Agrowisata, Bisnis Pertanian yang Menjanjikan

Jika anda mencari bisnis pertanian yang menjanjikan, Agrowisata bisa menjadi salah satu pilihan. Sebuah kebun pertanian dapat dijadikan agrowisata seperti yang dilakukan oleh, I Nyoman Diana di Banjar Pujung Kelod, Desa Sebatu, Kecamatan Tegalang. Adapu yang diperkenalkan disini adalah kopi luwak.

Disini para pengunjung dapat melihat proses pembuatan kopi. Selain kopi juga terdapat tanaman cokelat, herbal dan buah buahan. Kebun petani dilengkapi dengan bangunan tradisional juga berbagai peralatan pengolahan sehingga menciptakan suasana yang asri.

Ada juga Bapak Arif Zamroni yang membuat kebun agrowisata ini di Bilitar dimana pengunjung bisa melihat langsung seperti apa kebun kakao dan bagaimana sebatang cokelat dihasilkan. Setiap bulannya dari bisnis pertanian ini bisa diperoleh pendapatan bersih hingga 50 juta rupiah.

Bisnis Pertanian Omset Ratusan Juta

Jka kita berbicara sebuah bisnis pertanian yang memiliki omset ratusan juta perbulan maka dibayangan kita tentunya adalah sebuah lahan puluhan hingga ratusan hektar yang ditanami tanaman komoditas. Tetapi ternyata seorang Irfaandie Adi Pradana yang merupakan Sarjana Teknik ITB berhasil menghasilkan omset ratusan juta dari lahan pertanian yang hanya seluas 3 hektar.

Berawal dari permintaan ayahnya untuk meneruskan usaha kebun strawberi. Alhasil ia mengelola kebun milik ayahnya di kawasan Lembang yang bernama Natural Lembang. Dia membuat kebun tersebut menjadi kebun organik yang bebas perstisida dan bahan kimia lainnya. Karena berada di daerah wisata iapun berpikir untukmenjadikannya sebagai tempat wisata.

Ia juga menggenjot produksi kebun hingga menghasilkan 50 kilogram strawberi per hari, memasarkan usahanya via internet dan sosial media, mendesain kontur kebun strawbery menjadi lebih menarik hingga mengadakan program edukasi bagi anak anak untuk menanam dan memetk strawberi di kebun.

Lalu di kebun seluas 3 hektar ini ia mendirikan restoran sunda yang menyediakan menu masakan dengan menggunakan stawberi sebagai bahan campuran. Antara lain, ada menu nasi goreng strawberi, nasi penyet, strawberi, nasi liwet strawbery dan berbagai minuman olahan strawbery.

Saat ini Natural Lembang menjadi sangat populer. Setiap hari, ada saja rombongan anak sekolah datang belajar menanam strawberi, memetik strawberi, sekaligus berwisata. Kini bisnis dari Bang Irfan ini menghasilkan omset ratusan juta rupiah dalam satu bulannya.

Resiko Yang Harus di Hindari

Untuk melakukan bisnis pertanian berupa Agrowisata ini ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan karena bisnis pertanian ini selain bisa menghasilkan uang tetapi dapat juga gagal.

Sebagai contoh saja salah satu kawan saya yang membuka kebun bunga. Idenya bagus, dan pengujung yang datang banyak dan di bulan pertama ia membuka kebunnya dapat menghasilkan omset mencapai puluhan juta rupiah per harinya. Di setiap musim tanam ia juga melakukan rotasi bunga yang ditanam sehingga pengunjung tidak bosan dan jumlah pendapatan stabil. Bahkan akibat kebun bunganya ini ia sampai diwawancarai oleh beberapa stasiun TV.

Tetapi ada satu masalah fatal yang ia punya, yaitu lahan yang ia gunakan ini statusnya sewa, bahkan dia hanya menyewanya selama satu tahun. Selain itu saat di bulan pertama kebun buka ia tidak bergegas memperpanjang masa sewanya padahal sudah terlihat prospeknya bagus. Sewa lahannya sendiri sebetulnya tidak mahal, omset satu hari di weekend sudah cukup untuk membayar sewa lahannya selama 10 tahun.

Akibat dia tidak cepat cepat memperpanjang biaya sewa lahannya ini pada bulan ke 6 si pemilik lahan tidak mau meperpanjangnya. Akibatnya bisnis pertanian yang telah ia bangun ini tutup permanen akibat kesalahannya ini.

Saya tidak melarang anda untuk menyewa lahan untuk bisnis ini tetapi sebaiknya anda menyewanya selama lebih dari setahun minimal 2 tahun dan jika pada bulan pertama sudah terlihat proses bisnis anda baik, segeralah di perpanjang dan jangan dulu nikmati uang anda berinvestasilah di bisnis pertanian anda supaya dapat menghasilkan hasil yang lebih.

Tips Dalam Berbisnis

Jika anda tertarik untuk melakukan bisnis ini, ada beberapa tips yang bisa saya berikan kepada anda. Yang pertama adalah masalah lokasi, pastikan lokasi tersebut tidak terlalu jauh dengan kota sehingga mudah dijangkau oleh calon pengunjung, sebaiknya tidak lebih dari 15 kilo.

Marketing juga merupakan hal yang penting dalam bisnis pertanian ini. Walaupun anda memiliki tempat yang luar biasa bagus tetapi jika tidak ada yang tahu tentu percuma. Di jaman modern ini marketing bukanlah hal yang sulit anda bisa mempromosikannya lewat instagram, facebook, whatsapp, twitter, website dan sebagainya.

Buatlah kebun anda mempunyai produk untuk djual seperti kisah kebun strawberi tadi yang menjual strawberi atau jika anda berminat membuat kebun bunga anda bisa menjual bunganya. Sehingga selain menjual pemandangan anda juga memiliki produk sampingan yang bisa menambah pemasukan anda. Lebih bagus lagi kalau petani memang merupakan profesi anda, sehingga anda tinggal mengubah tampilan kebun anda supaya terlihat menarik dan enak dikunjungi.

Jika ketiga hal diatas sudah anda lakukan agrowisata akan menjadi sebuah bisnis pertanian yang menjanjikan.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *