Tips Adopsi Kucing Munchkin

Kucing MunchkinAdopsi Kucing Munchkin – Halo catlovers, kembali lagi berjumpa dengan kami di sini. Masih membahas seputar kucing, dalam artikel kali ini kita akan berbicara mengenai adopsi kucing munchkin. Bagi kalian yang tidak ingin membeli hewan, kalian bisa mencoba untuk mengadopsinya saja. Apa saja sih yang harus diperhatikan ketika pertama kali mengadopsi kucing? Yuk, kita bahas lebih lanjut.

Nah, pertama, pastikan bahwa seluruh anggota keluarga menyukai kucing. Kalaupun tidak menyukai, minimal mereka tidak anti kucing apalagi jika ada satu atau beberapa anggota keluarga yang phobia kucing. Jika semua tidak terganggu dengan si kucing, maka Anda bisa memeliharanya dengan tenang.

Tips kedua dalam adopsi kucing munchkin, anda harus menyediakan beberapa kelengkapan standar untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk kucing yaitu, bak pasir, pasir zeolit, serokan pasir, sisir kucing, tempat makan, tempat minum, dan kandang (apabila perlu). Semuanya demi kenyamanan si kucing.

Ketiga, Anda harus memilih kucing munchkin yang tepat sesuai dengan kebutuhan. Apakah si kucing dipelihara sebagai hewan peliharaan atau untuk diternakkan dan dibawa ke ajang kompetisi. Maka Anda haruslah memperhatikan kondisi fisiknya, karena untuk kucing yang akan dilombakan memiliki persyaratan dan kriteria yang berbeda.

Keempat, sebelum kucing diadopsi tanyakan beberapa hal penting, yaitu jenis/merk makanan yang saat ini diberikan, mengenai vaksin si kucing (jika sudah, jenis vaksin apa saja), mengenai kapan terakhir diberikan obat cacing, dan riwayat sakit (jika ada). Jika Anda akan mengganti makanan dengan merk lain, lakukan secara bertahap. Merk lama 70% : merk baru 30% . Lalu 3-4 hari kemudian 50 : 50. Baru kemudian secara bertahap merk lama semakin dikurangi sampai mencapai 100% merk baru.

Kelima, setelah kucing munchkin yang anda adopsi tiba di rumah Anda, perkenalkan dengan seluruh anggota keluarga. Ajak bermain sewaktu-waktu sehingga dia tidak merasa kesepian setelah dipisah dari teman-temannya di cattery asal. Tunjukkan tempat pasir (litter tray) tempat dia buang pup dan pee. Kucing baru biasanya tidak langsung mau makan/minum saat dia datang, tapi tetap saja Anda harus siapkan meskipun dalam porsi yang sedikit. Hari pertama dan kedua sebaiknya gunakan makanan yang sejenis dengan makanan di cattery nya.

Hal yang penting untuk diperhatikan dalam mendidik kucing, lakukan pendekatan persuasif. Ajak ngomong dan beritahu pelan-pelan. Jangan sekali-kali melakukan kekerasan karena akan mengakibatkan trauma dan membekas dalam jangka waktu yang sangat panjang. Dalam kondisi ekstrim, kucing akan dendam dan menjadi galak. Kucing yang Anda adopsi umumnya masih berupa kitten umur 3-4 bulan sehingga Anda memiliki kesempatan untuk membentuk karakter dan behavior sesuai yang Anda harapkan. Apakah kucing Anda akan menjadi good cat atau bad cat, semuanya tergantung Anda dan keluarga.

Nah, salah satu kucing yang sering diadopsi adalah kucing ras Munchkin. Kucing Munchkin ini adalah salah satu ras kucing berkaki pendek yang terbentuk karena mutasi genetik alami. Ras ini baru mulai dikembangbiakkan sekitar tahun 1980-an di Amerika Serikat, negara asalnya. Karena kakinya yang pendek, munchkin menjadi salah satu ras kucing terkecil di dunia. Kucing Munchkin ini pun merupakan kucing yang cenderung aktif. Sehingga ia mudah beradaptasi baik di lingkungan ataupun hewan peliharaan lainnya. Ia pun mudah diatur. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika kucing Munchkin tidak bisa beradaptasi.

Biasanya kucing Munchkin yang diadopsi berumur 3 bulan. Untuk harga pengadopsiannya sendiri, kucing Munchin memiliki berbagai variasi harga, tergantung usia dan jenis kelamin kucing munchkin. Untuk kitten harganya antara Rp4.000.000 – Rp4.500.000,-, untuk kucing dewasa betina Rp7.500.000,-, untuk kucing ras Munchkin yang sudah di silangkan dengan ras lain harganya berkisar antara Rp.1.000.000 – Rp.3.000.000,-. Harga pengadopsiannya pun cenderung lebih murah jika dibandingkan dengan harga beli asli. Nah, apakah Anda tertarik untuk mengadopsi kucing Munchkin?

Related Posts

Add Comment