Cara Budidaya Bunga Amarilis

Bunga AmaralisCara Budidaya Bunga AmarilisĀ – Ada 4 tahapan yang perlu anda pelajari jika anda ingin melakukan budidaya bunga amarilis yaitu pembibitan, media tanam, penanaman dan perawatan amarilis agar berbunga.

Pembibitan Bunga Amarilis

Pembibitan bunga amarilis melalui umbi. Jika anda ingin melakukan budidaya bunga ini, maka yang perlu anda lakukan adalah memilah warna bunga yang nantinya sesuai dengan selera pasar. Seperti yang telah diketahui, bunga amarilis memiliki aneka warna, seperti merah, merah muda, orangye dan putih. Amarilis juga bisa dijumpai dalam kombinasi beberapa warna. Tentu yang anda budidayakan adalah yang disukai pasar sehingga bunga anda dapat laku terjual.

Ukuran umbi menjadi tolak ukur seberapa banyak bunga yang akan muncul. Itu artinya, semakin besar ukuran umbi, maka akan semakin banyak menghasilkan bunga. Setelah anda mendapatkan umbinya, simpan umbi amarilis di tempat yang sejuk dan kering. Lokasi penyimpanan juga harus memiliki ventilasi yang baik. Suhu penyimpanan yang ideal sekitar antara 4-10 C.

Anda bisa menyimpan umbi amarilis di laci kulkas bagian bawah, tempat yang biasanya untuk menyimpan produk sayuran dan buah. Jika disimpan dikulkas, waktu penyimpanan hanya sampai 6 minggu, tidak boleh lebih.

Selain itu, khususkan laci tersebut hanya untuk menyimpan umbi amarilis anda. Jangan menyimpan bersama sayuran dan buah buahan terutama apel. Buah apel ditenggarai mampu membuat umbi amarilis steril atau mandul.

Media Tanam Bunga Amarilis

Tahapan kedua dalam budidaya bunga amarilis adalah persiapan media tanam. Setelah siap ditanam, siapkan media tanam yang subur jika anda menginginkan menanam di pot, gunakan campuran media tanah dan kompos dengan perbandingan 1:1. Dalam kurun delapan minggu kedepan amarilis anda akan berbunga.

Jika anda tidak ingin repot, anda bisa membeli media tanam di gerai pertanian. Anda dapat membeli campuran media tanam siap pakai yang memang sudah disesuaikan untuk jenis tanaman amarilis.

Penanaman Amarilis

Untuk di budidayakan anda sebaiknya menggunakan pot karena pot memudahkan anda dalam menjual bunga amarilis anda dan lebih mudah dipindahkan. Pilihlah pot yang memiliki drainase yang baik. Jangan gunakan pot yang tidak memiliki lubang drainase pada bagian bawahnya. Umbi amarilis sangat sensitif jika media becek atau terlalu banyak air.

Pot yang baik untuk menanam bunga amarilis ialah pot yang berbentuk sama setiap sisinya, berbentuk segi empat. Ketika umbi sudah ditanam, usahakan ada tanah disekitar umbi sepanjang 5 cm sampai menyentuh bibir pot. Oleh sebab itu, sebaiknya anda menggunakan pot berukuran 15-20 cm agar menjadi tempat media tanam yang baik untuk bunga amarilis.

Sebelum ditanam, umbi amarilis harus direndam air suam suam kuku selama 2 jam. Kemudian, tanam umbi amarilis ke dalam pot dengan posisi akar di bawah, Masukkan media tanam ke dalam pot secara perlahan disekitar umbi. Biarkan batang umbi kira kira 1/3 dari panjangan tanaman dan berada di atas permukaan media tanam.

Jangan memasukkan media tanam ke dalam pot terlalu banyak, karena anda perlu menjaga agar akar tanaman tidak rusak. Apabila anda khawatir batang tanaman yang ada di atas permukaan tanah akan jatuh terkulai atau tumbang, gunakan ajiran untuk menahan tanaman agar dapat berdiri tegak.

Perawatan Amarilis agar Berbunga

Perawatan merupakan tahapan terpenting dalam budidaya bunga amarilis. Bunga ini membutuhkan sinar matahari langsung untuk beberapa minggu pertama, oleh sebab itu pada masa awal budidaya anda harus meletakkan pot di tempat yang terkena matahari langsung. Suhu yang dibutuhkan untuk tumbuh maksimal adalah 21-24 C.

Penyiraman bunga amarilis yang anda budidayakan dilakukan dengan sedikit air sampai pertumbuhan batangnya mencapai 5 cm. Jangan sampai menyiram secara berlebihan karena akan membuat umbi membusuk.

Untuk mendapatkan pertumbuhan yang optimal, putarlah dasar pot setiap beberapa hari. Hal ini dikarenakanĀ  bunga amarilis sering mencari sinar matahari sendiri. Jika dibiarkan, maka tangkainya akan menjadi bengkok. Jika anda putar putar potnya, maka anda akan mendapatkan pertumbuhan tangkai yang lurus.

Setelah bunga amarilis mulai berbunga, anda harus pindahkan pot agar tidak terkena sinar matahari secara langsung. Bunga amarilis akan muncul kira kira 2 minggu sejak penanaman. Suhu yang dibutuhkan ketika berbunga adalah 18 C. Setelah bunga berbunga anda sudah bisa menjual bunga hasil budidaya anda.

Bunga amarilis termasuk bynga yang tidak terlalu membutuhkan pupuk lanjutan. Anda bisa memberikan pupuk cair ke bunga ini setiap satu bulan sekali. Tetapi berdoa saja agar sebelum 1 umur 1 bulan atau ketika saat mulai berbunga di usia 2 minggu. Bunga amarilis hasil budidaya anda telah terjual habis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *