7 Jenis Ikan Cichlid Menguntungkan Untuk di Budidaya

26 views

Yang termasuk jenis ikan cichlid adalah kelompok ikan hias air tawar yang masuk famili Cichlidae. Ikan Cichlid merupakan famili ikan hias yang cukup banyak jenisnya, ada sekitar 650 jenis. Jenis ikan hias dari family ini tersebar di seluruh mancanegara mulai  dari Amerika Selatan, Afrika dan Asia.

Jenis ikan Cichlid banyak yang dapat di budidayakan di Indonesia dengan melakukan beberapa perlakuan agar ikan ikan hias tersebut dapat dibudidayakan. Adapun jenis jenis ikan hias tersebut antara lain adalah :

Aequidens portalegrensis

ikan port acara chiclidIkan hias ini berasal dari Brazil, Paraguay dan Bolivia dan basa disebut dengan Port Acara, gerakannya sangat tenang di dalam akuarium. Ukuran tubuhnya dapat mencapai 22 cm, ukuran akuarium untuk budidaya sebaiknya adalah yang memiliki panjang 90 cm. Suhu air pada wadah adalah  16 – 23C. Jenis makanan yang dapat diberikan adalah cacing, makanan buatan dan crustacea kecil. Warna tubuh ikan hias ni antara jantan dan betina ada perbedaan yaitu ikan jantannya berwarna kehijauan sedangkan betinanya berwarna kecokelatan atau kemerahan. Pada bagian tubuhnya terdapat bercak htam mulai dari mata sampai pangkal ekor. Sedangkan pada bagian sirip ekornya terdapat bintik bintik hijau.

Aequidens pulcher

Aequidens pulcherJenis ikan cichlid ini berasal dari Amerika selatan dan biasa disebut dengan Blue Acara. Ukuran tubuhnya dapat mencapai 16 cm, ukuran akuarium untuk budidaya sebaiknya adalah yang mempunyai panjang minimal 90 cm. Suhu air pada akuarium adalah 22 – 26 C. Jenis makanan yang dapat diberikan adalah cacing, pelet dan crustacea kecil. Warna tubuh kuning kecokletan atau cokelat keabu abuan. Pada bagian badannya terdapat garis garis vertikal berwarna hitam dan terdapat bintik bintik biru pada seluruh tubuhnya sampai pada sirip punggung, ekor, dada dan perut.

Astronotus ocellus

Astronotus ocellusJenis ikan cichlid ini berasal dari amerika selatan dan biasa disebut dengan nama ikan oscar, gerakannya sangat tenang di dalam akuarium. Ukuran tubuhnya dapat mencapai 35 cm, ukuran akuarium untuk budidaya sebaiknya adalah yang mempunyai panjang 120 cm. Suhu air pada wadah adalah 22 – 26C. Jenis makanan yang dapat diberkan sama seperti ikan blue acara ataupun port acara. Tubuh ikan oscar berwarna gelap dengan bercak bercak warna orange atau merah, sedangkan pada bagian pangkal sirip terdapat bulatan hitam dengan dikelilingi warna orange / merah.

Cichlasoma bioellatum

Cichlasoma bioellatumJenis ikan cichlid ini berasal dari Mexico dan lebih dikenal dengan nama ikan Jack Demsey. Ukuran tubuhnya dapat mencapai 18 cm, ukuran akuarium untuk budidaya ikan ini sebaiknya yang memiliki panjang minimal 120 cm. Suhu air pada akuarium dijaga pada kisaran 19 – 25C. Jenis makanan yang bisa diberikan ke ikan jack demsey ini cukup bervariasi mulai dari insekta seperti belalang, ikan kecil, cacing, daging cincang maupun pelet. Warna ikan ini cokelat keabu abuan dengan bintik bintik biru disekitar bagian tubuhnya.

Cichlasoma meeki

Cichlasoma meekiJenis ikan hias ini berasal dari Amerika Tengah dan biasa disebut dengan firemouth Cichlid karena jenis ikan hias ini induk betinannya mengerami telurnya di dalam mulut, gerakannya sangat indah di dalam akuarium. Ukuran tubuhnya dapat mencapai 15 cm, ukuran akuarium untuk budidaya sebaiknya adalah yang mempunyai panjang 90 cm. Suhu air pada wadah adalah 20 – 25C. Jenis makanan yang dapat diberikan kepada ikan ini adallah cacing, seranga kecil dan pelet. Warna dasar tubuhnya kuning kehijau hjaua dan pada bagian tengah tubuhnya terdapat garis vertikal berwarna hitam sedangkan pada bagian siripnya terdapat bintik bintik berwarna biru.

Pterophyllum scalare

ikan cichlidJenis ikan cichlid ini berasal dari Amerika selatan dan biasa disebut dengan Angel Fish karena bentuk tubuh ikan hias ini sangat indah, gerakannya sangat lincah di dalam akuarium. Jenis ikan ini sangat banyak jenisnya dan setia jenis ikan hias dari Angel Fish akan diberi nama seperti warna tubuhnya. Ukuran tubuh ikan ini dapat mencapai 15 cm, ukuran akuarium untuk budidaya sebaiknya yang mempunyai panjang minimal 60 cm dengan suhu air di dalamnya sekitar 22 – 30C. Warna tubuh ikan angel fish ini ada berbagai macam, diantaranya hitam putih, kuning keemasan, kumpay dan bercak hitam.

Symphysodon discus

ikan discusJenis ikan hias ini berasal dari Amerika selatan dan biasa disebut dengan ikan discus, gerakannya sangat tenang di dalam akuarium. Ukuran tubuhnya dapat mencapai 20 cm, ukuran akuarium untuk budidaya ikan discus sebaiknya yang memiliki panjang 100 cm dengan lebar minimal 60 cm. Suhu air didalamnya dijaga pada sekitar 25 – 30C. Warna tubuh ikan hias cichlid ini ada beberapa macam antara lain adalah biru, cokelat dan hijau. Pada bagian tubuhnya terdapat corak batik yang indah dengan bentuk tubuh yang bulat sedangkan pada siripnya terdapat bintik bintik warna biru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *