Aneka Jenis Bunga Mawar di Indonesia

Aneka Jenis Mawar di Indonesia – Bunga mawar merupakan bunga yang sangat terkenal dan merupakan simbol dari cinta. Terdapat 3 jenis bunga mawar asli indonesia dan puluhan jenis bunga mawar yang bisa hidup dengan baik di indonesia. Ketiga jenis bunga mawar asli indonesia tersebut adalah

  1. Bunga mawar talitha
    mawar talithaBunga mawar ini memiliki warna orange dan memiliki jenis bunga ganda. Panjang tangkainya sekitar 50-80 cm dengan diameter bunga sekitar 8 cm. Bunga mawar ini termasuk ke dalam bunga mawar potong dan bisa tetap segar selama 7 hingga 9 hari setelah dipotong.
  2. Bunga mawar putri
    Bunga mawar putri termasuk ke dalam kelompok bunga mawar merah yang memiliki bunga ganda. Warnanya yang merah tua membuat jenis bunga ini disukai banyak orang. Bunga ini memiliki wangi yang harum dan dapat bertahan lama hingga lebih dari seminggu jika ditempatkan di vas bunga yang berisi air didalamnya. Bunga ini memiliki diameter sekitar 10 cm dan panjang batangnya antara 60 – 120 cm. Bunga ini merupakan favorit bagi pria untuk dijadikan hadiah bagi wanita yang dicintainya.
  3. Bunga mawar mega putih
    Bunga ini merupakan bunga mawar asli indonesia yang ukurannya paling besar, diameter bunga ini bisa mencapai 12 cm. Warna bunga ini putih dan termasuk ke dalam bunga ganda.

Baca Juga : Gambar Bunga Mawar Merah Yang Sangat Cantik

Selain 3 jenis bunga mawar diatas, di indonesia tumbuh aneka bunga mawar lainnya. Paling tidak ada 8 bunga mawar yang bisa hidup di Indonesia. Bunga mawar tersebut antara lain:

  1. Bunga mawar golden celebration
    Seperti namanya bunga ini merupakan salah satu varian mawar yang berwarna golden. Bunga ini berasal dari inggris dan merupakan hasil persilangan mawar jenis charles austin dan mawar abraham darby pada tahun 1992. Mawar ini memiliki diamter yang sangat besar yaitu sekitar 15 cm serta memiliki wangi yang harum sehingga sering dijadikan sebagai bahan parfum.
  2. Bunga mawar kubis
    mawar kubisEntah mengapa bunga ini dinamakan sebagai mawar kubis, mungkin karena bentuk bunganya yang sedikit mirip dengan daun kubis. Bunga ini merupakan hasil persilangan dari bunga rosa dan damascena pada abad ke 17. Bunga ini disebut juga sebagai bunga mawar ratusan kelopak dan di luar negeri lebih dikenal sebagai mawar provence.
  3. Bunga mawar mister lincoln
    Bunga mister lincoln merupakan bunga mawar hybrid yang di kembangkan tahun 1960an. Mawar ini berwarna merah gelap dan memiliki aroma yang kuat. Dikombinasikan daunnya yang berwarna hijau gelap bunga mawar ini terlihat sangat indah.
  4. Bunga mawar de Rescht
    Mawar jenis ini memiliki warna merah muda dan akan sedikit keunguan setelah tua. Bunga mawar ini merupakan mawar classic dan memiliki 40 kelopak bunga. Bunga ini merupakan salah satu jenis bunga mawar di Indonesia.
  5. Bunga mawar baby bloomer
    bunga mawar baby bloomerMawar ini merupakan tanaman asli amerika serikat dan ditemukan sekitar tahun 1997. Bunga ini dapat berbunga sepanjang musim, Bunganya cukup kecil dan memiliki diameter sekitar 4,5 cm.
  6. Bunga mawar rise and shine
    bunga mawar rise and shineBunga ini merupakan jenis mawar yang berwarna kuning cerah dan ditempat asalnya yang bersuhu sub tropis mawar rise and shine ini mekar pada musim panas. Di Indonesia bunga ini bisa mekar di sepanjang musim walau begitu saat musim penghujan sebaiknya di taruh di dalam ruangan agar bisa berbunga. Jenis mawar ini sering dijadikan sebagai bonsai, dan disebut sebagai bunga mawar ideal untuk dibuat menjadi bonsai.
  7. Bunga mawar zephirine drouhin
    Merupakan mawar yang bisa tumbuh dengan baik di berbagai iklim. Bunga ini merupakan bunga yang berasal dari prancis. Bunga mawar ini tidak terlalu besar yaitu diameter 9 cm. Bunga ini termasuk mawar yang paling rentan terkena penyakit.
  8. Bunga mawar ballerina
    ballerina roseSalah satu jenis bunga mawar yang paling indah dimana bunga ini memiliki warna merah muda diujungnya dan putih di bagian tengahnya. Tumbuhan ini termasuk ke dalam jenis hybrid dan hanya mekar pada bulan juni hingga oktober. Tanaman ini menyukai sinar matahari penuh dan dapat tumbuh subur di Indonesia.

Itulah aneka jenis bunga mawar yang terdapat di Indonesia, dari semuanya mawar mana yang paling anda suka?

Related Posts

Add Comment