Cara Budidaya Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan

budidaya jentik nyamukCara Budidaya Jentik Nyamuk Untuk Pakan Ikan – Setelah sebelumnya kita membahas tentang jenis makanan ikan hias alami, salah satu dari jenis makanan ikan tersebut adalah jentik nyamuk. Mencari jentik nyamuk di alam secara terus menerus mungkin cukup sulit oleh karena itu anda bisa mencoba membudidayakannya sehingga anda tidak kerepotan untuk memenuhi kebutuhan makanan ikan hias anda.

Membudidayakan jentik nyamuk bukan berarti anda harus juga memelihara indukan nyamuk. Ada pembudidaya yang salah kaprah mengenai hal ini, tidak sebut nama lah ya. Ia dalam melakukan budidaya jentik nyamuk menggunakan cara memelihara indukan nyamuk dalam sebuah kotak yang diberi jaring kemudian di dalam kotak itu diberi wadah yang berisi air nah indukan nyamuk dalam kotak ini nanti akan bertelur di wadah air tersebut. Telurnya ditetaskan kemudian diambilah jentik nyamuk yang sudah menetas dari telur tersebut.

Penggunaan cara tersebut tidaklah pas, karena cara tersebut merupakan cara budidaya nyamuk dan bukan jentiknya. Kesulitan dalam menggunakan cara tersebut adalah anda harus menunggu dan memelihara nyamuk indukan menjadi dewasa. Memelihara nyamuk hingga dewasa ini perlu makanannya lho, untuk nyamuk betina memakan darah sedangkan nyamuk jantan memakan glukosa. Hal itulah yang merepotkan, padahal ada cara mudahnya.

Cara cepat budidaya jentik nyamuk

Membudidayakan jentik nyamuk berarti mempersiapkan tempat untuk memikat induk nyamuk betina agar mau bertelur. Tempatnya berupa bak semen berisi air yang kurannya boleh 2 x 3 m, 2 x 2 m atau 2 x 1 m. Kalau tidak ada bak semen, boleh juga kolam tanah biasa.

Persiapan yang perlu dilakukan tidaklah sulit juga cukup masukkan pupuk kandang dengan dosis 1 kg per meter persegi. Campuran lain tidak ada, kecuali kalau bisa kolam alias bak ini dibuat dekat selokan atau comberan karena di tempat seperti itulah banyak berkeliaran nyamuk. Harapannya semakin banyak nyamuk yang tertarik bertelur di bak tesebut sehingga hasil panen jentik nyamuk bisa semakin banyak.

Dalam tempo tiga hari biasanya nyamuk sudah berdatangan dan hinggap di bak yang kita siapkan. Dan tidak lebih dari seminggu, jentik jentik nyamuk yang suka bergoyang itu sudah dapat kita raup. Caranya dengan bantuan serok yang dibuat dari kain strimin. Oh ya, sebelum dijadikan makan ikan hias sebaiknya jentik nyamuk tersebut dicuci dulu sampai bersih supaya ikan tidak keracunan akibat kandungan dari pupuk kandang yang terdapat di kolam. Satu hal yang perlu diingat juga adalah sebaiknya anda memanen jentik nyamuk yang anda budidaya ini saat umurnya kurang dari seminggu. Karena menurut ahli nyamuk lulusan UGM, Pratama Adi (2018) jentik nyamuk akan berubah menjadi nyamuk dewasa dalam waktu 7 – 10 hari. Sehingga jika anda memanennya setelah 7 hari ditakutkan jentik nyamuk yang anda panen sudah berubah menjadi nyamuk dewasa. Waktu terbaik dalam memanen hasil budidaya jentik nyamuk anda adalah pada umur 3-4 hari.

Jika dirasakan jentik nyamuk sudah berkurang hasilnya, maka itu pertanda pupuk harus diperbarui lagi. Ada pula yang menambahkan batang /gedebog pisang yang sudah dicacah sebagai pemikat induk nyamuk. Demikialah dilakukan pembaruan pemupukan berulang ulang, bila dirasakan hasilnya sudah mulai berkurang.

Itulah sedikit tentang cara budidaya jentik nyamuk untuk pakan ikan, semoga tulisan saya ini jelas dan mudah dipahami sehingga dapat langsung anda praktekkan di rumah.

Related Posts

Add Comment