Bonsai Terkecil di Dunia dan Gambarnya

Bonsai dikenal karena ukurannya yang kecil, tetapi upaya untuk mengecilkan pohon kadang-kadang dibawa sampai situasi ekstrem. Hasilnya adalah pohon yang super kecil yang sering disebut Mame Bonsai, Shohin atau Mini Bonsai. Dalam artikel ini kami menampilkan Bonsai Terkecil di Dunia dan Gambarnya.

(# 1) Bonsai Terkecil, Acer Momiji

Acer momiji bonsai terkecil di duniaIni adalah pohon Bonsai terkecil yang saya tahu, yang masuk ke dalam daftar Guinness Record. Bonsai terkecil di dunia adalah Acer Momiji. Berniat menyainginya untuk membuat yang lebih kecil? Tentu hal tersebut akan sangat sulit dilakukan karena tinggi pohon ini dengan pot adalah hanya sekitar 2 cm saja.

(# 2) A tiny little Bonsai tree, oleh Eric Sin

Bonsai terkecilTanaman buah dalam pot atau tambulapot dapat dibuat ke dalam ukuran ekstrim kecilnya. Salah satunya adalah pohon cerry milik Erik Sin dari Cina. Pohon cerry ini dengan ukuran tak lebih dari 5 cm dapat dibuatnya sudah mengeluarkan beberapa buah yang dapat dimakan. Hal itu menobatkannya sebagai bonsai berbuah terkecil di dunia.

(# 3) Shohin crabapple oleh Katsumi Komiya

Pohon Bonsai Crabapple yang berbuah, ukuran sangat kecil (disebut Shohin). Bonsai yang dimiliki oleh Katsumi Komiya dari jepang ini terlihat sangat serasi dengan kombinasi potnya yang berwarna biru muda.

(# 4) Bonsai Ulmus oleh Christian de Ross

Ulmus parvifolia atau umum disebut sebagai Cina Elm merupakan spesies tanaman yang banyak terdapat di Asia Timur. Dihabitat aslinya ia bisa tumbuh hingga ketinggian 20 meter dan tidak disangka seorang seniman dari Denmark bernama Christian de Ross berhasil membuatnya dengan ukuran ekstrim kecil yaitu tak lebih dari 10 cm. Walau berukuran kurang dari 1/100 yang ada di habitat aslinya, tetapi secara morfologi bonsai kecil ini sudah sangat mirip seperti yang ada di alam.

(# 5) Pohon Bonsai Mini, oleh 盆栽 鉢 春 嘉

Bonsai Firethorn (Pyracantha) yang indah. Kombinasi warna buah yang merah serta daun kehijauan membuat bonsai mini ini sangat menarik walau ukurannya yang kecil.

(# 6) Shohin, oleh Morten Albek

Komposisi unik dari pot dan pohon; Bonsai Maple yang indah. Oleh: Morten Albek.

(# 7) Bonsai Bunga Mame, oleh 盆栽 鉢 春 嘉.

A mame Bonsai dengan bunga. Oleh: 盆栽 鉢 春 嘉.

(# 8) Bonsai Mini, oleh Jemmy Liauw

Bonsai mame di atas batu. Oleh: Jemmy Liauw.

(# 9) Bonsai Pohon Juniper mini, oleh Morten Albek

Pohon Shohin yang menakjubkan, pohon Bonsai Juniper. Oleh: Morten Albek.

(# 10) Pohon Juniper Shohin, oleh Morten Albek

Pohon Bonsai kecil mungil. Foto oleh: Morten Albek.

Bagaimana? dari ke 10 bonsai terkecil di dunia ini bagus semua bukan? Walau begitu jika anda ingin memiliki bonsai yang seperti ini anda perlu kedisiplinan ekstra dalam merawatnya dikarenakan membuat bonsai super mini ini lebih sulit dari yang biasa.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *