dengan ikan yang bisa memakannya.
3.  Ikan pelangi Boeseman
Ikan pelangi Boeseman, juga dikenal sebagai ikan pelangi bicolor adalah ikan yang damai tetapi kuat. Ikan ini bisa tumbuh hingga sekitar empat inci panjangnya dan paling baik disimpan dalam kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari enam atau lebih ikan. Mereka mungkin bukan pilihan yang tepat untuk pemilik ikan pemula. Jika Anda ingin memelihara ikan ini, saya sarankan anda menggunakan akuarium dengan kapasitas 55 galon. Mereka adalah pilihan yang baik jika anda mencari kawanan ikan yang tidak agresif.
4. Ikan Blue Rams

blue ramsIkan blue rams adalah ikan hias air tawar terindah yang berasal dari amerika selatan. Ikan ini merupakan ikan yang tidak agresif dan dapat tumbuh dengan baik di komunitas ikan yang damai. Ikan ini panjangnya dapat mencapai 3 inci.

Ikan blue rams membutuhkan aquarium dengan kapasitas minimal 20 galon. Aquarium tempat hidup ikan ini sebaiknya memiliki banyak tempat persembunyian sehingga dapat membuat ikan blue rams ini nyamai.

Ikan killfishIkan killfish merupakan ikan yang berasal dari afrika. Ikan ini memiliki warna yang cerah dan indah. Killfish adalah ikan yang cukup sulit dirawat, sehingga biasanya yang memelihara ikan ini adalah penghoby ikan yang sudah berpengalaman. Biasanya banyak pemilik ikan ini yang memelihara jenis ikan ini dalam aquarium khusus yang berisi hanya ikan ini. Walau begitu terkadang ada juga yang membuat aquarium berisi komunitas ikan yang berisi ikan killfish dicampur dengan spesies ikan tropis lainnya.
6. Ikan Gurami Dwarf
Dwarf Gourami
Ikan Gurami Dwarf sering dimasukkan ke daftar ikan yang tidak agresif, tetapi berhati hatilah jika ingin memelihara mereka. Dua ikan jantan dalam aquarium yang sama biasanya akan berkelahi. Ikan ini memiliki warna yang menakjubkan sehingga saya masukkan ke dalam daftar jenis ikan air tawar terindah. Ikan ini dapat hidup dengan baik di akuarium berukuran 30 galon.
7. Ikan Endlers

Ikan Endler adalah ikan yang sangat mirip dengan guppy begitupun dengan sifatnya. Keduanya bahkan dapat di kawin silang menghasilkan ikan hibrida. Endlers adalah ikan kecil berwarna warni dan biasanya pemilik ikan ini memelihara ikan ini secara kelombok di aquarium dengan perbandingan 2 jantan : 1 betina. Atau terkadang karena jenis ikan endlers betina langka, ada juga yang memlihara endlers jantan dicampur dengan guppy betina.

Seperti ikan guppy, endlers adalah ikan yang sebaiknya dipelihara di aquarium dengan kapasitas minimal 55 galon.

8. Ikan Zebra Danio

zebra fishIkan zebra adalah ikan yang berukuran kecil, mereka adalah ikan yang harus dipelihara dalam kelompok yang berisi 6 ekor ikan atau lebih. Ikan ini mudah dirawat dan bisa hidup dengan baik di aquarium kecil. Dengan garis garis hitam putih yang tajam dan kepribadian yang cukup lincah mereka adalah ikan yang bisa menghidupkan aquarium. Zebra danios adalah salah satu ikan yang telah diubah secara genetik menjadi Glofish.

9. GloFish

GloFishGlofish adalah jenis ikan zebra yang telah diubah secara genetik sehingga ikan ini bisa menjadi spesies baru yang berbeda. Ikan Glofish ini berwarna cerah dan yang paling unik adalah ikan ini bisa menyala dalam gelap.

10. Ikan Cupang

Keindahan ikan cupang tidak perlu ditanyakan lagi ya. Ikan ini walau ukurannya kecil memiliki kombinasi warna yang menawan. Ikan yang biasa dijadikan ikan aduan ini menjadi penutup dari 10 jenis ikan hias air tawar terindah.

Related Posts

Add Comment