Cara Membuat Kunyit Bubuk di Rumah

Pada kesempatan ini saya akan membahas mengenai cara membuat kunyit bubuk. Rimpang kunyit dapat diolah menjadi berbagai produk, seperti rimpang kunyit kering atau kunyit gelondongan, irisan kunyit kering, kunyit bubuk dan Oleoresin. Mutu produk dari kunyit ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya yang sangat penting adalah cara penanganan bahan. Pengeringan merupakan salah satu tahap penting dalam proses pembuatan produk olahan kunyit.

Proses Pengeringan Kunyit

Proses pengeringan kunyit merupakan tahap awal yang sangat penting dalam cara membuat kunyit bubuk. Rimpang induk dan anak rimpang yang sudah bersih diberi perlakuan pemanasan pendahuluan (blanching), yaitu diuap dengan uap air atau mencelupkannya ke dalam air menddih. Rimpang-rimpang tersebut kemudian dipotong menjadi irisan tipis. Pemotongan ini boleh dilakukan secara manual ataupun dengan mesin, potonglah rimpang kunyit dengan ketibalan sekitar 3 mm.

Setelah dipotong tipis-tipis irisan kunyit kemudian dikeringkan, anda bisa mengerikan irisan kunyit dengan sinar matahari ataupun oven. Pengeringan menggunakan oven bisa memangkas waktu pengeringan tetapi biaya yang dibutuhkan untuk listrik dan pengadaan alat biasanya cukup besar. Sehingga jika anda membuat kunyit bubuk untuk bisnis skala kecil maka sebaiknya masalah pengeringan ini cukup dilakukan menggunakan sinar matahari.

Saat anda menjemur rimpang anda, gunakan seng sebagai alat kunyit. Penggunaan seng ini untuk mengoptimalkan panas yang datang dari sinar matahari sehingga pengeringan dapat berlangsung dengan cepat. Pastikan juga agar rimpang kunyit yang sedang tidak menumpun. Selama anda menjemur, bolak-balik lah rimpang kunyit setiap 3 jam sekali agar pengeringan merata. Proses penjemuran ini dilakukan selama  3 – 7 hari, tergantung dari cuaca.

Setelah dijemur hingga kering, kunyit perlu dilakukan sortasi untuk memisahkan bahan-bahan dari benda asing seperti kerikil, tanah atau kotoran-kotoran lainnya. Anda bisa menyimpan terlebih dahulu bahan ini atau langsung diproses untuk dibuat kunyit bubuk. Pada indusi skala besar, kunyit kering biasanyd diberi radiasi sinar gammar untuk mengawetkannya sehingga dapat tahan untuk disimpan selama 1 tahun.

Dalam melakukan penyimpanan kunyit kering ini perlu dijaga kelembapan dan suhu lingkungannya. Kondisi tempat penyimpanan tidak boleh lembap dan suhuhnya tidak melebihi 30º C. Hal ini bertujuan agar kunyit terhindar dari kontaminasi mikrobia ataupun hama gudang yang dapat menurunkan kualitasnya.

Membuat Kunyit Bubuk

Bahan baku untuk membuat kunyit bubuk adalah kunyit kering yang telah diiris tipis. Irisan kering digunakan untuk memudahkan dalam proses penggilingan. Kunyit yang digunakan sebagai bahan baku kunyit bubuk ini harus memenuhi syarat mutu yaitu kadar kurkumin yang tinggi, kadar air dan kotoran yang rendah serta kadar minyak atsiri yang rendah.

Dalam proses membuat kunyit bubuk ini dapat terjadi hilangnya sebagian komponen aromatik yang diakibatkan terbentuknya panas. Oleh karena itu, mesin penepungan perlu dilengkapi dengan kipas pendingin untuk mengatur suhu lingkungan sekitar mesin.

Cara membuat kunyit bubuk ini relatif mudah dan dapat dikerjakan pada skala industri rumah tangga. Langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut :

  1. Siapkan bahan baku berupa irisan rimpang kunyit kering.
  2. Pembersihan bahan baku dengan cara penyaringan dan pengembusan.
  3. Lakukan pengeringan kembali sampai kadar air kurang dari 9%.
  4. Penepungan menggunakan mesin penggiling sampai memiliki kehalusan standar (20 – 60 mesh).
  5. Kemas kunyit bubuk dalam kanton plastik yang rapat.

Hasil produk kunyit bubuk anda dapat dijual di pasar ataupun secara online. Kebutuhan akan kunyit bubuk di Indonesia cukup tinggi, salah satunya adalah digunakan sebagai bumbu masakan.