Cara Budidaya Tanaman Hias Mawar

bunga mawarCara Budidaya Tanaman Hias Mawar – Tanaman hias mawar tumbuh subur di daerah beriklim sedang. Namun, beberapa kultivar bunga mawar yang merupakan hasil metode grafting dapat di budidayakan di daerah beriklim subtropis hingga daerah beriklim tropis. Pada proses perawatan yang perlu anda perhatikan adalah pemberian asupan air dan nutrisi.

Nutrisi dapat diberikan dengan cara memberikan pupuk organik atau bisa juga pupun kimia (anorganik). Perlu juga melakukan penyiraman secara rutin pada pagi dan sore hari. Jika kondisi tanah sudah terlalu padat, maka anda perlu melakukan penggemburan tanah, karena tanah yang padat akan menguangi peresapan air maupun zat pupuk yang dibutuhkan bunga mawar,

Ketika tanaman mawar sudah terlihat rimbun, jangan lupa untuk memangkas beberapa dahan dari tanaman tersebut. Tujuannya adalah untuk memunculkan dan memperbanyak bunga. Kemudian, apa yang terpenting adalah jangan lupa untuk membersihkan pot bunga dari rumput atau gulma yang mengganggu. Budidaya tanaman hias mawar dapat di bagi menjadi beberapa masalah yaitu pembibitan, media tanam, penanaman, penyiraman, pemupukan dan perkembangbiakan.

Pembibitan

Hal pertama dan utama yang perlu anda perhatikan dalam budidaya tanaman mawar adalah masalah pembibitan. Bibit bunga mawar yang akan ditanam harus bibit yang baik. Oleh sebab itu, saat membudidayakan bunga mawar maka pemilihan bibit tanaman mawar ini perlu anda perhatikan dengan baik sebelum menanam bunga ini. Pilih bibit tanaman mawar yang memiliki kualitas terbaik, biasanya bibit yang baik adalah bibit yang sudah disertifikasi.

Bibit bunga mawar yang ditanam bisa diperoleh dari dua cara yaitu bibit stek dan bibit tanaman yang sudah cukup dewasa. Kedua jenis bibit tersebut bisa dengan mudah anda dapatkan di berbagai toko tanaman hias yang ada disekitar tempat tinggal anda.

Media Tanam

Media tanam yang bagus untuk budidaya tanaman mawar adalah tanah yang berwarna hitam dan gembur atau campuran dari tanah biasa dan humus. Setelah itu siapkan juga pupuk kompos secukupnya. Penggunaan pupuk dan tanah juga harus disesuaikan dengan jenis bunga mawar yang anda tanam. Sebagai contoh untuk bunga mawar candy pink dan bunga mawar merah sebaiknya menggunakan campuran tanah biasa, humus dan pupuk kandang. Perbandingannya adalah 2:2:1, yakni tanah 2, humus 2 dan pupuk kandang 1.

Tanaman hias mawarPenanaman Bunga

Tanaman hias mawar sebaiknya ditanaman di dalam pot atau di polybag. Keuntungan melakukan budidaya tanaman mawar di polybag atau pot adalah kesuburan media tanamnya mudah dikontrol. Selain itu, anda bisa memindahkan bunga mawar tersebut sesuai dengan kemauan anda.

Jika anda menanam tanaman bunga mawar hanya untuk mempercantik halaman rumah dan tidak ada niat untuk membudidayakannya, maka sebaiknya anda menggunakan pot karena selain bentuknya lebih indah dari polybag, pot juga lebih awet dibandingkan polybag.

Anda bisa langsung menanamkan bibit bunga mawar yang sudah anda siapkan ke dalam wadah tanam yang telah berisi media tanam campuran tanah, humus dan pupuk kandang. Setelah bibit tanaman mawar ditanam, anda harus menyiram media tanam tersebut secukupnya. Penyiraman yang berlebihan akan membuat bibit yang masih kecil menjadi busuk dan mati.

Penyiraman

Penyiraman harus dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu pagi atau sore dalam sehari jika cuaca sedang panas. Lakukan penyiraman sekali pada pagi hari saja ketika cuaca tidak panas. Jika kondisi cuaca sedang hujan setiap hari dan tanaman hias mawar terneka air hujan secara langsung, maka pada waktu pagi disarankan menyemprot daun serta bunganya dengan air biasa.

Air hujan bersifat agak keras khususnya untuk tanaman bunga mawar. Jika disimpan pada tempat yang mengadaptasi konsep rumah kaca, misalnya dibawah naungan kanopi, cukup disiram dua hari sekali apabila sedang musim hujan.

Pemupukan

Pemupukan juga penting dilakukan dalam budidaya tanaman bunga mawar. Pemupukan dilakukan untuk menyuburkan tanaman mawar anda sehingga bisa berkembang lebih cepat sehingga masa panen bunga mawar menjadi lebih singkat. Pupuk yang paling baik adalah pupuk kandang atau pupuk alami yang dihasilkan dari kotoran hewan.

Jika anda kesulitan mendapatkan pupuk jenis tersebut anda bisa menggunakan pupuk NPK yang banyak dijual di toko tanaman hias. Yang penting pupuk yang kita gunakan mengandung unsur hara utama, unsur hara tersebut meliputi nitrogen yang membantu pertumbuhan vegetatif terutama daun, fosfor yang membantu pertumbuhan akar dan tunas, serta kalium yang dapat membantu pembungaan dan pembuahan.

Penggunaan pupuk NPK ini tidak boleh terlalu sering. Jangan pula banyak memberikannya terlalu banyak karena jika over dosis, tanaman mawar anda bisa menjadi kering dan akhirnya mati. Untuk setiap tanaman, cukup diberikan sebanyak 10-20 butir NPK dan dilakukan minimal setiap sebulan sekali dan maksimal setiap 2 minggu sekali. Pemupukan bisa dilakukan dengan cara penaburan di atas media tanam pada sekitar batang yang menancap ke media tanam tersebut. Pemberian yang paling bagus adalah dengan mencairkannya terlebih dahulu kemudian disiramkan.

Perkembangbiakan

Perkembangbiakan tanaman mawar dapat dilakukan dengan ara stek. Stek mawar dilakukan pada tangkai mawar yang sudah tua dengan memotongnya sepanjang 4-6 cm menggunakan alat potong yang tajam dan bersih.

Media tanam yang digunakan untuk penanaman hasil stek bunga mawar adalah tanah urni. Jangan gunakan pupuk apapun karena tanah yang mengandung pupuk dapat mengambat pertumbuhan batang mawar yang di stek. Setelah akar tumbuh anda bisa memindahkannya ke polybag yang berisi media tanam campuran tanah dan pupuk.

Itulah cara budidaya tanaman hias mawar, melakukan budidaya tanaman ini sebenarnya sangat menguntungkan karena peminatnya yang banyak dan mudahnya dalam perawatan.

Related Posts

Add Comment