Anthurium hookeri

Anthurium hookeriAnthurium hookeri di luar negeri dikenal dengan nama bird’s nest anthurium atau anthurium sarang burung. Tanaman ini merupakan salah satu spesies dari genus Anthurium dan merupakan salah satu jenis anthuriumyang masih bisa bertahan di pasaran setelah masa booming tanaman hias ini berakhir. Hal ini dapat dibuktikan masih banyak pecinta tanaman hias yang mencari informasi tentang tanaman ini, paling tidak setiap bulan ada sekitar 2.000 orang yang mencari informasi tentang spesies ini di google.

Penjualan spesies ini di pasar tanaman hias juga masih banyak, berdasarkan wawancara saya ke salah satu penjual anthurium di bukalapak. Paling tidak dalam sebulan ia masih dapat menjual sekitar 20-30 tanaman. Biasanya tanaman yang dijual di pasaran merupakan hibrida dan bukan spesies aslinya. Di pasar tanaman hias luar negeri nama hookeri juga cukup populer dan banyak penghoby tanaman hias di amerika yang memelihara jenis tanaman ini.

Ciri Ciri Anthurium hookeri

Dalam dunia perdagangan tanaman hias, nama Anthurium hookeri sering dipakai sebagai nama jenis hybrida yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan spesies ini. Berdasarkan pengamatan saya banyak anthurium yang dijual di Indonesia, yang tidak benar benar spesies hibrida yang berkaitan langsung, tapi hanya meminjam nama “Anthurium hookeri” ini. Sebagai contoh banyak hibrida dari spesies Anthurium schlechtendalii atau Anthurium plowmanii yang disebut oleh pembudidaya nakal sebagai hookeri.

Hal ini disebabkan oleh sebigu terkenalnya nama spesies anthurium ini baik di Indonesia atau mancanegara. Agar anda tidak salah dalam membeli anda bisa memperhatikan ciri ciri dari Anthurium hookeri berikut ini.

  1. Daunnya berbentuk roset (Letak daun yang rapat berjejal dengan ruas amat pendek, sehingga sukar dibedakan daun tua dan muda)
  2. Daunnya tipis dan memiliki panjang antara 35 – 89 cm dan lebar 10 – 26 cm.
  3. Daunnya berwarna hijau tua dengan tulang daun yang terlihat jelas.
  4. Di dalam daunnya terdapat petioles berbentuk segitiga atau berbentuk menyerupai huruf D dengan panjang 2- 9 cm.
  5. Daun menunjukkan venasi skalarformasi dan verervasi supervolute.
  6. Terdapat kelenjar kecil berwarna hitam yang mengcover daun.
  7. Buah yang dihasilkan oleh tanaman ini berwarna putih.

Habitat

di habitat alamnyaTanaman ini merupakan tanaman yang berasal di kepulauan karibia bagian tibur seperti dominika, grenade, guadeloupe dan trinidad tobago. Ada juga penelitian yang menyatakan bahwa spesies anthurium ini ditemukan juga di amerika selatan tepatnya di negara venezuela, walau jumlahnya sangat sedikit.

Seperti yang bisa anda lihat pada gambar di samping, pada habitat alamnya Anthurium hookeri tumbuh sebagai epifit dan sebagai spesies anthurium tersetrial. Epifit artinya tanaman yang tumbuh diatas tanaman lain. Biasanya ia tumbuh di menempel di cabang cabang pohon.

Spesies ini tumbuh dengan baik pada ketinggian antara 200 hingga 1.450 meter diatas permukaan laut. Walau begitu pada dataran rendah dengan perawatan khusus yang baik Anthurium hookeri ini masih dapat tumbuh subur.

Harga Anthurium hookeri

Berbeda saat masa keemasannya di sekitar tahun 2007, saat ini harga tanaman hias ini sudah turun harga berdasarkan survei kami di toko tanaman hias baik online atau offline. Di tahun 2019 ini harga spesies Anthurium hookeri yang asli berkisar 100 ribu rupiah untuk ukuran bibit sedangkan untuk tanaman dewasa harganya sekitar 500 ribu. Harganya ini cukup jauh jika kita bandingkan dengan saat kejayaannya dulu yang bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Related Posts

Add Comment