Angrek Dendrobium phalaenopsis

Dendrobium phalaenopsis atau dalam bahasa indonesianya dikenal sebagai angrek larat merupakan tanaman anggrek yang menjadi identitas maluku. Tanaman ini termasuk tanaman yang langka dan dilindungi oleh Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1999.

Anggrek ini memiliki ciri khas mahkota bunga yang berbentuk gada dimana pangkal bunga berukuran kecil lalu membesar di bagian tengahnya dan kembali mengecil di bagian ujungnya.

Bunga anggrek Dendrobium phalaenopsis  berwarna ungu muda, putih atau kombinasinya.  Masing masing bunga memiliki diameter sekitar 6 cm.

Bungga Dendrobium phalaenopsis berwarna kombinasi

Bibir bertajuk tiga membentuk corong dengan tajuk tengahnya yang runcing atau lebar. Terkadang bunga Anggrek ini dapat menjadi buah yang berbentuk jorong, walau begitu cukup jarang bunga anggrek ini dapat menjadi buah.

Bunga  Dendrobium phalaenopsis tersusun pada satu tangkai panjang. Bunga tumbuh pada pada buku-buku batangnya dan agak menggantung. Setiap satu tangkai berisi sekitar 6 – 24 kuntum bunga.

Habitat alami anggrek ini ada pada pulau yang memiliki nama sama dengan anggrek ini yaitu pulau larat di maluku. Dimana tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah agak kering dengan ketinggian 0 – 150 m diatas permukaan laut.  Kelembapan udara yang terlalu basah dapat menyebabkan anggrek ini menjadi busuk.

Di maluku  Dendrobium phalaenopsis dijadikan maskot provinsi Maluku. Anggrek ini pun sekarang sudah sangat terkenal diantara pecinta tanaman anggrek.

Karena kepopulerannya ini pula Dendrobium phalaenopsis menjadi semakin langka di habitat asalnya. Walau begitu sekarang sudah banyak kok bibit anggrek ini dijual di pasar online seperti bukalapak.

Saat artikel ini ditulis anda dapat mendapatkan bibit anggrek larat diharga 30 ribu – 80 ribu di bukalapak. Masih cukup murah jika dibandingkan dengan keindahan anggrek ini.

Walau begitu prospek untuk bisnis budidaya angrek jenis ini  masih sangat baik,  dimana bunga anggrek ini memiliki harga ratusan dollar per batangnya untuk pasar amerika serikat.

Bagaimana apakah anda tertarik untuk mengoleksi bunga ini ? Atau malah berkeinginan untuk budidayanya? Dalam artikel selanjutnya kami akan membahas bagaimana cara budidaya Anggrek Dendrobium phalaenopsis dengan mudah. Pantau terus ya nusabudidaya.com

Klasifikasi  Ilmiah Dendrobium phalaenopsis

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Ordo: Orchidales
Famili: Orchidaceae
Genus: Dendrobium
Spesies: D. phalaenopsis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *