Bonsai Ileng Ileng, Terbaik Untuk Pemula

Bonsai ileng ileng memang tidak terlalu populer jika kita bandingkan dengan bonsai serut apalagi beringin. Tetapi tanaman yang sering juga dikenal dengan nama buah tinta ini bagi saya merupakan tanaman yang terbaik untuk pemula, hal ini salah satu sebabnya dikarenakan cepatnya tanaman ini tumbuh.

Mengenal Tanaman Ileng Ileng

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Phyllanthus reticulatus poiratau dan di Indonesia sendiri dikenal dengan beberapa nama seperti Mahasu mambei (Sulawesi), Wawalutan / Trembilu / Ileng Ileng(Jawa) dan Mangsi mangsian / Buah tinta (Sumatera). Tanaman yang masuk ke dalam family Phyllantaceae ini merupakan tanaman yang berasal dari asia, habitat aslinya pada hutan hutan di negara Cina, Malaysia, Indonesia, India dan Taiwan.

Di hutan tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 5 meter dan biasanya pada tanaman muda akan ada serabut serabut rambut pada batangnya yang akan hilang saat tanaman telah tua. Di alam tanaman ini menghasilkan buah berwarna hitam seperti warna tinta yang ternyata memiliki banya kandungan nutrisi seperti protein, kalsium, magnesium dan berbagai macam vitamin. Sedangkan setelah dibuat bonsai saya belum menemukan bonsai ileng ileng yang menghasilkan buah.

Mengapa Bonsai Ileng Ileng ?

 

Bakalan bonsai
Bakalan bonsai jumbo

Penyebab saya merekomendasikan jenis bonsai ini bagi pemula selain dikarenakan cepatnya tanaman ini tumbuh adalah dikarenakan bakalan bonsai atau malah bonsai ileng ileng yang sudah siap dinikmati harganya cukup bersahabat. Contohnya saja bakalan bonsai diatas yang berasal dari hutan dimana dihargai cukup murah tidak sampai 500 ribu rupiah.

Bakalan bonsai ileng ileng
Bakalan bonsai ileng ileng sederhana

Sedangkan untuk bakalan bonsai sederhana seperti diatas ini dihargai 250 ribu rupiah. Tentu jika dibandingkan dengan bakalan dari jenis lainnya seperti beringin, serut atau santigi harga ileng ileng ini jauh lebih bersahabat. Dengan merogoh kocek sekitar 200 – 500 ribu rupiah anda sudah mendapatkan bakalan yang memiliki prospek bagus jika bisa dirawat dengan benar.

Selain masalah harga, pemilihan bonsai ini bagi pemula dikarenakan mudahnya tanaman ini tumbuh. Dahan dari tanaman ileng ileng jika menempel tanah akan dengan begitu mudahnya tumbuh akar. Sehingga tidak perlu repot repot mentreatment untuk merangsang pertumbuhan akar jika anda mencoba menanam dari stek batang, kemungkinan keberhasilannya sangat tinggi.

Bonsai Ileng Ileng Terbaik

Banyak ahli bonsai yang mengatakan jenis tanaman ini bagusnya dibuat dengan gaya tertiup angin sehingga tak heran jika dalam kontes dan yang menjadi juara merupakan bonsai ileng ileng dengan gaya tertiup angin. Contohnya saja bonsai ileng ileng terbaik dalam dalam kontes di Jawa Timur.
Bonsai juara di kontes malang

Beberapa pebonsai memang ada yang mencoba membuat gaya lain dari tanaman ileng ileng tetapi sejauh ini jarang yang terlihat menarik selain dengan gaya tertiup angin ini.

Bonsai Mini

Saya justru lebih tertarik saat tanaman ini dibuat bonsai mini yang sederhana. Nilai keindahanya justru terlihat menonjol dan akan sangat indah jika ditaruh di meja yang berada di teras rumah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *