Bonsai Jambu Biji Yang Eksotis

Bonsai Jambu BijiPsidium Guajava atau yang populer dengan julukan jambu biji atau jambu kerikil. Tapi tahukah anda bonsai jambu biji merupakan salah satu jenis bonsai yang menarik ?

Jambu biji merupakan buah yang berasal dari Brazil, namun kini mulai banyak dikembangkan keseluruh dunia termasuk salah satunya di Indonesia melalui Thailand. Buah yang identik dengan bentuknya yang kecil dan bulat menyerupai batu atau kerikil ini memiliki daun yang berwarna hijau agak besar. Di beberapa daerah jambu biji ini juaga sering disebut dengan jambu klutuk, jambu batu, dan jambu siki. Buah yang termasuk kedalam tanaman tropis ini memiliki warna buah yang berwarna hijau dan memiliki daging yang berwarna putih. Namun dalam kondisi tertentu jambu biji atau jambu batu ini juga memiliki daging yang berwarna merah.

Nah, dalam dunia bonsai, jambu biji ini menjadi primadona bagi para pecinta bonsai, pasalnya memiliki keunikan yang tak dimiliki oleh jenis bonsai-bonsai lainnya. Jenis bonsai yang dapat dijumpai diseluruh belahan dunia, termauk Indonesia ini menawarkan tampilan yang unik pada bagian batang dan akar. Batang bonsaiĀ  ini umumnya memiliki stuktur batang yang halus serta keras, tetapi meskipun demikian jenis bonsai jambu biji sangat mudah sekali untuk dipahat menggunakan metode pahatan dan polesan tertentu guna menciptakan bentuk yang maksimal dan sempurna. Tak hanya itu keunikan lain dari bonsai jambu biji ini juga terletak pada akarnya yang indah dan sempurna.

Baca Juga : Bonsai Gaya Tertiup Angin

Jambu biji atau jambu kerikil ini memang banyak sekali dijumpai di beberapa daerah meski memiliki penggemar yang banyak, sebab selain memiliki tampilan yang indah dan menarik, bonsai ini juga memiliki buah dengan rasa yang manis dan asam serta memiliki banyak sekali kandungan vitamin C dan baik untuk kesehatan tubuh. Bagi Anda yang berminat untuk mencoba membuat bonsai ini tak perlu khawatir, selain mudah cara membuatnya ternyata jenis jambu biji ini memang sejatinya sudah memiliki bentuk yang unik dan eksotik di alam liarnya.

Tentunya hal tersebut menjadi keuntungan untuk Anda, sebab tak perlu melakukan perombakan lebih banyak terhadap jenis bonsai jambu biji yang sudah mampu tampil mempesona dengan batang dan akarnya yang indah. Tetapi hal yang paling utama dan pertama yang perlu diperhatikan untuk membuat bonsai jambu biji adalah proses pemilihan bibit yang unggul, sebab bibit yang unggul juga tentunya akan menghasilkan hasil yang maskimal pula.

Nah, itulah beberapa ulasan menarik mengenai bonsai jambu biji yang mungkin bisa Anda coba untuk membuatnya. Namun jikalau Anda tak mau repot membentuk dan memolesnya, cukup dengan menyediakan dana sebesar Rp. 9.000.000 Anda sudah bisa meminangnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya.

Related Posts

No Responses

Add Comment