Cara Budidaya Mentimun Pada Lahan Sawah yang Benar Terbaru

Budidaya Mentimun Pada Lahan SawahNusabudidaya – Banyak sekali cara untuk meningkatkan taraf hidup para petani yaitu dengan memanfaatkan lahan sawah secara efektif dan efisien untuk membudidayakan suatu jenis tanaman tertentu. Salah satunya adalah budidaya mentimun pada lahan sawah.

Selain memiliki waktu yang pedek sekitar 1 bulan untuk mencapai masa panen, membudidayakan buah mentimun juga memiliki banyak sekali keuntungan. Sebab selain digunakan sebagai sayuran, buah mentimun juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh manusia serta tak jarang juga digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat produk kecantikan tertentu.

Sayangnya dari segudang keuntungan dan kemudahan dalam membudidayakan buah mentimun, banyak petani Indonesia yang belum mengetahui cara budidaya mentimun pada lahan sawah yang baik dan benar, sehingga seringkali para petani mengalami kerugian hingga gagal panen. Nah, sebelum memutuskan untuk menggunakan lahan sawah untuk menanami buah mentimun, pahami terlebih dahulu tips budidaya mentimun pada lahan sawah secara tepat berikut ini.

Cara Budidaya Timun Pada Lahan Sawah yang Baik dan Benar

Sebelum menerapkan trik budidaya mentimun di lahan sawah, perhatikan terlebih dahulu media tanah yang akan ditanami, upayakan untuk menyediakan lahan sawah dengan jenis tanah gambut serta mengandung banyak humus. Selain itu juga tanah yang memiliki tekstur mudah diresapi oleh air sehingga membantu proses perkembangan buah mentimun.

Nah, jika Anda menginginkan hasil yang optimal bisa mencoba memanfaatkan lahan sawah saat musim kemarau, sebab buah mentimun ini akan sedikit terhambat saat musim hujan tiba. Bagi yang belum mengetahui cara budidaya mentimun di lahan sawah, berikut adalah tips bdidaya mentimun yang bisa Anda coba terapkan agar hasilnya melimpah dan untung besar.

  1. Buatlah bedengan dengan ukuran 90 cm x 30 cm, setelah itu buatlah saluran air dengan lebar kurang lebih 70 cm
  2. Kemudian buatlah lobang atau cowakan untuk memasukan pupuk organik yang sudah matang guna membantu menyuburkan tanaman mentimun.
  3. Nah, setelah itu barulah Anda bisa membuat lobang kecil sesui dengan jumlah biji yang Anda ingin tanam, upayakan untuk memberikan 2-3 biji disetiap lubang.
  4. Supaya pertumbuhan tanaman tak terganggu Anda bisa mengatur penyiangan secara efektif
  5. Upayakan unuk mengatur pemberian air yang harus selalu ada pada setiap saluran, namun perlu Anda ingat bahwa pemasangan air ini dilakukan jikalau sulur pada tanaman mentimun sudah terlihat muncul.

Demikianlah uraian singkat mengenai cara budidaya mentimun lahan sawah yang bisa Anda coba terapkan. Namun, perlulah mewaspai penyakit atau hama yang kerap menyerang tanaman ini. Cara efektif yang bisa dilakukan yaitu dengan menyemprotkan inseksida pada tanaman ini. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Add Comment