Anggrek Oncidium , Gambar Beserta Penjelasannya

Anggrek Oncidium  berasal dari Yunani. Secara harfiah, Oncidium berasal dari kata Onkos yang berarti padat atau bantalan yang mengacu kepada bagian bibir bunga yang tebal dan juga berdaging.

Anggrek Oncidium tumbuh dan berkembang di wilayah tropis dan sub tropis, seperti di daerah dataran America Selatan, Meksiko Utara, beberapa wilayah karibia dan Florida Selatan. Aggrek yang tidak terlalu membutuhkan banyak air ini dideskripsikan pertama kali oleh Olof Swartz. Umumnya, anggrek Oncidium tumbuh di daerah yang relatif kering, sehingga tahan dengan paparan cahaya matahari 20-60%.

Oncidium White Fairy

Oncidium White Fairy, Salah satu Jenis Oncidium yang berwarna putih berbintih kecoklatan dan bentuknya menyerupai bintang

Oncidium memiliki 330 spesies dari sub famili Epidendroideae. Genus tersebut merupakan genus yang cukup rumit dengan banyak sekali spesies yang harus diklasifikasi ulang. Anggrek Oncidium adalah jenis anggrek dengan akar daun atau berdaging besar. Anggrek dengan tipe pertumbuhan simpodial ini biasanya memiliki lebih dari satu titik tumbuh tunas dan berkembang dari sisi batang atau di pucuknya, tetapi terkadang juga muncul dari akarnya.

Oncidium Psychoopsis Mariposa Var alba

Oncidium Psychoopsis Mariposa Var alba, Jenis anggrek yang bunganya menyerupai kupu kupu dan akar terus muncul di tangkai bunga yang sama.

Oncidium dapat tumbuh secara epifit, litofit maupun terstrial. Pertumbuhan anggrek oncinidium  termasuk cepat. Oncinidium memiliki batang yang lunak untuk menyimpan air. Aggrek jenis ini dapat cepat tumbuh melalui cara split (pemisahan anakan). Anggrek jenis ini yang paling populer adalah Golden Shower yang banyak dikenal masyarakat luas.

Oncidium Golden Shower

Oncidium Golden Shower, Jenis Oncidium paling populer

Dengan tehnik hibrida, pertumbuhan anggrek ini menjadi lebih variatif. Kombinasi warnanya sangat beragam, ukuran bunganya pun bervariasi dari yang kecil hingga besar. Oncinidium memiliki umbi semu yang beraneka bentuk dan ukuran dengan rizoma yang pendek. Karakter pertumbuhan umbi semu Oncidium sangat khas, dimulai dengan munculnya pelepak atau selubung berdaun kecil yang tumbuh berpasangan. Semakin lama pelepah tersebut akan membentuk seperti gumpalan kecil. Selanjutnya, akan tumbuh daun dari pucuk umbi semu sekitar 2-4 daun.

oncidium lanceanum hybrid

nggrek hybrid perkawinan dari Oncidium lanceanum dengan Oncidium) ampliatum.

Tangkai bunga anggrek Oncinidium  muncul dari ketiak pelepah daun. Bentuknya bisa tegak lurus, melengkung atau menggantung. Setiap umbi semu anggrek Oncidium hanya menghasilkan tangkai bunga sekali saja dalam satu siklus berbunga. Umumnya, tangkai bunga yang muncul berjumlah 1-2 buah.

Menarik bukan jenis anggrek ini, tertarik untuk memilikinya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *