Cara Budidaya Pisang 40 Hari agar Cepat Panen dan Untung Besar

Cara budidaya pisang 40 hari sebetulnya sama layaknya pisang pada umumnya, hanya saja masa panen pada jenis pisang ini lebih singkat dibanding dengan masa panen buah pisang pada umumnya. Biasanya waktu yang dibutuhkan buah pisang dari berbunga sampai masa panen kurang lebih selama 2-3 bulan, tetapi lain halnya dengan buah pisang 40 hari ini, jenis pisang ini hanya membutuhkan waktu sebulan lebih 10 hari saja dari masa berbunga hingga panen, tak heran jikalau banyak orang menyebut pisang ini pisang 40 hari.

Mengapa Menggunakan Pisang 40 Hari?

Melakukan budidaya pisang 40 hari ini memiliki prospek yang sangat cerah. Pertama dikarenakan buah ini merupakan salah satu komoditas yang banyak peminatnya sehingga hasil panennya dapat terjual semua dan tidak ada yang terbuang. Sebab kedua adalah karena harganya stabil, anda tidak pernah melihat harga buah ini turun secara drastis di pasaran yang ada justru dari waktu ke waktu buah pisang harganya makin naek secara perlahan. Ketiga, karena panennya relatif cepat maka dalam 40 hari saja anda sudah mendapatkan hasil penjualan dari budidaya anda sehingga keuntungan yang didapatkan tidaklah sedikit.

Tak hanya masa panen saja, namun ciri fisik dari pohon hingga buah pisang 40 hari ini sedikit berbeda dengan pisang pada umumnya. Pisang buah ini memiliki tinggi pohon hanya 2 meter saja dengan bentuk buah yang oval dan gemuk diselimuti dengan kulit yang tipis serta memiliki rasa manis dan berbau harum. Rasanya yang enak dan masa panen yang singkat tak heran jikalau banyak orang yang ingin mengetahui tips penanaman pisang 40 hari agar cepat panen.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, tentunya langkah budidaya pisang 40 hari ini juga harus dilakukan dengan cara yang tepat juga. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara budidaya pisang 40 hari, berikut ulasannya untuk Anda

Tahapanan Budidaya Pisang 40 Hari

Tahapan yang harus dilakukan untuk membudidayakan pisang jenis ini sama seperti varietas pisang lainnya. Langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut ini :

  1. Mempersiapkan lahan

Buatlah lubang dengan jarak antar lubang 2×2 meter hingga 4×4 meter. Setelah itu buatlah lubang dengan kedalaman 50 x 50 x 50 cm dan bersihkan dasi sisa-sia akar tanaman lain. Tambahkan 3 hingga 4kg pupuk kandang pada setiap lubang dan tunggu selama 20 hingga 30 hari.

  1. Mempersiapkan Bibit

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk penyediaan bibit, seperti perbanyak bibit dengan anakan, melalui kultur jaringan atau menggunakan mini bit. Namun, dari ketiga cara penyediaan bibit ini memperbanyak bibit dengan anakan induk pisang yang telah melalui masa panen yang banyak di pilih. Sebab, selain mudah bibit juga mudah untuk didapatkan

  1. Menaman Bibit

Upayakan untuk memilih waktu yang tepat saat menanam bibit pisang 40 hari ini, sebab pada masa awal penanaman bibit pisang membutuhkan banyak sekali air untuk membantu pertumbuhan. Maka dari itu jika Anda menginginkan hasil yang optimal pilihlah waktu pada masa awal musim, hujan tiba.

  1. Cara penanaman bibit pisang 40 hari

Langkah pertama masukkan bibit pisang 40 hari ke dalam lubang yang telah disiapkan, selanjutnya urug dan padatkan menggunakan tanah bekas galian secara merata. Supaya memudahkan saat proses menanam upayakan untuk mengatur jarak antar lubang yang bisa disesuaikan dengan jenis variates pisang yang dipilih.

Membuat Pisang Berbuah Dua Kali Agar Untuk Berlipat

Agar usaha budidaya pisang 40 hari anda semakin memberikan keuntungan yang lebih besar, anda bisa membuat pohon pisang anda untuk berbuah dua kali. Cara membuat pisang berbuah dua kali ini pun tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan oleh semua orang. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Langkah awal yang harus anda lakukan adalah membersihkan batang pohon pisang dari pelepah pisang yang mengering.
  2. Kemudian, pada batang pisang tersebut dibuat lubang pada tengah-tengahnya dengan ukuransekitar 8 x 12 cm. Kedalaman lubang disesuaikan hingga hati pohon pisang terlihat.
  3. Jika semuanya berjalan dengan lancar, akan tumbuh kembang hati pohon pisang dalam waktu 4 hingga 5 hari.
  4. Kembang hati pohon pisang ini kemudian akan tumbuh menjadi buah yang bisa kita panen dalam waktu 40 hari.

Menggunakan varietas pohon pisang yang cepat berbuah dan membuatnya dapat berbuah dua kali merupakan salah satu trik jitu agar usaha budidaya pisang anda sukses sehingga menghasilkan keuntungan besar.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *