Budidaya Jahe dalam Polybag Rumah

28 views

budidaya jahe dalam polybagBudidaya jahe selain di kebun khusus, juga dapat dilakukan dalam wadah terbatas, terutama polybag atau pot. Inovasi budidaya jahe dalam polybag dapat mengatasi masalah sempitnya lahan karena dapat dilakukan di rumah, disamping untuk mengembangkan kreativitas pertanian organik berwawasan padat teknologi

Secara umum, tata laksana budidaya jahe dalam polybag rumah meliputi aktivitas pokok berikut ini :

Penyiapan bibit

Rimpang untuk bibit diambil tanaman yang sudah tua, berumur setahun atau lebih. Pilih rimpang bibit yang ukuranya besar, berwarna cerah, sehat dan tidak terluka atau lecet. Setelah diseleksi, rimpang jahe dijemur selama setengah hari, kemudian simpan dalam suhu ruang selama 1 – 1,5 bulan. Perlakuan rimpang bibit jahe di tempat penyimpanan, mula mula ambil rimpang, kemudian dipotong, setiap potong memiliki 3 – 5 mata tunas. Setelah itu, dijemur selama 1 hari. Keesokan harinya potongan tersebut dimasukkan ke dalam wadah atau keranjang yang berlubang atau karung goni, lalu dicelupkan dalam larutan fungisida dan zat pengatur tumbuh sekitar 1 – 2 menit, kemudian keringkan.

Persemaian

Aktivitas ini kadang disepelekan oleh pembudidaya, banyak juga budidaya jahe dalam polybag yang tidak melakukan tahap ini. Mereka langsung menanam bibit jahe ke dalam polybag, padahal sebenarnya persemaian ini juga penting. Penyemaian ini berguna untuk mengecambahkan rimpang biit, agar berkecambah atau tumbuh secara serempak. Lama bibit di persemaian sekitar 3 – 5 minggu, sehingga siap tanam.

Langkah langkah melakuka penyemaian adalah pertama tama lahan untuk bedengan persemaian dibersihkan dari gulma dan ratakan, bagian dasar ditabur abu atau sekam setebal 5 – 10 cm, lalu di atasnya diberi lapisan tanah dan pasir halus setebal 5 cm. Letakkan rimpang bibit secara berjajar merata di atasnya, kemudian ditutup dengan lapisan tanah. Pasang bambu yang dilengkungkan setengah lingkaran setinggi 40 cm, kemudian tutup dengan plastik.

Media tanam

Siapkan media tanam berupa campuran pupuk kandang, pasir halus, sekam bakar atau abu dan tanah pada perbandingan yang sama rata. Tambahkan ke dalam media tanam tersebut dolomit dan NPK 1% dari semua campuran serta MOL (starter mikroba). Setelah itu, campur atau aduk aduk hingga merata, lalu ditutup dengan plastik. Setiap pagi selama 7 – 15 hari media tanam diaduk aduk, kemudian ditutup plastik kembali. Setelah itu, media tanam siap digunakan untuk budidaya jahe.

Cara Menanam Jahe dalam Polybag

Siapkan polybag atau plastik hitam berukuran 60 x 60 cm atau karung, buat lubang kecil pada bagian dasarnya untuk drainase, kemudian ditekuk melebar untuk memudahkan pengisian media tanam. Masukkan media tanam yang telah disiapkan. Lakukan seleksi bibit di persemaian, yaitu memilih bibit yang sehat dan bongsor kemudian dicongkel secara hati hati. Tanamkan bibit jahe dalam polybag. Selanjutnya, polybag yang telah ditanami bibit jahe ditata rapi diatas bedengan, lalu ditutup atau dipasang paranet di atas bedengan setinggi 1,5 m sebagai peneduh atau untuk mengurangi terik matahari dan curah hujan yang tinggi.

Pemeliharaan Tanaman

Pemeliharaan tanaman jahe dalam polybag cukup sederhana. Penyiraman dilakukan setiap 2 – 3 minggu. Bersamaan dengan penyiraman dilakukan pemupukan berupa larutan air dengan pupuk organik yang dikucurkan pada media tanam. Pada umur 25 hari sejak tanam, tambahkan media tanam setinggi 10 cm. Bersihkan gulma di sekitar tanaman jahe secara hati hati agar tidak merusak perakaran. Pengendalian hama dan penyakit dilakukan dengan menyemprotkan pestisida organik.

Pemanenan

Masa panen jahe berkisar pada umur 9 – 10 bulan, pemanenannya tidaklah sulit. Caranya, sobek bagian tepi polybag hingga media tanamnya keluar, lalu pegang batang tanaman jahe dan goyang goyangkan secara perlahan hingga tanah yang menempel di rimpang jahe luruh. Pisahkan rimpang utama jahe yang baik atau super dengan rimpang pocelan, cukup menggunakan tangan secara pelan dan lembut untuk menghindari penurunan kualitas rimpang jahe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *