Anggrek Bulan , Gambar dan Penjelasannya

Anggrek Bulan , Gambar dan Penjelasannya – Anggrek Bulan adalah salah satu anggrek yang memiliki 40-60 spesies dengan jumlah varietas berkisar 140 jenis (60 jenis terdapat di indonesia). Anggrek bulan termasuk anggrek yang memiliki nama genus Phalaenopsis.  Nama Phalaenopsis diberikan oleh ahli botani berkebangsaan belanda yang bernama Blume pada tahun 1825.

Anggrek Bulan Phalaenopsis amabilis

Phalaenopsis amabilis adalah salah satu spesies dari genus phalaenopsis yang paling terkenal, karena perannya sebagai induk dapat menghasilkan berbagai keturunan dan mampu berbunga sepanjang tahun. Anggrek ini merupakan anggrek asli Indonesia, dan ditemukan pertama kali di Ambon pada tahun 1750 oleh G.E. Rumphius. Karena merupakan anggrek asli indonesia anggrek bulan lebih identik dengan anggrek Phalaenopsis amabilis ini.

Phalaenopsis Javanica

Anggrek bulan wilayah penyebarannya cukup luas, Di Indonesia sendiri anggrek ini tersebar di sumatera barat ke arah selatan, seluruh pulau jawa, kalimantan, pulau bali, NTT, Sulawesi, Maluku dan Papua. Selain di Indonesia anggrek bulan juga dapat ditemukan di negara tetangga indonesia seperti di filipina,malaysia dan papua nugini.

Phalaenopsis cornu-cervi

Selain di wilayah Asia tenggara, anggrek bulan juga ditemukan di kepulauan Bismarck, Pulau Britania Baru dan Irlandia Baru di lautan pasifik. Karena kawasan penyebaran yang sangat variasi agroklimat yang berbeda beda, maka anggrek jenis ini memiliki variasi bentuk dan ukuran bunga yang berbeda beda. Selain Phalaenopsis amabilis terdapat beberapa jenis anggrek bulan spesies asli indonesia yang tidak kalah menarik yaitu Phalaenopsis cornu-cervi, Phalaenopsis amboinensi, Phalaenopsis Javanica dan sebagainya.

Phalaenopsis Joy Fairy Tale

Ada juga jenis anggrek bulan hibrida yang sudah dikembangkan dengan aneka warna yang sangat cantik salah satunya yaitu Phalaenopsis Joy Fairy Tale yang memiliki 3 warna.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *