Cara Melebatkan Daun Bonsai Cemara Udang

Cemara udang (Casuarina equisetifolia) merupakan salah satu jenis pohon cemara yang kerap dijadikan bonsai. Tanaman ini memiliki berbagai syarat sebagai sebuah bonsai yang berkualitas tinggi diantarana adalah memiliki batang yang besar, daun yang kecil dan dapat tumbuh dengan baik pada sebuah pot. Sehingga menghasilkan sebuah pohon mini yang bentuknya secara keseluruhan mirip dengan yang ada di habitat aslinya.

Sekilas Tentang Tanaman Cemara Udang

Cemara udang dikenal oleh orang luar sebagai Australian pine karena banyak dari tanaman ini terdapat di Australia Utara. Selain di Australia Utara, persebarannya ada di Asia Tenggara dan Kepulauan Pasifik termasuk Indonesia. Ia juga merupakan spesies infansif yang ditemukan di Brazil, Florida dan India.

DI habitat alaminya pohon cemara udang dapat tumbuh hingga setinggi 35 meter. Ia memiliki ranting-ranting hijau yang berukuran kecil dengan banyak cabang ranting yang berukuran 0,5 – 11 mm. Memiliki bunga berukuran kecil yaitu 0,7 – 4 cm, sayangnya saat dijadikan bonsai cemara udang jarang bisa mengeluarkan bunga. Buahnya berbentuk oval dengan panjang 10 – 24 mm dan berdiameter 9 – 13 mm.

Begini Cara Melebatkan Daun Bonsai Cemara Udang

Untuk melebatkan daun bonsai cemara udang sebenarnya bukan pekerjaan yang sulit. Hal pertama yang menyebabkan bonsai anda tumbuh tidak baik biasanya adalah masalah pengkawatan. Masih banyak pemula yang terlalu kencang saat mengkawat bonsai, hal tersebut menyebabkan floem dan xilem tersumbat.

Bahkan ada juga yang karena habis diplintir ke kiri lalu didekatnya diplitir lagi ke kanan, menyebabkan floem dan xilemnya rusak sehingga daun dan ranting bonsai di bagian tersebut akan mengering dan akhirnya mati. Perlu diketahui bahwa floem dan xilem merupakan sebuah saluran pembawa nutrisi dari tanah dan hasil fotositesis dari daun, sehingga jika sampai saluran ini bermasalah pertumbuhan tanaman tidak dapat berlangsung secara normal.

Beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk melebatkan daun bonsai cemara udang adalah masalah pupuk dan pemotongan daun. Jika kandungan unsur hara yang terdapat di dalam media tersedia maka otomatis tanaman akan tumbuh subur sehingga daunnya lebat.

Media yang baik untuk bonsai cemara udang adalah campuran pasir dan kompos dengan perbandingan 3 : 2. Selain itu sebaiknya dalam waktu 2 bulan sekali anda memberi pupuk kepada bonsai anda. Pupuk yang saya sarankan adalah POC (Pupuk Organik Cair), dikarenakan cara pemberiannya yang mudah dan mudah didapatkan. Selain itu, didalamnya tidak terdapat zat-zat kimia yang dalam jangka panjang dapat merugikan tanaman.

Pemotongan cabang dan daun perlu dilakukan selain untuk melebatkan daun juga agar bonsai cemara udang memiliki bentuk sesuai yang kita inginkan. Potonglah cabang – cabang yang ada dan sisakan 2 – 3 cabang utama saja yang akan membentung ranting-ranting baru. Ranting – ranting ini pun harus rutin anda pangkas agar daun bisa tumbuh lebat.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *