Cara Membasmi Hama Thrips Pada Cabai Rawit

Cara Membasmi Hama Thrips Pada Cabai Rawit – Hama thrips merupakan hama yang berukuran kecil. Thrips yang telah dewasa memiliki panjang sekitar 1 mm. Warna hama ini kuning coklelat kehitaman. Binatang kecil ini berkembang biak secara partenogenesis, tanpa pembuahan sel telur. Serangga ini meletakkan telurnya dipermukaan daun secara terpencar.

Walau ukuran hama ini kecil, tetapi kerusakan yang bisa ditimbulkan hama ini tidak bisa dianggap enteng, serangan parah dari hama thrips dapat menyebabkan kematian tanaman cabai. Hama ini menyerang dengan cara menghisap cairan pada tanaman.

Hama thrips menyerang daun tanaman cabai rawit terutama daun daun yang masih muda. Serangga ini kadang kadang juga berperan sebagai vektor (penularan penyakit yang disebabkan oleh virus) terutama dari bagian air liurnya.

Hama ini biasanya aktif pada sore hari, jika terkena cahaya matahari dengan intensitas tinggi thirps akan mengalami kematian.

Ledakkan populasi hama thrips ini terjadi pada musim kemarau. Jika terjadi hujan lebat, jumlahnya akan berkurang dengan sendirinya. Penyebaran hama ini berlangsung cepat atas bantuan angin ataupun manusia.

Pada daun yang terserang hama thrips mula mula timbul bintik bintik putih keperakan, mirip bekas tusukan jarum. Noda yang tak beraturan ini akibat dimakan serangga tersebut. Beberapa waktu kemudian, noda tersebut berubah warna menjadi cokelat tembaga. Akibat selanjutnya, daun yang terisap cairannya akan keriput dan mengulung ke atas. Helaian daun dan pucuk yang terserang akan mengeriting, berwarna cokelat dan akhirnya mati.

Seperti halnya kutu daun, membasmi hama ini bisa dengan menyemprotkan insektisida. Jenis insektisida yang dapat digunakan antara lain Pegasus 500 SC, Mesurol 50 WP, Endosulfan 25 EC, Agrimec 18 EC, Decis 2,5 EC dan sebagainya. Selain itu juga bisa disemprot dengan larutan sabun cair pencuci piring yang diencerkan dengan air. Gunakan dosis yang sama seperti saat membasmi kutu daun atau semut yaitu 1 sendok teh diencerkan dengan 1 liter air.

Harus diingat bahwa campuran larutan ini harus pas jika terlalu encer tidak mematikan hama dan bila terlalu pekat justru akan mematikan tanaman cabai rawit yang anda pelihara.

Related Posts

Add Comment