Cara Budidaya Ikan Lele Kolam Tembok yang Baik dan Benar

Ikan Lele Kolam TembokCara Budidaya Ikan Lele Kolam Tembok yang Baik dan Benar

Nusabudidaya – Lele merupakan salah satu jenis ikan yang paling populer di kalangan masyarakat, selain enak, ikan lele memiliki segudang manfaat bagi tumbuh kembang otak anak karena mengandung banyak protein. Nah, hal itulah yang menyebabkan banyak sekali pelaku usaha yang memilih ternak lele untuk mendapatkan keuntungan

Cara ternak ikan lele cukup mudah, sebab ikan ini mampu bertahan hidup dalam kondisi air apapun dan dalam media tembok hingga tanah sekalipun. Namun dari beberapa media, banyak pelaku usaha yang memilih cara budidaya ikan lele dengan kolam tembok, sebab dirasa lebih mendapatakan hasil yang menjanjikan.

Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membudidayakan ikan lele berikut adalah cara budidaya ikan lele kolam tembok yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

Cara Budidaya Ikan lele di Kolam Tembok yang Benar

  1. Siapkan kolam tembok

Kiat budiaya ikan lele kolam tembok yang harus dilakukan adalah dengan membuat kolam tembok untuk media perkembangan ikan lele. Jangan lupa untuk memberi pupuk organik pada dasar kolam dengan ketinggian 10 -15 cm, hal ini dilakukan untuk membantu tumbuh kembang hewan air yang nantinya bisa dimanfaatkan untuk pakan alami ikan lele.

Setelah itu barulah mengisi air kolam dengan ketinggian 30 cm dan biarkan selama 3 hari. Kemudian lakukan lagi pengisian air pada kolam dengan ketinggian 90-100 cm, diamkan lagi selama 3 hari supaya terpapar sinar matahari dan membantu tumbuh kembang hewan air di dasar kolam. Nah setelah itu barulah kolam siap diisi oleh ikan lele, namun alangkah lebih baiknya Anda memasukkan tanah pada kolam supaya hewan air di dasar kolam semakin berkembang.

  1. Siapkan bibit lele

Pilihlah bibit lele yang unggul dengan warna yang cerah dan memiliki pergerakan lincah di peternak lele yang terpercaya. Sebelum memasukkan ikan lele ke dalam kolam tembok alangkah lebih baiknya jikalau Anda memasukkan ikan lele sejenak ke dalam ember, hal ini bertujuan supaya lele mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya sekaligus untuk mencegah lele mengalami stres.

  1. Pemberian pakan

Jangan beri pakan pada ikan lele selama 3 hari setelah ikan lele ditebar pada kolam tembok, sebab pada masa ini ikan lele akan memakan berbagai hewan air yang sudah dipersiapkan sebelumnya melalui tahap pemupukan. Pemberian makan di lakukan pada hari ke 4 dengan takaran 3-5% dari bobot ikan lele

  1. Masa panen

Biasanya para petani akan memanen ikan lele setelah menginjak usia 2-3 bulan pada awal penebaran atau apabila ikan lele sudah memilki bobot 5-7kg perekornya. Cukup membuka saluran air pada kolam tembok yang Anda buat untuk memanennya. Bagaimana, mudah banget bukan?

Demikianlah uraian singkat mengenai cara budidaya ikan lele kolam tembok yang bisa Anda coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan.

Related Posts

Add Comment