Anggrek Vanda

Anggrek Vanda adalah salah satu genus dari tanaman hias anggrek yang sering mendapat pujian, karena keindahan bentuk dan warna bunganya. Anggrek hias satu ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki jenis anggrek lainnya yaitu akar yang menggantung tanpa media dasar.

Vanda Bronze Butterfly, Memiliki batang utama yang akan terus tumbuh memanjang ke atas tanpa memiliki batas panjang yang spesifik

Kata Vanda berasal dari bahasa sansekerta yang memiliki arti indah. Aggrek Vanda adalah salah satu genus anggrek yang paling besar dari Orchidaeceae. Vanda pertama kali ditemukan oleh William ROxburgh pada tahun 1795, diberi nama oleh sir W. Jones sebagai Vanda tesselataroxb.

Tanaman hias cantik ini tersebar di negara india utara sampai australia selatan seperti himalaya, Asia tenggara, Indonesia, Filipina, Papua Nugini, Cina selatan dan utara australia. Genus anggrek ini diperkirakan berjumlah 40 spesies. Dilihat dari spesifikasi morfologinya (ukuran batang, kecerahan warna bunga dan bentuk daunnya) anggrek vanda sangat variatif.

Anggrek Vanda merupakan salah satu anggrek primadona bagi sebagian orang. Walaupun sudah ditemukan sejak puluhan tahun lalu, nama anggrek vanda tidak pernah pudah karena terus munculnya varietas jenis baru.

Beberapa jenis vanda yang berasal dari Indonesia rata rata bunganya mengeluarkan wangi yang khas, contohnya Vanda tricolor, Vanda Insignis, Vanda Limbata dan lain sebagainya. Selain itu ada juga Vanda yang berasal dari negara tetangga yang juga beraroma wangi seperti Vanda merrilii dan Vanda tesselata yang berasal dari Filipina.

Pengelompokan Anggrek Vanda berasal dari Bentuknya

Vanda sumatrana

– Vanda daun adalah vanda yang berbentuk daun lebar atau bersifat epifit. Vanda jenis ini membutuhkan sedikit naungan. Contohnya Vanda coerulea, Vanda limbata, Vanda insignis, Vanda sanderiana, Vanda tessellata, Vanda tricolor dan Vanda sumatrana.

Vanda hookeriana

– Vanda teres adalah jenis vanda yang daunnya berbentuk silindris dan tumbuh memanjang menyerupai pensil dan bersifat terstrial. Anggrek vanda jenis ini memerlukan sinar matahari yang penuh. Contohnya Vanda hookeriana.

Vanda amesiana

– Vanda semi-teres adalah jenis Vanda yang membentuk perpaduan antara vanda daun dan vanda ters. Vanda ini membutuhkan cahaya matahari langsung atau cahaya penuh. Contohnya Vanda amesiana dan Vanda Kimbaliana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *