Mengenal Cara Berkembang Biak Amoeba

Amoeba merupakan salah satu kelompok mahluk hidup yang terbilang tua jika dibandingkan dengan jenis hewan lainnya. Amoeba masuk dalam keluarga protozoa yang merupakan makhluk yang menjaga anggota tubuhnya mirip dengan hewan. Si kecil satu ini masuk dalam kelompok sel eukariotik karena sel yang membentuknya membran inti. Amoeba memiliki siklus hidup dan cara berkembang biak amoeba yang akan dijelaskan dalam ulasan berikut.

Sekilas Tentang Amoeba

Kata Amoeba sendiri berasal dari Amoibe yang merupakan bahasa Yunani dan berarti berubah. Nama tersebut tentunya sesuai dengan karakteristik dari amoeba yang memang selalu berubah ubah bentuk. Pada dasarnya amoeba bisa ditemukan di air maupun di darat, bahkan ia juga bisa berkembang biak di manapun karena sebagian menjadi parasit. Parasit ini bisa menyebabkan kerusakan dan penyakit ringan pada makhluk hidup.

Amoeba memiliki ciri pada tubuhnya yang sangat kecil dan amat sederhana karena memiliki satu sel. Namun satu sel ini bisa dikendalikan dan tidak mengalami tumpang tindih. Bentuknya bisa berubah ubah karena hidupnya yang bebas. Selain itu amoeba juga memiliki alat gerak yang disebut dengan pseudopodia. Amoeba bisa memiliki lebih dari dua inti sel dan untuk cara berkembang biak amoeba dengan cara vegetatif atau membelah diri.

Klasifikasi Amoeba

Jika dilihat berdasarkan hidupnya, amoeba bisa dikelompokkan menajdi dua yaitu ektamoeba dan juga entamoeba. Ektamoeba merupakan jenis amobe yang bisa hidup di luar tubuh dari organisme yang membuatnya bisa hidup bebas. Sementara untuk jenis yang selanjutnya yakni entamoeba merupakan amoeba yang bisa hidup di dalam tubuh makhluk hiudp seperti manusia dan hewan. Contohnya adalah parasit usus halus yang bisa menyebabkan disentri.

Amoeba Berkembang Biak Dengan Cara Membelah Diri

Sudah disebutkan jika tubuh amoeba bisa memiliki satu sel saja namun juga bisa uniseluler juga. Untuk organisme uniseluler dan memiliki karakter mirip dengan amoeba sering disebut dengan amoeboid. Melihat amoeba ini tidak bisa dilakukan dengan mata telanjang mengingat ukurannya yang hanya 700 hingga 900 mikrometer. Amueba bereproduksi dengan cara aseksual sebagai cara berkembang biak amoeba atau membelah diri.

Proses ketika amoeba berkembang biak disebut sebagai sitokinesis atau mitosis. Dalam proses mitosis sel milik induk amoeba akan dibagi menjadi dua sel. Sementara pada proses sitokinesis akan dibagi menjadi tiga sel yang terdiri dari sel asli dan juga sel anak yang jumlahnya dua. Amoeba bisa dikatakan sebagai mahluk hidup yang sangat cepat dalam berkembang biak. Kemampuan inilah yang membuatnya bisa bertahan ketika berreproduksi.

Dalam situasi yang tak menguntungkan, amoeba akan membentuk semacam pelindung atau penutup. Lapisan penutup inilah yang disebut dengan kista mikroba sebagai penutup sementara. Nantinya jika situasi sudah membaik mereka akan kembali dalam bentuk yang normal. Sebenarnya berkembang biak yang dilakukan oleh amoeba juga bisa secara seksual. Sehingga bisa disimpulkan jika cara berkembang biak amoeba bisa secara aseksual dan seksual.

Amoeba menjadi mahluk hidup kecil yang keberadaannya bisa berbahaya. Terutama ketika ia masuk dalam tubuh manusia, karena bisa menyebabkan penyakit. Untuk amoeba yang hidup sebagai parasit disebut juga dengan Entamoeba yang bisa berasal dari makanan yang tidak higienis. Untuk menghindari adanya parasit yang berbahaya ini, hendaknya kita menjaga kebersihan terutama dalam hal makanan. Mengingat amoeba ini bisa hidup dimanapun dengan bebas.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *