Bunga Euphorbia

Bunga euphorbiaBunga euphorbia awalnya tak banyak di lirik. Namun, setelah dilakukan rekayasa genetika, kini banyak dicari orang karena keindahan dan keberagaman warna bunganya. Dulu, tanaman asal madagaskar ini bunganya kecil kecil dan warnanya terbatas. Namun, setelah dilakukan rekayasa genetik oleh para ahli tanaman di Thailand, barulah orang mulai memperhatikan tanaman bunga satu ini. Mereka berhasil menemukan beberapa euphorbia hibridia yang ditandai dengan munculnya bunga yang lebih besar dengan warna yang beragam, bahkan bergradasi.

Tren bunga Euphorbia hibrida mulai muncul sekitar awal tahun 2000an. Para penggemar tanaman hias mendatangkannya dari thailand. Sebut saja, euphorbia red dragon yang bunganya merah menyerupai kulit naga dan kesegaran bunganya bisa bertahan 2-3 bulan atau bunga euphorbia red devil yang bunganya merah menyala dengan kesegaran sekitar 3 bulan. Ada lagi yang lain, yakni Euphorbia forever green yang bunganya berwarna hijau dan mampu bertahan selama setahun. Paling mengejutkan adalah Euphorbia red pearl dengan bunga merah menyala menyelimuti seluruh tubuhnya.

Klasifikasi Bunga Euphorbia

Dalam sistem klasifikasi terbaru, Euphorbia dimasukkan ke dalam kategory genus yang didalamnya terdapat lebih dari 2 ribu spesies. Secara lengkap klasifikasi dari bunga euphorbia adalah

Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malpighiales
Famili: Euphorbiaceae
Genus: Euphorbia 

Ciri Ciri Bunga Euphorbia

Ciri khas dari tanaman euphorbia terletak pada batangnya yang diselimuti duri. Ada duri tunggal, ada pula yang ganda bahkan ada pula yang berkelompok. Duri itu ada yang tajam panjang, ada pula yang pendek. Bagi orang thailand, duri duri yang tajam itu dianggap mampu mengusir roh roh jahat.

Daun euphorbia lazimnya berwarna hijau, tetapi ada pula yang kemerahan. Panjang daun biasanya 3 – 8 cm dengan bentuk variatif, antara lain simetris berujung lancip, lurus berujung lancip atau oval berujung lancip. Bagaimana dengan ciri bunga euphorbia? sebenarnya yang disebut dengan bunga adalah mahkota bunga. Namun, yang disebut dengan mahkota bunga euphorbia sebenarnya adalah seludang bunga. Mahkota bunga muncul membentuk sebuah dompolan, sehingga bunga bunga itu bisa menutupi sekujur batangnya.

Di thailand ada mitos mengenai euphorbia, yakni jumlah bunganya yang selalu merupakan kelipatan delapan. Angka delapan, menurut orang thailand adalah angka keberuntungan. Karenanya, euphorbia dianggap sebagai bunga keburuntungan disana. Tetapi janganlah percaya itu apalagi jika anda beragama islam karena itu syirik.

Cara Menanam Bunga Euphorbia

Kriteria euphorbia yang indah adalah batang perkasa dan bunga yang lebat. Mengusahakan batang perkasa dan bunga lebat bisa dilakukan dengan mengelola pertumbuhan vegetatifnya. Artinya, jika ditanam dalam pot, media tanamnya harus benar benar diperhatikan. Tanaman ini tidak suka tempat yang tergenang atau terlalu lembap. Karena itu, sebaiknya media yang digunakan berupa campuran sekam bakar, pasir malang, serbuk sabut kelapa (cocopeat) dan sedikit pupuk kandang. Selanjutnya diletakkan di tempat yang teduh.

Sebelum menanam, disarankan memilih sosok batang yang bakal tumbuh bagus. Selain itu juga harus diperhatikan tunas tunas yag tumbuh. Jika yang tumbuh hanya tunas kiri (tunas kanan tidak), tunas kiri tersebut sebaiknya dipangkas. Jarak antar tunas harus diatur 2-3 cm.

Setelah tunas primer diatur dengan pemangkasan, selanjutnya dilakukan pemupukan. Bisa menggunakan pupuk daun yang kandungan nitrogennya tinggi. Bahkan, ada hobiis yang memberinya minyak ikan. Pemupukan dilakukan secara rutin setiap dua minggu. Selain dipupuk, euphorbia juga harus rutin disiram. Namun, tetap harus ingat euphorbia termasuk tanaman yang tidak menyukai air.

Selanjutnya dilakukan pengelolaan pertumbuhan generatif dengan cara meletakkannya di tempat terbuka dan panas. Rumusnya, euphorbia memerlukan intensitas sinar matahari 70% dan lama penyinaran delapan jam per hari Setelah itu, diikuti dengan pemberian pupuk lengkap. Misalnya super bionik, setiap dua minggu sekali. Setelah 1,5 bula, dijamin muncul bunga secara serempak. Bunga bunga itu akan bermekaran susul menyusul sepanjang masa. Indah bukan?

Related Posts

Add Comment