Cara Budidaya Kutu Air dengan Sayuran yang Mudah dan Praktis

Cara Budidaya Kutu Air dengan Sayuran yang Mudah dan Praktis

Nusabudidaya – Bagi para sebagian orang kutu air sangat mengganggu dan menyebabkan infeksi kulit, namun bagi para pecinta ikan keberadaan kutu air sangat menguntungkan. Sebab mampu digunakan untuk pakan ikan dan mengandung 60% protein dan 5% lemak yang baik untuk tumbuh kembang ikan. Cara budidaya kutu air sangat mudah bahkan tanpa harus membeli bibit untuk mengembangkannya.

Ada beberapa cara budidaya kutu air yang bisa dilakukan dengan beberapa media yang bisa coba seperti kotoran ayam, ampas kelapa hingga budidaya kutu air dengan sayuran pun bisa dilakuan untuk mendatangkan ribuan kutu air. Nah, bagi Anda yang penasaran mengenai budidaya kutu air dengan sayuran berikut adalah cara budidaya kutu air dengan sayuran yang baik dan benar.

Cara Budidaya Kutu Air dengan Sayuran Paling Mudah dan Praktis

  1. Salah satu jenis sayuran yang paling mudah untuk mendatangkan kutu air adalah bunga kol. Pilihlah bunga kol yang telah busuk, sebab jenis bunga kol yang telah busuk dapat dengan mudah mendatangkan kutu air dibanding dengan bunaga kol yang masih segar.
  2. Langkah budidaya kutu air dengan sayuran selanjutnya yaitu menyiapkan wadah atau tempat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jumlah ikan yang Anda miliki. Jika hanya membutuhkan sedikit kutu air untuk pakan ikan Anda bisa menggunakan wadah yang lebar dan panjang, namun jikalau budidaya ikan banyak atau ingin ternak kutu air Anda bisa menggunakan kolam terpal atau semen panjang dan lebar guna membudidayakannya.
  3. Selanjutnya isi air yang telah diendapkan secukupnya pada wadah atau tempat dengan bentuk melebar dan memanjang.
  4. Setelah itu masukkan bunga kol ke dalam endapan air yang telah disiapkan sebelumnya. Jangan lupa untuk menutup wadah atau tempat yang Anda gunakan untuk membudidayakan kutu air agar tak mendatangkan jentik nyamuk.
  5. Setelah itu barulah Anda menunggu endapan selama 1 minggu supaya air berubah menjadi warna hitam. Namun jikalau endapan tersebut Anda biarkan dalam rentan waktu lebih dari 1 minggu maka akan kembali putih dan ribuan kutu airpun mulai bermunculan.
  6. Langkah terakhir adalah memanen, Anda bisa mengambil kutu air mengunakan saringan yang halus khusus kutu air dan bisa langsung diberikan kepada burayak atau anak ikan agar tumbuh besar dengan cepat dan lincah.

Itulah ulasan mengenai cara budidaya kutu air dengan sayuran yang bisa Anda coba, jikalau menginginkan ikan mendapatkan pakan yang sehat dan tumbuh dengan lincah. Selain dapat dimanfaatkan sendiri Anda juga bisa menjual kutu air kepada para pecinta ikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Related Posts

Add Comment