Bentuk Daun Berdasarkan Tepi dan Tulang Daun

Bentuk daunBentuk daun dapat dibedakan berdasarkan tepi dan tulang daunnya. Kedua hal diatas sudah dapat dijadikan salah satu penciri tanaman yang sangat berguna didalam identifikasi.

Bentuk Tepi Daun

Berdasarkan tepinya dapat dibedakan menjadi tepi daun yang tidak mempengaruhi bentuk helaian daun (tepi daun merdeka) dan yang mempengaruhi bentuk helaian daun.

Tepi daun merdeka

Berdasarkan besarnya sudut tonjolan (angulus) dan sudut torehan (sinus), tepi daun yang merdeka dapat dibedakan menjadi bentuk bentuk sebagai berikut.

  • Bergerigi (serrate), apabila sinus bersudut runcing dan angulus bersudut runcing, misalnya tepi daun kembang sepatu.
  • Berringgit, apabila sinus bersudut runcing dan angulus bersudut tumpul misalnya tepi daun murbei.
  • Bergigi, apabila sinus bersudut tumpu dan angulus bersudut runcing.
  • Berombak dan apabila sinus bersudut tumpul dan angulus bersudut tumpul, misalnya pada daun terong sayur.
  • Rata, apabila tidak dijumpai sinus dan angulus misalnya tepi daun dewasa nangka.

Tepi daun yang mempengaruh bentuk daun

Tepi daun yang mempengaruhi bentuk helaian daun, ragamnya dipengaruhi oleh dalamnya torehan tepi daun dan tipe pertulangan daunnya. Berdasarkan dalamnya torehan tepi daun terdapat tiga bentuk, yaitu :

  • Bercangap, dalamnya torehan kurang dari separuh panjang tulang cabang daun, apabila tipe pertulanga menjari disebut bercangap mencari dan apabila tipe pertulangan menyirip disebut bercangap menyirip misalnya daun terong.
  • Berlekuk, apabila dalamnya torehan sama dengan separuh panjang tulang cabang daun, apabila tpe pertulangan menjari disebut berlekuk menjari dan apabila tipe pertulangan menyirip disebut berlekuk menyirip.
  • Berbagi, apabila dalamnya torehan lebih dari separuh panjang tulang cabang daun, apabila tipe pertulangan menjari disebut berbagi menjari dan apabila tipe perulangan menyirip disebut berbagi menyirip.

Bentuk Tulang Daun

Tulang daun adalah kelanjutan dari tangkai daun sehingga merupakan kumpulan berkas pengangkutan pada helaian daun Tulang daun utama disebut ibu tulang daun, pada umumnya membagi daun menjadi dua sisi lateral. Ibu tulang daun memiliki percabangan yang disebut tulang cabang dan dari sana akan tumbuh pertulangan daun yang terhalus yang disebut urat daun.

Pada daun jenis tumbuhan tertentu misalnya pisang, cabang lateral ujungnya saling bertautan di tepi helaian daun membentuk tulang pinggir. Berdasarkan pada susunan tulang cabang, tipe pertulangan daun dibedakan menjadi empat, yaitu :

  1. Tulang daun menyirip yaitu tulang cabang tersusun seperti sirip pada ikan. Misalnya pada daun mangga.
  2. Tulang daun menjari, dimana pada tipe ini sejumlah tulang cabang lurus tersusun seperti susunan jari, muncul dari satu titik (ujung tangkai daun). Misalnya pada daun waru.
  3. Tulang daun melengkung, sejumlah tulang cabang melengkung tersusun seperti susunan jari, muncul dari satu titik (ujung tangkai daun) misalnya pada daun senggani.
  4. Tulang daun sejajar, sejumlah tulang cabang tersusun sejajar dari pangkal sampai ujung helaian daun, misalnya pada daun alang alang dan teki.

Related Posts

Add Comment