10 Jenis Tanaman Hias Akar yang Indah

182 views

Tanaman hias ada yang disukai dari bunganya, daunnya , batangnya dan juga akarnya. Jenis tanaman hias akar ini dinilai keindahannya dari keunikan bentuk akar yang dimilikinya.

Jika anda termasuk orang yang mencari jenis jenis tanaman hias akar dari google, maka anda masuk ke website yang tepat karena banyaknya website yang menjebak berkeliaran di google sebagai contoh ada website yang menampilkan artikel berjudul 10 jenis tanaman hias akar tetapi kenyataannya yang benar benar tanaman hias akar disana hanya 2 jenis selebihnya hanya tanaman yang asal dia comot sesukanya tanpa memperlihatkan kebenaran. Sedangkan saya akan mencoba tampilkan conntoh bentuk akar yang dinilai sebagai kelebihan dari jenis tanaman yang saya cantumkan.

Paling tidak ada 10 jenis tanaman hias akar yang beredar di Indonesia, apa saja itu? Mari kita bahas

1. Adenium

Biasa dikenal dengan sebutan kamboja jepang, tanaman ini memiliki bentuk akar yang indah dan dikenal sebagai bongol. Walau sebenarnya bunga dari adenium ini tidak kalah menarik, harga adenium sangat bergantung dari akarnya. Tak heran jika adenium yang ditanam dengan cara steak harganya sangat murah. Hal ini dikarenakan adenium yang di tanam dengan steak akarnya tidak bisa berkembang dan memunculkan bongolnya.

2. Beringin

Tanaman hias akar beringin yang dimaksud disini tentu bukan beringin di hutan atau kebun yang memiliki tinggi menjulang dengan akar serabut yang besar. Beringin yang saya maksud disini lebih ke bonsai beringin, dimana jika dibuat bonsai beringin dapat dibuat akarnya menjadi berbagai model yang memiliki nilai seni tingi. Akar bonsai beringin dapat dibuat berbagai gaya seperti gaya mencengkram batu, hubungan akar dan tampilan akar.

3. Ficus Elastica

Ficus ElasticaTanaman ini di indonesia lebih dikenal sebagai tanaman karet kebo. Jika dibuat bonsai tanaman ficus elastica ini akarnya bisa dikreasikan dengan bentuk bentuk yang menawan. Tanaman yang biasa tumbuh di iklim trops ini akarnya bisa tumbuh dengan baik walau sudah dipotong potong untuk dibentuk sesuai keinginan anda.

4. Maple

MaplePohon maple jika dibuat bonsai bisa menampilkan bentuk akar yang lumayan. Tanaman hias ini mempunyai akar yang sedikit muncul ke permukaan tanah dan mencengkram kuat ke dalam tanah.

5. Ficus Virens

Jenis tanaman ini memiliki akar yang bisa melilit ke batangnya, sehingga tak heran tanaman ini sering dijadikan tanaman hias akar, akar dari tanaman ini sendiri dapat berubah warna di sepanjang taun yaitu saat daunnya tumbuh, menua, dan gugur.

Baca Juga : Macam Macam Gaya Bonsai Era Pos Modern

6. Ficus Microcarpa

Genus ficus memang memiliki sistem perakaran yang bisa dikreasikan sebagai tanaman hias. Ficus Microcarpa juga seperti itu sebagai contoh adalah gambar diatas dimana tanaman ini akarnya dibuat melilit sebuah batu sehingga terlihat indah.

7. Ulmus Lancaefolia

Ulmus LancaefoliaTanaman ini dikenal juga di indonesia sebagai tanaman ulmus cina. Tanaman Ulmus Lancaefolia merupakan jenis tanaman hias akar yang dibuat bonsai karena keindahan akarnya. Salah satunya adalah dibuat gaya mencengkram batu seperti yang terlihat di gambar diatas.

8. Bugenvil

Tanaman bugenvil mungkin lebih terkenal dengan keindahan bunganya. Tetapi sebenarnya tanaman ini akarnya bisa dikreasikan juga sehinga selain menampilkan bunganya yang indah akarnya pun dimunculkan ke atas tanah dengan bentuk yang eksotik.

9. Juniperus Chinensis 

Tanaman yang dikenal sebagai tanaman juniper cina ini, juga sering dibuat bonsai yang menggabungkan keindahan batang dan akarnya.

10. Duranta Erecta

Duranta Erecta atau dalam bahasa indonesia disebut sebagai tanaman sinyo nakal. Tanaman ini sering digunakan sebagai pakar hidup untuk batas halaman. Tanaman ini bisa dibuat bonsai dengan menampilkan tampilan akar yang cukup baik sehingga bisa dimasukkan ke salah satu dari 10 jenis tanaman hias akar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *