Cara Membuat Bakalan Bonsai Beringin

Cara Membuat Bakalan Bonsai Beringin – Bonsai memiliki daya keindahan yang memikat semua orang. Keindahan bonsai bisa didapatkan dari perlakukan paling awal dari sebuah penanaman. Perlakuan paling awal berkaitan dengan bakalan. Bakalan merupakan titik awal bagaimana seseorang menciptakan bonsai.

Dari berbagai jenis bonsai, bonsai beringin merupakan salah satu yang paling digemari dan memiliki nilai ekonomis tinggi. Banyak para pakar yang mengatakan bahwa tanaman ini merupakan yang terbaik untuk dijadikan pohon mini. Sebabnya adalah ia memiliki daun yang berukuran kecil dan batang yang besar sehingga dapat dibuat pohon mini yang bentuknya identik seperti yang ada di alam.

Anda bisa mencoba membudidayakan bakalan bonsai beringin dan kemudian menjualnya. Peluang usaha dalam budidaya bakalan bonsai beringin cukup baik karena peminat dari bonsai ini cukup tinggi dan yang membuatnya pun tidak terlalu merepotkan. Setelah selesai,  anda bisa memasarkan bakalan bonsai beringin hasil budidaya anda di online market seperti bukalapak dan tokopedia.

Untuk membuat sebuah bakalan bonsai cara yang digunakan tergantung jenis tanaman yang akan kita buat sebagai bonsai. Hal ini tentu saja mengikuti sistem perkembang biakan yang sudah ada pada tanaman yang akan dijadikan bakalan bonsai. Untuk tanaman beringin sendiri tehnik pembuatan bakalannya bisa menggunakan 2 cara yaitu teknik cangkok dan menggunakan biji.

Walau begitu, jika anda memiliki tujuan untuk melakukan budidaya demi dijual kembali maka saya lebih merekomendasikan pembuatan bakalan bonsai beringin menggunakan  teknik cangkok. Ada 2 hal mengapa saya tidak merekomendasikan dengan biji, yang pertama dikarenakan biji dari pohon beringin cukup susah didapatkan.

Selain itu, untuk membuat bakalan bonsai dari biji maka anda membutuhkan waktu yang lama. Memang sih, jika menggunakan biji biasanya didapatkan hasil yang lebih memuaskan. Hanya saja menurut saya dari segi waktu tidak efisien. Apalagi harga jual antara bakalan bonsai beringin yang dibuat dengan biji tidak berbeda terlalu jauh dibandingan dengan yang dari cangkok.

Pencangkokan adalah satu satu teknik pembiakan tanaman. Pencakokan ini bertujuan untuk memperbanyaka tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya. Selain beringin anda bisa membuat bakalan bonsai pohon asem, sawo dan jambu biji menggunakan teknik ini.

Teknik pencangkokan banyak digunakan dalam menciptakan bakalan bonsai karena akar tanaman akan lebih cepat tumbuh dibandingkan dengan menggunakan biji. Bagian tanaman yang akan dicangkok merupakan dahan tanaman yang sudah berkayu dan kulitnya mudah mengelupas. Teknik mencangkok dilakukan dengan cara menguliti hingga bersih dan menghilangkan kambium. Kemudian dipindahkan ke media lain ketika akar sudah mulai tumbuh.

Setiap spesies beringin juga memiliki tingkat kesulitan tersendiri dalam pembuatan bakalannya, bagi anda yang masih pemula anda bisa mencoba beringin lokal sebagai awalan karena untuk membuat bakalan beringin ini tidak terlalu sulit.

Walau begitu harga dari bakalan bonsai lokal tidaklah terlalu mahal ada disekitaran 100 ribu rupiah untuk satu buahnya. Untuk bakalan bonsai yang paling mahal adalah jenis beringin dolar, satu ekor bakalannya di hargai diatas 250 ribu rupiah. Hanya saja perawatannya lebih sulit dari beringin lokal serta untuk mencari bibitnya anda perlu masuk ke hutan-hutan. Hal ini dikarenakan tanaman ini hanya dapat ditemukan didaerah hutan tropis indonesia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *