Budidaya Pembesaran Bibit Ikan Kerapu di Kolam (Penggelondongan)

Budidaya Ikan Kerapu di KolamBudidaya Pembesaran Bibit Ikan Kerapu di Kolam (Penggelondongan)

Indonesia memiliki potensi perairan laut seluas 8,4 juta ha untuk budidaya perikanan laut. Sekitar 3,8 juta ha merupakan potensi efektif yang dapat dimanfaatkan untuk kawasan budi daya laut. Untuk pembesaran kerapu sendiri dapat dijumpai di Situbondo, gondol, lampung, kepulauan riau. Deli, Serdang dan Medan.

Usaha budidaya pembesaran bibit ikan kerapu sendiri cukup dicari dan membantu pengusaha pembenihan dan pengusaha pembesaran ikan kerapu. Prospek bisnis pembesaran bibit ikan atau yang lebih populer disebut penggelondongan ini cukup prospektif.  Bila pengusaha pembesaran ingin cepat memanen hasilnya, menebar benih kerapu ukuran gelondongan adalah solusinya.

Usaha budidaya ikan kerapu di kolam ini juga mudah dilakukan bahkan bisa dilakukan didepan pekarangan anda. Sayangnya, usaha budidaya ini hanya bisa dilakukan jika di dekat daerah anda ada pengusaha pembesaran ikan kerapu semakin tempat anda memasok hasil budidaya anda./

Memulai Usaha Pembesaran Bibit Ikan Kerapu di Kolam

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan dalam memulai usaha pembesaran bibit ikan kerapu ini :

  • Lokasi usaha Pembesaran bibit berarir bersih dan jernih dengan salinitas 15-34 ppt; pH 7,5 – 8,5; suhu 24-32 C; oksigen terlarut minimal 3 ppm dan bukan daerah tercemar.
  • Buatlah kolam tembok tanpa bersudut berukuran 2 m x 4 m x 1,5 m sebanyak 10 buah.
  • Usaha pembesaran bibit ikan kerapu dapat dilakukan dengan menebar benih ukuran 2-3 cm yang dipelihara selama 2 bulan hingga mencapai ukuran 7-9 cm.
  • Untuk fase penggelondongan, padat tebar benih kerapu tikus berukuran 2 cm dapat mencapai 500 ekor/m3.
  • Peralatan yang dibutuhkan antara lain water heater, salinometer, termometer, pH dan test kit.
  • Pakan benih dapat berupa ikan rucah, cumi cumi, udang , pelet dengan protein 40%. Jumlahnya 2-3% dari bobot ikan dengan pemberian 3 kali sehari.
  • Siklus periode budidaya penggelondongan ikan kerapu dapat berlangsung selama 2 bulan.

Kendala Budidaya Ikan Kerapu di Kolam

Budidaya ikan kerapu di kolam membutuhkan perawatan yang intensif dan ketat selain itu budidaya bibit ikan kerapu ini membutuhkan suplai air laut berkualitas baik secara terus menerus sehingga bagi anda yang jauh dari pantai sebaiknya jangan coba coba untuk budidaya ikan kerapu di kolam ini.

Strategi Budidaya Ikan Kerapu di Kolam

Pada tahap awal pemeliharaan, pakan yang diberikan sebaiknya berupa ikan segar dan cumi cumi. Namun, bila akan diberi pakan pelet, harus dibiasakan terlebih dahulu. Pada usaha pembesaran bibit ikan kerapu di kolam ini, penggantian air sebaiknya dilakukan setiap hari sebanyak 60-70% dari volume air awal. Dengan demikian kondisi air selalu segar karena suplai air yang selalu berganti. Diperlukan ketelitian dan pemantauan dengna baik selama budidaya dilakukan.

Penjualan Hasil Budidaya

Permintaan pasar terhadap ikan kerapu, baik dalam maupun luar negeri cenderung meningkat setiap tahunnya. Dengan demikian, budidaya kerapu dapat dijadikan salah satu peluang usaha yang potensial. Jenis kerapu yang banyak dibudidayakan antara lain kerapu macan, kerapu bebek/tikus dan kerapu sunu. Kerapu tikus menjadi pilihan utama konsumen karena daya jualnya yang lebih tinggi dibandingkan ikan kerapu jenis lainnya.

Related Posts

Add Comment