Cara Memberi Pupuk NPK Pada Tanaman Cabe Merah

Cara Memberi Pupuk NPK Pada Tanaman Cabe MerahCara Memberi Pupuk NPK Pada Tanaman Cabe Merah

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana sih cara melakukan pemupukan untuk tanaman cabe merah. berikut caranya :

Memberi Pupuk Ke 1

Satu minggu setelah tanam, setiap tanaman di beri pupuk NPK sebanyak tiga sendok makan. Pupuk NPK ini tidak langsung diberikan kepada tanaman cabe merah, tetapi dilarutkan di dalam air terlebih dahulu. Biasanya dalam satu liter air dilarutkan sebanyak 40 g pupuk NPK. takaran satu sendok makan berbobot sekitar 10 g. jadi setiap tanaman memerlukan 0,75 liter air untuk melarukan NPK sebanyak tiga sendok makan.

Sementara itu, ke dalam larutan pupuk tersebut ditambah pupuk daun yang kandungan N dan Knya tinggi. Sebelum digunakan, pupuk daun ini juga harus dilarutkan dulu ke dalam air. Takaran yang digunakan adalah 3 g pupuk daun dilarutkan ke dalam 1 liter air. Dalam larutan pupuk NPK tersebut ditambahkan pupuk daun sebanyak 2,25 g atau kira kira setengah sendok teh.

Memberi Pupuk ke II

Setelah berumur tiga minggu, setiap tanaman cabe merah diberi lima sendok pupuk NPK yang dilarutkan ke dalam 1,25 liter air. Sebelum diberikan ke tanaman, larutan tersebut perlu ditambahkan  pupuk daun sebanyak 5,25 g atau sekitar 1,25 sendok teh.

Memberi Pupuk ke III

Setelah berumur 5 minggu, setiap tanaman cabe merah diberi 15 g campuran pupuk urea, TSP dan KCL dengan perbandingan 2:2:1. Takaran ini sebanding dengan 1,5 sendok makan. Campuran pupuk ini dapat langsung diberikan tanpa dilarukan di air terlebih dahulu.

Memberi Pupuk ke IV

Setelah berumur tujuh minggu, tanaman diberi pupuk daun seperti pada pemupukan awal yang ditambah dengan pupuk daun yang kandungan Pnya tinggi sedangkan K-nya rendah. Kedua jenis pupuk ini dicampur dengan perbandingan satu bagian pupuk daun yang Pnya tinggi dan tiga bagian pupuk daun yang Nnya tinggi. Untuk setiap tanaman cabe merah diperlukan 3 g campuran pupuk yang dilarutkan dalam satu liter air

Memberi Pupuk ke V

Setelah berumur sembilan minggu (biasanya tanaman cabe merah sudah mulai berbunga), tanaman diberi campuran pupuk daun seperti pemupukan ke IV dengan perbandingan 1:1. Dari campuran kedua pupuk ini diambil 3 g dan dilarutkan ke dalam satu liter air.

Memberi Pupuk ke VI

Setelah berumur 13 minggu, tanaman diberi campuran pupuk urea TSP, dan KCL dengan perbandingan 2:2:1. Cara pencampurannya seperti pada pemupukan III. Dari campuran ini diambil 20 g untuk pemupukan satu tanaman. Pemberian campuran pupuk ini dengan cara dibenamkan ke dalam tanah.

Selain campuran pupuk tersebut, diberi juga campuran pupuk daun seperti pemupukan IV. Dari campuran ini, diambil 30 g dan dilarutkan ke dalam satu liter air. Cara pemberian campuran pupuk daun ini dilakukan dengan penyemprotan langsung ke tanaman.

Memberi Pupuk ke VII 

Setelah berumur 17 minggu, setiap tanaman hanya diberi pupuk daun yang kandungan Pnya tinggi. Takaran yang digunakan adalah 3 g dilarutkan dalam satu liter air. Cara pemberiannya dilakukan dengan penyemprotan langsung ke tanaman.

Memberi Pupuk ke VIII

Setelah memasuki umur 21 minggu, tanaman diberi campuran pupuk urea, TSP, dan KCL dengan perbandingan 2:2:1. Dari campuran ini diambil 30 g untuk diberikan kepada setiap tanaman. Selain itu ditambahkan pupuk daun yang kandungan Pnya tinggi sebanyak 3g yang dilakukan ke dalam satu liter air.

Pemupukan selanjutnya

Setelah melewati masa pemupukan ke VIII, tanaman tetap diberi pupuk seperti pemupukan ke VIII ditambah dengan pupuk daun yang Pnya tinggi dan Nnya tinggi sebanyak 10 g dan dilarutkan ke dalam 10 liter air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *