Cara Memberi Pupuk Pada Tanaman Cabe Merah

Cara Memberi Pupuk Pada Tanaman Cabe MerahCara Memberi Pupuk Pada Tanaman Cabe Merah

Cara memberi pupuk yang dilakukan oleh petani di berbagai daerah di Indonesia cenderung berbeda satu sama lain. Pemupukan di bedakan menjadi 2 macam yaitu pemupukan dasar dan pemupukan susulan. Pemupukan dasar adalah pupuk yang diberikan pada awal masa pengolahan tanah dan sebelumlahan mulai ditanami cabe sedangkan pemupukan susulan, yaitu pemupukan yang dilakukan setelah ppemupukan dasar. Ada beberapa acuan untuk cara pemupukan susulan. Salah satunya adalah sebagai berikut.

  1. Pemupukan Dasar

Pemupukan dasar dilakukan pada awal masa tanam, pemupukan dasar bisa dilakukan dengan menggunakan campuran pupuk organik dan anorganik.

  1. Pemupukan susulan 1

Pupuk nitrogen (N) diberikan pada hari ke 14, cara pemberiannya, pupuk ditebar dalam garitan (barisan tanam) di sekelilingi batang(kira kira 5 cm jaraknya dari batang tanaman), kemudian tebaran pupuk ditutup tanah (supaya pupuk tidak mudah menguap ke udara).

  1. Pemupukan susulan 2

Pupuk nitrogen (N) diberikan pada hari ke 28 dalam garitan di seklilingi batang (kira kira 10 cm jaraknya dari batang tanaman), kemudian tebaran pupuk ditebar tanah

Dosis pupuknya
– Pupuk dasar : Pupuk organik berupa pupuk kompos atau pupuk kandang atau pupuk cascing sebesar 10-20 ton/ha (lahan lama) atau 20-30 ton/ha (lahan baru), TSP 150 kg/ha. KCL 75 kg/ha
– Pupuk susulan 1 : Urea 125 kg/ha
– Pupuk susulan 2 : urea 125 kg/ha

Cara diatas adalah pemupukan yang digunakan menggunakan campuran pupuk organik dan anorganik. Jika anda menginginkan untuk mengganti pupuk menjadi full pupuk organik anda dapat melakukannya dengan mengganti pupuk an organik dengan pupuk organik cair.

Carilah pupuk organik cair yang mikrobia di dalamnya cocok untuk ditanami cabe, dosis penggunaan pupuk organik cair disesuaikan dengan yang ada pada kemasan. Untuk penggunaan pupuk cair ini pertama dilakukan pengenceran pupuk ke dalam air. Kemudian pupuk yang telah diencerkan disemprotkan ke dalam tanaman cabe.

Penggunaan pupuk organik dapat meningkatkan nilai jual tanaman cabe, selain itu tanaman cabe yang anda miliki akan lebih sehat dibandingkan dengan menggunakan pupuk anorganik. Hanya saja resiko gagal panen akan menjadi lebih tinggi selain itu ongkos produksi juga akan menjadi lebih tinggi.

Saya sendiri lebih merekomendasikan menggunakan pupuk anorganik daripada pupuk organik untuk penanaman tanaman cabe. Karena kesulitas menanam cabe secara organik cukup tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *