Burung Hantu Salju Dan Keistimewaannya

Dulu, burung hantu termasuk unggas liar dan bukan termasuk binatang yang cocok dipelihara. Bahkan burung dengan sebutan owl tersebut ditakuti banyak orang, karena posturnya yang menyeramkan. Akan tetapi, itu semua sudah berubah. Hewan yang aktif cari makan di waktu malam ini mulai dipelihara. Seperti contohnya burung hantu salju yang memiliki warna cantik dan tampak berbeda dengan kerabat lainnya. Kira-kira berapa ya harga burung hantu salju ini?

Pengenalan

Spesies burung hantu salju memang tampak berbeda dengan jenis lain. Seperti namanya, bulu unggas ini didominasi warna putih dan sedikit bercorak warna gelap. Memiliki ukuran tubuh sekitar 35 cm, unggas ini termasuk besar. Untuk rentang harga sekitar tiga ratus ribu rupiah. Ada juga harga di atas nominal tersebut.

Burung hantu salju punya nama ilmiah Bubo scandiacus. Punya warna yang menawan, snowy owl ini sangat mudah dikenali. Burung hantu salju betina khas dengan bulu putih dan punya corak warna hitam. Sedangkan burung jantan, postur tubuhnya putih semua.

Banyak ditemui di wilayah dataran tinggi, lembah, pegunungan maupun di padang rumput terbuka. Snowy owl ditemukan di Amerika Utara sampai dengan batas utara bagian Amerika Selatan. Bahkan sampai di Kanada selama di musim dingin. Kemudian saat musim dingin berpindah sampai ke wilayah kutub utara.

Termasuk burung hantu terberat di Amerika Utara. Dari paruhnya saja bisa sampai 2 inchi dan kaki kekar yang banyak bulunya. Penyebaran burung hantu salju di negara ini termasuk yang terbesar kedua. Jadi, cukup mudah ditemui di sini.

Makanan Burung Hantu Salju

Habitat di tempat dingin, unggas satu ini memakan ikan, tikus, tupai dan lainnya. Namun begitu, jenis owl salju ini tidak mudah dipelihara sebab penyesuaian habitat yang kurang sesuai. Jika tidak cocok, maka burung bisa mati.

Keistimewaan Burung Hantu Salju

Terlihat istimewa dari jenis unggas terbang lain, burung hantu ini sama-sama masuk ke kelas karnivora. Selain itu, punya beberapa keistimewaan seperti:

  • Mempunyai postur tubuh yang gagah dan keren
  • Memiliki bentuk mata kecil menawan tapi tajam. Tidak seperti saudara lainnya yang mempunyai bentuk mata bulat
  • Bulu dengan warna putih menjadikan burung hantu ini tidak menyeramkan
  • Bukan termasuk hewan nokturnal atau binatang yang beraktivitas di malam hari. Berbeda dengan spesies lainnya, snowy owl satu-satunya yang mencari makan ataupun beraktivitas di siang hari
  • Ketika terbang, dapat merentangkan sayap sampai 1.5 meter dan kecepatan terbang 40km/jam
  • Punya indra pendengaran dan penciuman yang sangat tajam, sehingga bisa memantau mangsa dari kejauhan
  • Dikenal sebagai pemburu yang sabar tapi ganas. Ketika sedang lapar, snowy owl akan bertengger sembari memperhatikan mangsa
  • Sama-sama disebut bubo scandiacus, tapi tampilan burung hantu jantan dan betina berbeda. Snowy owl yang jantan dominan warna bulunya putih tanpa corak. Sedangkan yang betina berwarna tapi ada bintik-bintik hitam
  • Termasuk unggas terbang terberat di Amerika Utara, punya berat hingga 2kg.

Menarik sekali, bukan? Meskipun termasuk burung hantu, tapi snowy owl tampak menyita perhatian. Hanya saja, ketika ingin memelihara burung ini harus benar-benar mempersiapkan habitat yang cocok. Jika tidak, snowy owl tak dapat bertahan.

Di pasaran, harga burung hantu salju dewasa sekitar 2 – 3 juta rupiah. Harganya yang mahal ini sangat normal dan sebanding dengan keistimewaan yang dimiliki. Karena itu masih banyak para pecinta burung yang mencari jenis burung ini untuk dipelihara.