6 Jenis Ikan Hias Cupang Asli Indonesia

Walau tidak terlalu terkenal  dan jarang dibudidayakan sebenarnya Indonesia memiliki 5 jenis ikan hias cupang asli indonesia. Kelima spesies ikan hias asli indonesia ini memang jarang beredar di pasar ikan hias, hal ini dikarenakan bentuknya relatif ringkas dengan sirip yang pendek, cupang asli indonesia ini juga sering digunakan sebagai cupang aduan. Keenam jenis ikan tersebut adalah

1. Betta Channoides

ikan cupang asli IndonesiaIkan cupang asli indonesia yang pertama adalah  Betta Channoides, dimana ikan ini berasal dari sungai mahakam, kalimantan timur. ikan ini sering dijuluki sebagai snakehead fighter, hal ini karena saat di adu gigitan dari spesies ini disamakan dengan patokan ular. Ikan ini berkembang biak dengan cara mouth brooder dan panjang tubuhnya dapat mencapai 12 cm, cukup besar untuk ukuran cupang. Jika disatukan dengan ikan jenis lain ikan ini memiliki temperamen yang tenang, hal ini menyebabkan Betta Channoides dapat dengan mudah dipelihara bersama ikan jenis lain. Walau gitu jangan coba coba masukkan ikan cupang lain di dalam tempat tinggalnya ya nanti akan berantem. Jika ingin memelihara ikan ini, pastikan air untuk memelihara  Betta Channoides memiliki suhu 24 – 26 C dengan pH 6,5 – 7,5.

Terdapat perbedaan Antara ikan jantan dan betina dari spesies ini. Ikan jantan warna tubuhnya gelap, biasanya merah tua. Sedangkan ikan betina tubuhnya lebih pendek dan berwarna terang (merah kekuningan). Kepala ikan betina pun sedikit berbeda, dimana kepalanya lebih runcing. Untuk warna siripnya tidak ada perbedaan, dimana sirip Betta Channoides terdiri dari tiga warna yaitu cokelat kemerahan, hitam dan putih pada ujungnya.

2. Betta minniopina

Betta minniopinaSpesies ikan cupang ini berasal dari Riau dan Bintan, Sumatera, Indonesia. Berbeda dengan B. channoides, betina pada spesies cupang ini memiliki warna lebih gelap (merah tua) dibandingkan jantan. Ukuran tubuhnya relatif memanjang. Pada ujung siripnya dihiasi oleh lis berwarna hijau terang. Sementara bentuk tubuh jantan tampak lebih kompak. Warnanya cenderung terang, cokelat muda. Siripnya berwarna cokelat dengan hijau terang.

3. Betta ocellata

Jenis ikan cupang asli indonesia ini terbilang agresif, terutama yang jantan. Karena sifat itulah, cupang ini kerap dijadikan sebagai ikan cupang aduan. Ikan juga banyak diburu oleh para kolektor ikan cupang dari luar negeri. Dalam memelihara ikan ini sebaiknya ditempat yang bagian atasnya tertutup karena Betta ocellata memiliki kebiasaan melompat ke luar sehingga jika tempat pemeliharaaanya terbuka di bagian atas, ikan ini bisa jatuh keluar dan jika tidak ketauan akan mati. Tubuh ikan Betta ocellata dewasa dapat mencapai 12 cm. Ikan ini biasa hidup pada air bersuhu sekitar 25 C dengan pH 6,5 – 7,5.

Berbeda dengan jenis cupang lainnya, antara jantan dan betina dari spesies ini tidak ada perbedaan yang berarti, baik dari segi warna maupun ukuran sirip dada. Warna tubuh keduanya simple, yaitu cokelat muda atau biru tua. Perbedaan antara jantan dan betina hanya terdapat pada panjang tubuhnya. Ukuran tubuh betina relatif lebih pendek dibandingkan ikan jantan. Cupang ini merupakan ikan yang berasal dari daerah sebuku, Kalimantan Utara.

4. Betta rubra

Betta rubraSpesies cupang ini pernah dianggap telah punah pada tahun 1908. Namun, ternyata Betta rubra ditemukan kembali pada bulan februari 2007 oleh Dominito Danand Jaya di bagian barat Aceh, Sumatera. Ikan ini biasa hidup di hutan tawa, pada tahun 1800an spesies ini banyak ditemukan di danau toba, walau sekarang sudah jarang ada lagi sampai dikira sudah punah.

Tubuh ikan hias ini cukup indah yaitu warna merah tua. Pada ikan jantan terdapat garis garis hitam pada tubuhnya, sedangkan pada betina garis garisnya berwarna kuning. Ukuran tubuh ikan cupang ini standar yaitu maksimal 6 cm. Ikan ini menyukai air dengan suhu 23 – 28 C dan pH 6  – 6,5. Di habitat aslinya ikan cupang ini hidup di air kerung yang berwarna kehitaman.

5. Trichopsis schlerosis

Ikan hias cupang asli Indonesia ini bukan termasuk ke dalam genus Betta, melainkan Trichopsis. Spesies cupang ini banyak dijumpai dengan mudah pada area persawahan di di pulau jawa dan sumatera serta sungai sungai kecil yang ada di Kalimantan. Panjang tubuh ikan dewasa spesies ini adalah 6 cm dengan warna tubuh abu abu gelap dan siripnya berwarna kemerahan. Jika terkena sinar lampu tubuhnya kadang memantulkan cahaya sehingga terlihat seperti memiliki warna biru ditubuhnya. Ikan ini sepintas mirip ikan sepat, tetapi sebetulnya ikan inilah yang pertama kali diidentifikasi sebagai ikan cupang.

6. Betta patoti

ikan hias asli indonesiaIkan ini pertama kali ditemukan pada tahun 2007 di samarinda dan balikpapan, tepatnya di sungai Sebuku. Sama seperti Betta ocellata ikan ini suka melocat keluar dari akuarium sehingga perlu ditaruh di wadah yang tertutup bagian atasnya. Warna tubuhnya mirip seperti Betta rubra tetapi dengan warna dasar cokelat gelap dengan sedikit semburat warna hitam di tubuhnya. Ikan ini menyukai air bersuhu 23 – 26 C dengan pH 5 – 6,5.

 

 

Related Posts

Add Comment