Cara Membuat Media Tanam Sayuran Organik

Cara Membuat Media Tanam Sayuran OrganikCara Membuat Media Tanam Sayuran Organik

Persiapan Media Tanam Untuk Sayuran Organik

Setiap tanaman sayuran organik, walaupun memiliki karakter yang berbeda beda, banyak kesamaan karakteristiknya. Perbedaan dan persamaan krakteristik tanaman biasanya berkaitan dengan cara menanam dan perawatannya. Kedua hal itu berhubungan erat dengan syarat tumbuh setiap tanaman. Ada tanaman sayuran yang membutuhkan suhu udara di bawah 25 C untuk tumbuh  berkembang ada pula tanman sayuran yang bisa tumbuh disegala medan tanpa dipengaruhi suhu udaranya. Kesemuanya itu berhubungan erat dengan karakteristik setiap tanaman sayuran yang akan kita tanam. Pengetahuan mengenai syarat tumbuh adalah langkah awal dalam menanam tanaman sayuran organik.

Bahan Media Tanam Sayuran Organik

Bahan bahan media tanaman yang akan kita gunakan untuk menanam sayuran organik harus sesuai denga  syarat dan tujuan media tanam sayuran organik seperti disebutkan sebelumnya. Bahan bahan media tanam sayuran organik cukup banyak jenisnya sehingga harus kita rinci satu persatu untuk menambah pengetahuan kita.

Bahan bahan organik cukup murah dan mudah karena banyak tersedia di alam. Membuatnya pun tidak membutuhkan peralatan yang mahal karena bahan organik ini tidak perlu diolah seperti bahan pabrikan.

  1. Tanah
    Tanah yang baik untuk media tanman sayuran organik adalah lapisan tanah bagian atas. Tanah seperti itu tidak terlalu berpasir dan tidak terlalu berlempung tetapi tetap gembur. Tanah yang berpasir memiliki kemampuan drainase yang baik dan cepat mengalirkan air. Sementara itu, tanah yang berlempung berfungsi untuk mencadangkan air
  2. Kompos
    Kompos adalah pupuk organik buatan manusia yang dibuat dari proses pembusukan sisa sisa bahan organik baik dari tanman maupun hewan. Kompos yang digunakan untuk media tanam sayuran organik adalah kompos padat.
    Fungsi utama kompos adalah sebagai penyedia unsur hara bagi tanaman. Selain itu, kompos juga bisa memperbaiki struktur fisik tanah dan meningkatkan kapasitas tukar kation.
  3. Humus
    Hampir sama dengan kompos, humus juga berfungsi meningkatkan unsur hara. Selain itu, humus juga bisa memperbaiki struktur fisik tanah dan meningkatkan kapsitas tukar kation. Humus bisa menggantikan fungsi kompos dan bisa didapatkan di hutan
  4. Arang Sekam
    Arang sekam berfungsi untuk meningkatkan kapasitas porositas tanah. Selain itu, arang sekam juga dapt memperbaiki struktur media tanam karena mempunyai partikel partikel yang berpengaruh pada pergerakan air, udara dan menjaga kelembapan.
    Dengan kemampuan tersebut, arang sekam dapat mentralisir keasaman tanah, menetralisir racun, meningkatkan daya ikan tanah terhadap air, merangsang pertumbuhan mikrobia yang menguntungkan bagi tanaman, menjadikan tanah gembur sehingga memperbaiki drainase dan aerasi tanah.
  5. Sabt kelapa
    Sabut kelapa sama seperti arang sekam, mempunyai kualitas yang baik untuk menciptakan porositas tanah. sabut kelapa bisa digunakan untuk mengganti arang sekam dan cocok digunakan di daerah yang kering dengan curah hujan yang rendah. Sabut diambil dari kulit kelapa yang sudah tua.

Cara Membuat Media Tanam Sayuran Organik

Ketika bahan bahan untuk membuat media tanam sayuran organik telah tersedia, kita bisa langsung membuat media tanam sayuran organik tersebut. Dalam membuat media tanam sayuran organik yang baik diperlukan tanah lapisan atas, bahan pengikat atau penyimpan air (arang sekam) dan penyedia unsur hara (kompos).

Beberapa langkah berikut ini cara Cara Membuat Media Tanam Sayuran Organik yang baik

  1. Siapkan media tanah bagian paling atas (permukaan)  yang gembur dan subur
  2. Saring tanah tersebut hingga menjadi butiran butiran halus
  3. Usahakan tanah dalam keadaan kering sehingga dapat tercampur secara merata
  4. Siapkan kompos yang telah matang
  5. SAring kompos tersebut sehingga menjadi butiran halus
  6. Siapkan arang sekam
  7. Campurlah tanah, kompos dan arang sekam dalam sebuah wadah dengan komposisi 2:1:1. Artinya, komposisi tersebut terdiri dari bagian tanah, 1 bagian kompos dan 1 bagian arang sekam.
  8. Aduk campuran bahan media tanam tersebut hingga merata
  9. Siapkan Wadah media tanam untuk menanam sayuran organik lalu masukkan campuran tersebut ke dalamnya
  10. Media tanam sayuran organik sudah siap ditanami tanaman

Untuk meningkatkan kualitas media tanam, sebaiknya disimpan dahulu selama satu minggu baru kemudian ditanami dengan bibit sayuran organik. Setelah penanaman, selanjutnya dilakukan perawatan sampai pada waktu panen terakhir. Selain untuk media tanam, media ini juga bisa digunakan untuk media pembibitan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *