Bonsai Gaya Tertiup Angin

Bonsai gaya tertiup angin membuat pohon bonsai menampakan suasana dari pepohonan yang harus berjuang untuk bertahan hidup terkena angin yang besar. Cabang-cabang dan batang pohon tumbuh ke satu sisi seolah angin telah meniup pohon secara konstan ke satu arah.

Pembuatan bonsaiĀ  gaya ini membutuhkan lebih banyak perawatan daripada yang lain. Pemangkasan dan pemasangan kabel perlu dilakukan serta tentu saja pengarahan cahaya sinar matahari agar bonsai dapat tumbuh ke satu sisi yang kita inginkan.

Semua tanaman tumbuh ke arah matahari; terlepas dari seberapa banyak atau sedikit sinar matahari yang mereka terima. Karena tujuan dari gaya ini adalah untuk menciptakan ilusi tertiup angin, sehingga kita menginginkan tanaman itu terus tumbuh “menyamping” ke arah yang sama.
Dengan cara ini, membuat akan lebih sedikit cabang yang ingin tumbuh ke arah yang salah. Mereka akan tumbuh menuju matahari. Ini juga mendorong pertumbuhan baru yang diinginkan dari bagian bawah cabang. Salah satu cara lain untuk mendapatkan kesan tertiup angin ini adalah dengan memiringkan pot, biasanya yang namanya tanaman akan tubuh berbanding terbalik dengan gaya gravitas dengan memiringkan pot kesamping seperti gambar dibawah akan memungkinkan tanaman seolah tumbuh kesamping sehingga terciptalah bonsai gaya tertiup angin sesuai keinginan.
Sebagai inspirasi anda berikut saya cantumkan beberapa contoh gaya bonsai tertiup angin yang dibuat oleh para maestro. Salah satu contoh bonsai yang mungkin bisa anda tiru ada pada gambar nomer 3 yang juga merupakan favorit saya dimana dalam 1 pot / tempat buatlah lebih dari 1 bonsai untuk ditampilkan sehingga memberikan kesan lebih realistis terhadap bonsai anda.
Bonsai gaya tertiup angin
Dipasaran indonesia Bonsai gaya ini masih cukup langka yang punya dan menjual. Saya mencoba melihat bonsai yang dijual di marketplace seperti bukalapak, tokopedia dan shopee dan tidak ada bonsai disana yang dijual dengan gaya ini. Harga bonsai gaya tertiup angin ini biasanya lebih mahal sekitar 2x lipat dari bonsai standar, dimana biasanya dijual mulai dari 5 juta untuk bonsai kualitas standar berumur 1-2 tahun dan untuk bonsai tua harganya bisa mencapai milyaran rupiah. Bahkan jika terlihat oleh kolektor bonsai dari luar negeri tentu harganya bisa terjual lebih tinggi lagi.
Itulah sedikit tentang bonsai gaya tertiup angin ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Related Posts

No Responses

Add Comment