Cara Budidaya Ikan Koi

budidaya ikan koiCara Budidaya Ikan Koi – Ikan Koi merupakan ikan yan berasal dari jepang, ikan ini merupakan hasil persilangan dari berbagai jenis ikan mas. Di jepang ikan ini merupakan simbol cinta dan persahabatan.

Ikan koi telah populer sebagai ikan hias sejak tahun 60an dan hingga sekarang ikan ini masih banyak di buru oleh para pecinta ikan hias.

Cara budidaya ikan koi sebenernya sangat mudah, budidaya ikan koi di bedakan ke dalam 3 tahap yaitu tahap pemijahan, tahap perawatan benih dan tahap pembesaran. Bisa juga ditambahkan 1 tahap lagi yaitu tahap marketing hasil panen ikan koi ^^

Tahap Pemijahan

Yang paling penting dalam tahap pemijahan adalah indukan yang berkualitas dan kolam tempat pemijahan. Untuk pemilihan indukan ikan koi perlu anda perhatikan 3 hal yaitu :

  1. Umur indukan, pastikan indukan koi merupakan indukan yang siap kawin kira – kira berumur 2 tahun.
  2. Fisik indukan, pilihlah indukan yang memiliki corak warna yang indah dan kontras serta tubuh yang besar.
  3. Kesehatan, pilihlah indukan yang sehat dan tidak memiliki riwayat pernah sakit

Untuk kolam pemijahan ikan koi gunakan kolam ukuran 3 x 6 meter dengan kedalaman air 1/2 meter.

Dalam satu kolam pemijahan dapat diisi dengan seekor ikan koi indukan betina yang dipasangkan dengan tiga ekor indukan jantan.

Untuk proses pemihahan pertama tama masukan ikan koi betina, setelah 2-3 jam baru masukkan indukan jantan. Proses pemijahan biasanya berlangsung pada malam hari. Setelah proses pemijahan, maka indukan ikan koi di angkat ke kolam lain.

bibit ikan koiTahap Perawatan Benih

Telur telur ikan koi akan menetas dalam waktu 48 jam, setelah telur menetas pindahkan bibit ikan koi ke dalam aquarium berisi air bersih. Setelah umur 5 hari berilah makan bibit ikan koi anda dengan kutu air hingga umur 3 minggu.

Tahap Pembesaran

Setelah umur 3 minggu ikan koi akan berukuran sekitar 15 cm dan dapat dipindahkan ke kolam pembesaran dan di beri makan pelet. Berilah makan pelet kepada ikan koi anda 3x sehari.

Kolam ikan untuk pendederan ini jangan sampai terlalu banyak isi ikannya di banding luas kolam. Untuk kolam berukuran 3 x 4 meter dengan kedalaman 1 meter sebaiknya diisi tidak lebih dari 250 ikan koi.

Pastikan lah air tetap terjaga kebersihannya karena ikan koi sangat sensitif terhadap air kotor. Sebaiknya gantilah air sekali seminggu dan selalu di cek kerja filter airnya. Selain itu sebaiknya gunakan kolam yang memiliki kedalaman air minimal 3/4 meter.

Setelah umur 3 bulan ikan koi anda siap di panen dan dijual ke pasaran.

Gimana mudah kan budidaya ikan koi? selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *