Cara Budidaya Ikan Sidat

Ikan SidatCara Budidaya Ikan Sidat 

Setelah sebelumnya kita membahas tentang budidaya belut, pada artikel ini mari kita bahas mengenai bagaimana sih cara budidaya ikan sidat supaya sukses.

 

Ikan Sidat (Anguilla sp) merupakan ikan yang mirip dengan ikan belut ini digemari banyak orang memiliki prospek pasar yang bagus terutama untuk pasar luar negeri. Walaupun harga jualnya tinggi, orang yang membudidayakan ikan sidat masih sedikit sehingga suplainya masih belum memenuhi permintaan pasar. Hal ini merupakan sebuah peluang bagi anda yang ingin memulai usaha budidaya ikan, tetapi masih bingung untuk memilih jenis ikan apa yang ingin anda budidayakan. Salah satu pilihannya adalah anda bisa mencoba budidaya ikan sidat.

Memulai Usaha

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan dalam memulai usaha budidaya ikan sidat ini. Yang pertama adalah anda harus memilih lokasi yang tepat dimana lokasi yang anda pilih harus memiliki sumber air yang cocok untuk sidat, seperti pH 6.5-8,5, suhu 24-32 C, oksigen terlarut 3 ppm dan yang paling penting airnya tidak tercemar bahan kimia berbahaya atau logam berat. Setelah menemukan lokasi yang cocok, buatlah kolam berbentuk bujur sangkar dengan luas kira kira 200 m2 kemudian siapkan peralatan yang dibutuhkan seperti termometer,PH meter dan tes kit kualitas air. Yang terakhir adalah carilah benih sidat berkualitas baik dengan ukuran 50-60 g/ekor, benih merupakan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan dalam sebuah budidaya ikan sehingga berhati hatilah dalam memilih benih dan belihlah kepada penjual terpercaya.

Kendala

Beberapa kendala sering dihadapi pembudidaya ikan sidat seperti susahnya mencari suplai benih, dimana pemasok benih ini masih sangat jarang apalagi jika anda tidak tinggal didekat sentra budidaya ikan sidat. Kendala kedua yang dihadapi adalah ikan ini memerlukan perawatan yang instensif.

Strategi

Ada beberapa strategi yang bisa anda lakukan untuk mensiasati kendala kendala yang dihadapi dalam budidaya ikan sidat seperti :

  1. Pilihlah lokasi budidaya yang tidak tercemar limbah dan polusi dengan cara pilih lokasi yang masih di lingkungan desa dimana tidak ada pabrik disekitar lokasi yang anda pilih. Pemilihan lokasi didesa juga merupakan salah satu bentuk penghematan biaya lahan dimana lahan di desa tentu harganya jauh lebih murah daripada didekat kota
  2. Carilah benih sidat berkualitas baik, anda bisa mencari informasi tentang benih sidat ini diinternet atau bisa ke lokasi sentra budidaya jenis ikan ini
  3. Lakukan teknik budidaya yang baik
  4. Berikan pakan pelet yang mengandung protein 45-47%
  5. Benih sidat sebanyak 18 kg (ukuran 50-60 g/ekor) cukup dibudidayakan selama 6 bulan karena dalam waktu 6 bulan sudah dapat menghasilkan 30 kwintal sidat dewasa

Pasar

Pemasaran ikan sidat sangatlah mudah, jika anda sudah memulai budidaya dan menghasilkan panen maka akan banyak para pembeli yang mendatangi lokasi anda. Hal ini dikarenakan pasar ikan sidat tidak hanya berasal dari wilayah domestik, tetapi juga merambah ke luar negeri terutama eropa dan jepang. Namun permintaan sidat yang tinggi belum bisa dipenuhi sehingga membuka potensi pasar yang menggiurkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *