6 Jenis Belalang dan Ciri Cirinya

Jenis Belalang dan Ciri Cirinya – Seperti yang telah bahas sebelumnya, belalang itu merupakan sebuah famili tepatnya famili acrididae sehingga wajarlah jika belalang ini terdiri dari banyak spesies. Data terbaru menyatakan bahwa telah ditemukan lebih dari 10 ribu jenis belalang.

Jelas pada artikel ini saya tidak akan membahas semuanya, saya akan membahas 6 jenis belalang yang sudah terkenal saja berserta ciri ciri yang meletak kepadanya.

Belalang Kayu

Belalang KayuJenis ini merupakan yang paling terkenal diantara belalang, nama ilmiahnya adalah Valanga nigricornis. Hewan ini merupakan hama ganas yang biasanya menyerang tanaman padi dan jagung. Ciri Ciri belalang kayu adalah saat dewasa ukurannya dapat mencapai 90 mm, berwarna coklat tua seperti warna kayu. Belalang kayu masih berbentu nimfa (belalang muda) warnanya hijau dengan pola cokelat atau oranye di badannya. Kemudian mengalami moulting (pengelupasan kulit) saat menjadi dewasa sehingga warnanya berubah menjadi cokelat.

Belalang Hijau

Belalang hijauBelalang hijau memiliki nama ilmiah Oxya serville, hewan ini dapat ditemukan di afrika dan asia. Jenis belalang ini memiliki tubuh yang berwarna hijau, tetapi saat suhu lingkungannya tinggi belalang hijau warna tubuhnya akan berubah menjadi cokelat. semakin tinggi suhu tubuh lingkungan semakin tua warna cokelat dari serangga ini.

Belalang Kaki Merah

Belalang Kaki MerahBelalang ini bukan merupakan serangga yang hidup di Indonesia, nama ilmiahnya adalah Melanoplus femurrubrum. Merupakan hama yang biasa menyerang pertanian di mexico, america dan canada. Ciri ciri belalang kaki merah ini adalah saat dewasa panjang tubuhnya antara 1,7 – 3 cm, bagian punggungnya berwarna cokelat kemerahan, perut kuning kehijauan dan kaki belakangnya berwarna merah, inilah yang menyebabkan serangga ini diberi nama femurrubrum (femur = paha, rubrum = merah).

Belalang Cina

Belalang cinaMungkin belum banyak yang mengenal spesies ini. Serangga yang memiliki nama latin Acrida cinerea ini merupakan belalang yang memiliki kepala yang panjang. Selain ukuran kepalanya ciri lain dari serangga ini adalah tidak terdapat organ stridulasi pada kakinya, hal ini berbeda dengan kebanyakan spesies belalang yang memiliki organ ini.

Belalang Batu

nama latin belalang batuBelalang ini corak tubuhnya mirip seperti batu, berwarna abu abu dengan pola hitam dan putih di tubuhnya. Nama latin belalang batu adalah Asiotmethis limbatus. Serangga ini pada saat dewasa panjangnya bisa mencapai 2,5 cm. Perlu pengamatan ekstra untuk menemukan jenis ini dialam liar karena miripnya warna tubuhnya dengan batu dan kayu.

Belalang Italia

Calliptamus italicusBelalang ini memiliki ciri antenanya yang berukuran pendek. Warna tubuhnya mirip seperti belalang batu, berwarna cokelat tua dengan bercak hitam. Walau namanya belalang italia, jenis belalang yang bernama latin Calliptamus italicus ini merupakan spesies yang berasal dari asia tengah. Persebarannya cukup luas mulai dari asia tengah, afrika utara hingga sebagian eropa.

Related Posts

Add Comment