7 Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka

Memiliki ikan hias air tawar langka di aquarium di rumah dapat menjadi kebanggan tersendiri. Spesies ikan ini cukup jarang ditemukan di pasaran, walau gitu anda masih bisa mencoba mendapatknya di grup grup facebook pecinta ikan. Sebagian spesies ikan langka ini masih dapat ditemukan di grup grup facebook walaupun harganya biasanya sangat mahal. Paling tidak ada 7 jenis ikan langka yang bisa anda pelihara, jenis ikan tersebut adalah

  1. Ikan Imperial Flower (Leptobotia elongata)
    Leptobotia elongataPanjang ikan ini bisa mencapai 150 cm, ciri dari ikan imperial flower ini adalah memiliki kepala yang agak rata dengan mata kecil dan bermanik manik. Ikan ini memiliki warna dasar golden dengan bercak gelap, motif dari ikan ini ada yang belang, totol atau tidak beraturan. Ikan imperial flower ini merupakan ikan yang berasal dari sungai Yangtze, Cina. Ikan ini menjadi langka dikarenakan banyaknya pembangunan bendungan yang membuat sungai tercemar sehingga ikan imperial flower banyak yang mati. Harga ikan imperial flower ini cukup mahal perekornya berkisar antara 2-3 juta rupiah per ekornya. Sebaiknya ikan ini dipelihara dalam 1 koloni yaitu sekitar 4-5 ekor dalam 1 aquarium.
  2. Ikan Zebra Pleco (Hypancistrus zebra)
    Zebra PlecoIkan ini termsuk ke dalam keluarga ikan sapu sapu tetapi warnanya belang hitam putih mirip dengan warna zebra. Hal inilah yang menyebabkan ikan ini dikenal dengan nama ikan zebra. Ikan hias air tawar langka ini pertama kali ditemukan pada tahun 1990. Ikan ini merupakan ikan yang berasal dari sungai xingu, Brazil. Berbeda dengan ikan sapu sapu lainnya, harga ikan zebra pleco ini cukup mahal satunya sekitar 4 jutaan. Ikan ini termasuk ikan yang pemalu dan sering bersembunyi. Warnanya yang unik hitam dan putih membuat ikan ini cukup menarik untuk anda pelihara di aquarium.
  3.  Ikan Petrochromis Merah (Petrochromis sp.)
    PetrochromisIkan ini merupakan ikan hias air tawar berwarna merah menyala yang berasal dari danau Tanganyika, Afrika. Para penggemar ikan hias langka ini cukup banyakk karena warnanya yang indah. Biasanya ikan Petrochromis jantan yang memiliki warna merah lebih cerah, sedangkan yang betina warnanya kusam dengan bagian kepala atas, pipi dan perut berwarna oranye. Sayangnya bagi anda yang ingin memelihara ikan ini di aquarium, anda harus merogoh kocek dalam karena harga satu ekor ikan Petrochromis ini sekitar 8-10 juta rupiah.
  4. Ikan Zebra Shovelnose (Brachyplatystoma tigrinum)
    Brachyplatystoma tigrinumIkan ini termasuk ikan hias yang cukup langka dan mahal. 1 ekor ikan ini harganya sekitar 15 jutaan. Ikan ini memiliki latar belakang berwarna terang dengan garis garis gelap dan bergelombang. Ikan ini cukup populer dikalangan penghoby ikan hias monster, karena ukuran ikan ini panjangnya bisa mencapai lebih dari 1 meter. Ikan ini berasal dari sungai amazon.
  5. Ikan Gar Emas (Atractosteus sp.)
    Ikan Gar EmasIkan ini memiliki warna emas yang sangat indah dan pada bagian atas ikan ini berwarna gelap. Ikan ini termasuk ikan yang susah berkembang biak di aquarium atau penangkaran, sehingga mayoritas ikan ini berasal dari alam liar. Hal inilah yang menyebabkan ikan hias air tawar langka ini cukup gila, per ekornya ikan gar emas ini antara 15 – 20 juta rupiah. Ikan ini hidup di aquarium yang besar dengan minimal kapasitas 400 galon.
  6. Ikan Pari Polkadot (Potamotrygon sp.)
    ikan pari polkadot yang langkaIkan pari ini memiliki motif yang menarik, walau begitu untuk memilihara ikan ini cukup sulit dan merupakan jenis ikan pari yang paling sulit dipelihara. Ikan pari polkadot ini sangat langka karena warna ikan pari polkadot merupakan hasil dari mutasi. Di Singapura ikan ini bisa terjual seharga $ 100.000.
  7. Ikan Arwarna Platinum (Osteoglossum sp)
    Ikan hiar air tawar langka mahalBeberapa warna ikan awarna suit ditemukan, salah satunya adalah ikan arwarna berwarna platinum. Bahkan ada yang mengatakan ikan arwana jenis ini merupakan ikan paling mahal didunia. Jenis ikan air tawar ini harganya paling murah diharga $ 400.000.

Itulah 7 jenis ikan hias air tawar langka yang ada di dunia. Jika anda bisa membudidayakan jenis ikan ini, keuntungan yang bisa anda dapatkan bisa sangat tinggi.

Related Posts

Add Comment