Bibit Pisang Cavendish Yang Unggul

pisang cavendishBibit Pisang Cavendish – Pisang cavendish atau yang lebih populer dengan sebutan pisang ambon putih ini merupakan salah satu jenis buah pisang yang memiliki rasa yang manis, lembut dan sedikit masam yang dilapisi dengan kulit berwarna kuning cerah saat sudah matang. Bibit pisang cavendish ini kerap kali dipilih masyarakat untuk dikembangbiakan menggunakan metode kultur jaringan, karena dirasa memiliki keuntungan yang banyak dibanding dengan jenis bibit pisang lainnya.

Salah satu keunggulan dari bibit pisang Cavendish dibanding dengan bibit pisang anakan lainnya yaitu lebih tahan terhadap hama dan jenis penyakit lainnya yang menghambat tumbuh kembang pohon pisang jenis ambon putih ini. Seperti layu mako yang disebabkan oleh pseudomonas solanacearum, layu panama yang disebabkan oleh fusarium oxysporum cubense serta beberapa jenis penyakit dan hama lainnya yang kerap kali menyerang pohon pisang.

Bibit pisang Cavendish ini memang memiliki tampilan fisik yang sedikit berbeda dibandingkan dengan jenis pisang anakan lainnya. Biasanya jenis bibit pisang lainnya akan memiliki bibit dengan ketinggian hanya berkisar antara 2 meter saja, lain halnya dengan bibit pisang Cavendish yang memiliki ketinggian diatas rata-rata yaitu sekitar 2,5 hingga 3 meter dengan batang yang berwarna hitam. Jenis bibit buah yang memiliki warna daun hijau tua ini biasanya akan berubah warna beberappa kali guna menandakan tingkat kematangannya. Tetapi meskipun demikian nantinya buah pisang Cavendish ini akan akan berubah warna menjadi kuning seutuhnya jikalau benar-benar matang.

Nantinya bibit pisang ambon putih ini akan menghasilkan 8 hingga 12 sisir pisang dalam satu tandannya dengan masing-masing sisir akan berjumalah 12 hingga 22 buah pisang. Nah, bagi Anda yang ingin memulai bercocok tanam,  sepertinya bibit pisang Cavendish ini cocok untuk Anda budidayakan. Selain akan menciptakan hasil yang berlimpah dalam satu pohon pisang tentunya untuk mengembangbiakan jenis pohon pisang ambon putih ini tak membutuhkan perawatan khusus seperti pisang kepok.

Itulah sekelumit informasi mengenai cara memilih bibit pisang Cavendish yang baik dan benar supaya menghasilkan produk yang berkualitas dan maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, terima kasih.

Related Posts

Add Comment