Cara Membuat Jamu Beras Kencur Untuk Dijual

Salah satu pengolahan hasil budidaya kencur, dengan cara membuat jamu beras kencur sebagai minuman penyegar sekaligus obat tradisional (jamu) yang memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan dan menghilangkan pegal linu. Beras kencur merupakan salah satu produk jamu yang cukup banyak peminatnya untuk dijual.

Cara Membuat Jamu Beras Kencur

Komponen utama dalam membuat jamu beras kencur adalah beras (yang dihaluskan) dan rimpang kencur serta beberapa rempah-rempah sebagai bahan tambahan pangan. Bahan-bahan lain yang biasa dicampurkan ke dalam racikan jamu beras kencur adalah biji kedawung, rimpang jahe, biji kepulaga, buah asam, temu kunci, kayu keningr, kunir, jeruk nipis dan buah pala. Rasa manis pada beras kencur berasal dari gula merah (gula kelapa atau gula aren) yang ditambahkan di dalamnya.

Cara pengolahan beras kencur, mula-mula kencur dihaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Kemudian beras disangrai dan ditumbuk sampai halus. Kedua bahan yang telah dihaluskan ini lalu dicampur, kemudian ditambah air panas yang baru mendidih sedikit demi sedikit. Asam jawa dan gula merah, masing-masing direbus dengan sampai tercampur. Tambahkan air asam jawa dan gula merah tersebut kedalam air campuran beras dan kencur sambil diaduk-aduk.

Sampai disini jamu beras kencur telah berhasil dibuat untuk dijual secara tradisional dalam bentuk cairan segar, baik di pasar-pasar umum maupun oleh penjual jamu keliling. Industri jamu sekarang mengembangkan beras kencur yang dikemas dalam bentuk konsentrat (sirop) dan juga dijual dalam bentuk bubuk kering instan tinggal menyeduh dengan air hangat atau air panas. Jamu beras kencur telah dikemas dalam bentuk bubuk, konsentrat dan minuman penyegar dalam kemasan kotak.

Manfaat Jamu Beras Kencur

Manfaat jamu ini telah banyak diketahui oleh banyak orang. Manfaat jamu beras kencur tidak bisa lepas dari kandungan yang ada didalamnya, antara lain protein, karbohidrat, minyak atsiri dan mineral.

Selain menyegarkan, minuman jamu beras kencur yang terasa enak ini memili berbagai manfaat, antara lain :

  1. Minyak atsiri yang dikandung rimpang kencur diklaim memiliki banyak senyawa bermanfaat. Senyawa ini berfungsi sebagai zat alergik yaitu zat yang memiliki kemampuan untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri.
  2. Ekspektoran yang ada didalamnya berfungsi untuk menyembuhkan batuk dengan cara mengencerkan dahak dan memudahkan keluarnya dahak.
  3. Diuretika, untuk memperlancar proses pengeluaran urine (air kencing).
  4. Carminativa, yaitu untuk membantu proses pengeluaran angin dari dalam perut akibat perut kembung atau masuk angin.
  5. Stimulansia, yaitu untuk membangkitkan atau memberikan rangsangan sehingga membuat orang yang meminumnya meras memiliki tambahan tenaga.
  6. Manfaat jamu beras kencur yang lain sebagai minuman pemnambah nafsu makan. Hal ini cukup efektif pada anak kecil, terutama anak yang kebanyakan susah makan.

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *