Budidaya Anggrek, Dari Hoby Bisa Tercipta Usaha

Bunga anggrek dendobriumBudidaya anggrek merupakan sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan, hal ini dikarenakan banyaknya peminat dari bunga ini sehingga harganya tetap stabil. Siapa sih yang tak suka anggrek ? Bunganya yang indah berwarna warni memendarkan pesona tersendiri.  Pada kesempatan kali ini Nusabudidaya akan membahas sedikit mengenai usaha budidaya anggrek yang bisa menghasilkan banyak pundi pundi rupiah.

Keunggulan Bunga Aggrek

Alam raya negeri kita memang kaya, salah satu diantaranya memiliki koleksi tanaman hias berbunga warna warni yang indah. Contohnya, bunga melati, raflesia dan anggrek. Kali ini kita ingin melirik anggrek. Menurut ahli biologi Pratama Adi (2019), di seluruh dunia terdapat 30 ribu spesies anggrek. Jumlah sebanyak itu mencakup 660 genus dengan 75 ribu hibrida yang terdaftar. Bayangkan, betapa kayanya dunia kita ini.

Bagaimana dengan indonesia?  Potensi plasma nutfah anggrek di bumi nusantara sekitar 5 ribu jenis dan tidak sampai 10% yang dibudidayakan secara komersial itu berarti peluang bisnis anggrek masih sangat terbuka. Yang dibutuhkan adalah pengetahuan tentang anggrek yang unggul.

Nah, seberapa jauh keunggulan bunga anggrek ? standar penilaiannya adalah sebagai berikut.

Bentuk Bunga

Bentuk bunga meliputi tiga unsur, yaitu

  1. Kebulatan bunga. Bunga bulat yang ideal adalah bunga yang jika ujung ujungnya (sepal, petal dan labellum) dihubungkan menyerupai lingkaran dengan titik pusat di tiang.
  2. Kepenuhan bunga, yakni seberapa jauh ruang lingkaran yang menghubungkan ujung sepal, petal dan labellum dipenuhi seoptimal mungkin. Idealnya, semakin penuh terisi akan semakin tinggi nilainya. Ini berarti, jika bentuknya menutup atau overlapping nilainya lebih tinggi daripada bintang (star form).
  3. Kedataran bunga, yakni seberapa jauh kondisi sepal, petal, dan labellum dapat diletakkan dalam bidang datar. Idealnya, semakin bunga itu mendekati bidang datar, akan semakin tinggi nilainya.

Warna Bunga

Warna bunga umumnya dinilai dari tiga unsur sebagai berikut

  1. Warna umum bunga, warna idealnya adalah jelas, cerah, kuat dan keseluruhannya menampakkan keselarasan dan keindahan. Namun juga perlu diperhatikan warna warna spesial atau langka yang tentu mendapatkan nilai tinggi.
  2. Warna sepal dan petal dengan kriteria hampir sama dengan penilaian warna umum bunga. Keduanya tidak dipandang secara keseluruhan tetapi khusus hanya sepal dan petalnya.
  3. Warna labellum, yakni seberapa jauh warna labellum lebih menonjol ketimbang warna sepal dan petal.

Karakteristik Bunga

Karakteristik bunga anggrek meliputi lima unsur, yaitu

  1. Ukuran bunga, yaitu dimensi bunga dalam kaitannya dengan ukuran bunga normal.
  2. Ketebalan bunga yang dapat dirasakan dengan cara diraba menggunakan ibu jari dan jari telunjuk.
  3. Kehalusan bunga, yakni penampilannya yang terdapat di permukaan bunga. Entah itu mampu memantulkan sinar (Bahasa jawanya : Kemerlip), ada kristal kristalnya, ada semacam lilin atau ada beludrunya.
  4. Jumlah bunga dalam tangkai atau dalam satu tanaman.
  5. Tangkai bunga, penilaiaanya bergantung pada tangkai yang kokoh, tumbuh tegak dan lurus ke atas, cukup panjang, selaras dengan bunganya, serta memosisikan bunga di tempat yang mudah dan indah diliat.

Keindahan bunga dendobriumKunci Sukses Budidaya Anggrek

Kehadiran bunga anggrek ternyata mampu mendorong para penghobi, bahkan ibu ibu rumah tangga untuk berbondong bondong mencoba memelihara dan membudidayakannya. Selain untuk menikmati bunga bunganya yang indah, juga dicoba dijadikan peluang usaha. Secara teknis, usaha budidaya anggrek tidak membutuhkan investasi besar, cukup ala kadarnya. Dari segi waktu, masih bisa dikerjakan sebagai sambilan. Dari pengalaman di lapangan, sekurang kurangnya ada tiga kunci sukses untuk usaha budidaya anggrek, yaitu :

Membesarkan bibit

Umumnya, ibu ibu melakukan pembesaran bibit anggrek, lalu menanamnya dalam pot atau kadang kadang di papan dari pakis. Coba tengok aneka anggrek dalam pot yang dipasarkan di pinggir pinggir jalan kota, di warung tanaman hias, atau dihalaman rumah. Harganya cukup terjangkau, misalnya anggrek bulan dalam pot harganya hanya 15 – 20 ribu per pot.

Mengatur pembungaan

Pengatur pembungaan bertujuan agar kita selalu memiliki tanaman anggrek yang berbunga. Pasalnya, para pembeli biasanya lebih tertarik pada anggrek dalam pot yang sedang berbunga.

Mencegah penyakit

Penyakit yang harus diwaspadai dalam usaha budidaya anggrek adalah penyakit busuk daun dan antraknosa. Kalau bisa, lakukan pencegahan sedini mungkin.

Anggrek di potBertanam Anggrek Dalam Pot

Penanaman anggrek dalam pot cocok untuk usaha budidaya skala kecil yang biasanya dilakukan di sekitar rumah, entah di beranda, koridor atau di bawah pohon peneduh sekitar rumah. Langkah langkah penanamannya sebagai berikut.

Menyiapkan pot

Sediakan pot tanah berdiameter 20-30 cm, sekaligus media tanam berupa arang atau pecahan bata merah dan sabut kelapa atau cincangan pakis. Sebaiknya cuci bersih sabut kelapa atau cincangan pakis, kemudian rendam di dalam larutan pupuk.

Mengisi pot

Masukkan selapis arang atau pecahan bata merah di dasar pot. Kemudian, isi pot dengan media tanam hingga hampir penuh.

Menanam bibit

Ambil bibit anggrek yang berasal dari pot komunitas. Pot komunitas adalah pot yang telah ditanami satu bibit yang berumur 9-12 bulan dan berdaun 2-5 helai, lalu dibiarkan hidup sampai 6 bulan. Pengambilan harus dilakukan dengan hati hati agar akar akarnya tidak patah atau putus. Selanjutnya, tanam bibit di tengah tengah pot, lalu timbun dengan media secara tipis. Tempatkan di lokasi yang sirkulasi udaranya baik dan tidak langsung tersengat sinar matahari.

Dismping di tanam pot, anggrek juga bisa ditanam di papan dari pohon pakis. Caranya, sediakan papan pakis dengan panjang 20 – 30 cm, lebar 15 – 20 cm, dan tebal 2 – 3 cm. Ambil bibit anggrek dari pot komunitas dan tempelkan tepat di tengah tengah papan pakis. Setelah itu, ambil kawan berbentuk huruf U dan jepitkan ke batang pohon untuk mengikat papan pakis tersebut.

budidaya anggrekPenyakit Pada Budidaya Anggrek

Seperti telah saya jelaskan diatas, penyakit yang paling sering menyerang dalam budidaya anggrek adalah busuk dan antraknosa. Tidak sedikit orang yang menanyakan cara memberantas kedua penyakit ini pada bunga anggrek.

Memang, amukan busuk daun sangat cepat, ganas, menular dan mematikan Ada dua penyebabnya, yakni bakteri Erwinia carotovora dan cendawan Phytophtora omnivora. Jika yang menyerang adalah bakteri, gejalanya daun menjadi lunak, basah, berbau dan akhirnya warnanya menjadi hitam. Semprot saja dengan bakterisida Agrimycin. Namun, jika yang menyerang cendawan, pangkal daun tampak berwarna kehitaman, lalu jaringan daun melunak, membusuk dan akhirnya daun terkulai. Pengendaliannya bisa menggunakan fungisida benlate atau Dithane.

Penyakit busuk daun ini muncul pada musim hujan atau bisa juga musim kemarau saat kita terlalu berlebihan melakukan penyiraman, sehingga airnya menggenang di sekitar tanaman anggrek Kondisi lembap seperti ini memungkinkan cendawan dan bakteri tumbuh.

Pengendalian penyakit ini bisa juga dilakukan dengan caramemotong daun yang terserang. Selanjutnya, daun yang telah dipotong tersebut segera dibuang dan dibakar. Bekas potongan sebaiknya segera diolesi bakterisida atau fungisida tergantung mana yang menyerang.

Selain amukan penyakit busuk daun, dalam budidaya anggrek kita harus waspada terhadap serangan antraknosa. Penyebabnya adalah cendawan Colletotrichum gloeosporioides. Bagian yang sering terserang adalah daun anggrek. Semula daun tampak bercak bercak bulan, warnanya kuning atau hijau muda tetapi lambat laun bercak bercak itu berubah menjadi cokelat berbintik bintik hitam, selanjutnya bisa menyebabkan tanaman mati.

Mengingat penyebab antraknosa adalah cendawan, tidakan pencegahannya adalah melakukan perawatan seabik baiknya, termasuk menjaga kondisi lingkungan agar jangan terlalu lembap. Jika sudah terlanjur terserang, tetapi masih dini, secepatnya bagian daun yang terserang dipotong. Jika antraknosa sudah menghebat semprot dengan fungisida Kocide 77 WP atau Cupravit OB21. Dosis dan aturan lainnya dapat dibaca di label atau kemasan fungisida tersebut.

Anggrek cattleyaMengatur Pembungaan Sepanjang Tahun

Tanaman anggrek yang mahal harganya adalah tanaman anggrek yang sedang berbunga. Karena bunga merupakan fokus utama dalam tanaman anggrek. Dalam usaha budidaya anggrek, kita harus bisa mengatur agar saat akan menjual tanaman hasil budidaya kita, tanaman anggrek tersebut sedang berbunga.

Secara prinsip, pembungaan anggrek bisa dijadwalkan. Ini berarti, sepanjang tahun kita bisa memiliki persediaan tanaman anggrek yang sedang berbunga. Pengaturan pembungaan ini dapat dilakukan sendiri dengan cara berikut ini

  1. Beli hormon tumbuh keiki fix di kios kios pertanian atau warung tanaman hias. Hormon ini mengandung kinentin dan benzil adenin. Dikemas dalam botol injeksi berukuran 5 cc dengan bentuk mirip salep. Warnanya kuning kecoklatan.
  2. Seleksi anggrek yang memiliki tangkai bunga. Lalu gunakan pisau tajam untuk membuka seludang (tudung) penutup ruas tangkai bunga bagian atas, tetapi sisakan titik bakal tunasnya.
  3. Cari tusuk gigi dan tusukkan ke hormon, selanjutnya hormon yang melekat pada tusuk gigi tersebut dioleskan di titik bakal tunas. Pengolesan harus rata dan tertutup semua.
  4. Tanaman yang telah diberi hormontersebut sebaiknya diletakkan di tempat yang terang.
  5. Biasanya, seminggu kemudian kuncup bunga sudah tampak tumbuh sepanjang 1 cm dan akhirnya tinggal menunggu munculnya kuntum bunga anggrek,

Itulah sedikit artikel tentang budidaya bunga anggrek, semoga artikel ini dapat membantu anda. Saran saya jika ingin usaha anda sukses sebaiknya anda membudidayakan jenis anggrek yang berharga mahal sehingga keuntungan yang anda dapatkan semakin besar.

Related Posts

Add Comment