Mengenal Burung Poksay Jambul Putih

15 views

poksay jambul putihBurung Poksay Jambul Putih (Garrulax leucolophus) atau orang barat mengenalnya dengan sebutan white crester laughing thrust adalah jenis burung poksay yang berasal dari Thailand tetapi saat ini populasinya di Indonesia juga termasuk cukup banyak. Burung ini banyak terdapat secara liar di pulau Sumatera dan Jawa, itu karena burung ini dulunya pernah diimpor langsung dari Thailand secara besar besaran.

Ciri-Ciri

Burung yang dikenal sebagai rajanya poksay ini sangat aktif bergerak di dalam sangkar dan terlihat berwibawa saat berkicau. Burung ini memiliki beberapa ciri ciri diantaranya :

  1. Tubuhnya berwarna putih dan cokelat, tubuh bagian atasnya berwarna putih sedangkan bagian bawahnya cokelat.
  2. Di bagian wajahnya berwarna hitam sehingga seolah olah burung ini sedang memakai topeng mirip zorro.
  3. Tubuhnya kekar dengan kaki dan paru bewarna hitam. Ekornya bulan yang juga berwarna hitam.

Habitat

Burung ini habitat asalnya dari Thailand tetapi saat ini telah tersebar di India, Bangladesh, Cina hingga Indonesia (khususnya pulau Sumatera). Di habitat alaminya burung poksay jambul hidup secara berkelompok kecil. Ia sangat menyukai hidup di hutan bambu dan padang rumput. Biasanya poksay jambul putih akan membuat sarang di atas pohon bambu tersebut dimana ia akan bertelur disarangnya. Dalam sekali bertelur, burung ini bisa menghasilkan 3 hingga 6 butir telur, walaupun biasanya tidak semua telur yang dieraminya akan menetas.

Makanan Poksay Jambul Putih

Di alam burung ini biasanya memakan serangga kecil yang banyak terdapat di semak semak ataupun pepohonan. Selain itu, ia juga memakan biji bijian serta buah yang telah terjatuh dari atas pohon. Sedangkan jika dipelihara burung ini biasanya diberi voer untuk makanan utamanya, selain itu sebagai ekstra fooding (EF) diberi berbagai macam serangga seperti jangkrik, belalang dan juga ulat hongkong. Sekali sekali memberikan buah buahan juga diperlukan untuk melengkapi nutrisi yang dibutuhkannya.

Cara Membedakan Burung Jantan dan Betina

Cara membedakan burung poksay jambul putih jantan da betina biasanya dilihat dari suaranya. Burung pejantan biasanya mengeluarkan suara kicauan seperti ini, ” Kwaa kwaaa kwaaaa kukkkk kwaak klik kluk”, sedangkan untuk betina tidak akan meniru suara sehingga hanya mengeluarkan kicau yang monoton seperti, “kwaa kwaaa kwaaa”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *