Cara Membuat Pisang Berbuah Dua Kali

Pohon PisangCara Membuat Pisang Berbuah Dua Kali  – Pisang adalah salah satu jenis buah yang mudah ditemui dan hampir disenangi oleh semua lapisan masyarakat. Umumnya buah pisang akan memiliki kulit yang berwarna kuning yang menunjukkan bahwa pisang tersebut sudah masak, tetapi ada beberapa kelompok pisang lainnya yang memiliki kulit berwarna merah, ungu hingga hitam.

Banyak pepatah yang menyatakan bahwa pisang pantang untuk berbuah dua kali. Pernyataan  ini juga diperkuat lagi dengan bukti ilmiah bahwa sejatinya buah pisang tak akan bisa berbuah dua kali dalam satu pohon. Tetapi seiring perkembangnya teknologi dan inovasi masyakarat, kini setiap pohon pisang bisa berbuah dua kali dengan menggunakan teknik khusus. Penasaran bagaimana cara membuat pisang berbuah dua kali menggunakan teknik khusus? Berikut adalah ulasnnya untuk Anda

Trik Budidaya Pisang Berbuah Dua Kali dan Bahkan Bisa Lebih

  1. Langkah budidaya pisang berbuah dua kali yang pertama adalah dengan menyingkirkan dan membersihkan batang buah pisang dari pelepah pisang yang mengering dan sudah tua dari batang pohon pisang yang ingin dibuahkan dua kali
  2. Selanjutnya buatlah lubang pada tengah-tengah pohon pisang dengan ukuran 8x12cm dengan kedalaman yang cukup hingga hati pohon pisang tersebut terlihat.
  3. Setelah selesai membuat lubang cara budidaya pisang berbuah dua kali selanjutnya adalah dengan memantau dan memastikan tumbuh kembang hati pohon pisang selama 4 hingga 5 hari. Pada tahap ini pemantauan secara berkala harus terus di lakukan, sebab tahap ini digunakan untuk memastikan langkah selanjutnya
  4. Jikalau dalam tahap pemantauan hati pohon pisang mengalami pertumbuhan, maka segeralah Anda bengkokkan hati pohon pisang kearah keluar. Nah, untuk mencegah pertumuhan keatas di kemudian hari, bila perlu tambahkanlah tripek tepat diatas hati pohon pisang yang ingin Anda buahkan dua kali.
  5. Tunggulah beberapa saat hingga pohon pisang tumbuh bunga dan bunga tersebut berubah menjadi bakal buah kecil yang biasnya akan memiliki warna yang hijau. Supaya tips menanam pisang berbuah dua kali ini tak gagal, maka jangan lupa untuk menghilangkan bagian putih-putih pada bakal buah. Sebab keberadaan putih-putih pada bakal buah ini mampu menguras cadangan makan pada buah sehingga secara tidak langsung mampu menghambat tumbuh kembang pohon pisang tersebut.
  6. Supaya terhindar dari serangan hama dan penyakit buah lainnya, upayakan setelah pohon pisang memunculkan bakal buah, alangkah lebih baiknya jikalau bungkuslah menggunakan karung beras yang terbuat dari plastik.
  7. Meskipun untuk membuat pohon pisang berbuah dua kali membutuhkan teknik dan metode khsusus, tetapi tenang saja Anda tak harus melakukan perawatan khusus pula untuk membuat pohon pisang tersebut berbuah. Anda hanya perlu melakukan perawatan-perawatan sederhana layaknya menanam pisang pada umumnya, seperti menyiraminya, membersihkan pohon pisang dari gulma atau tanaman pengganggu, atau bila perlu semprotkan pestisida supaya terbebas dari hama dan penyakit lainnya.

Kini teknik dan metode budidaya pisang berbuah dua kali ini mulai dikembangkan dan dicoba di beberapa daerah untuk membuktikan kebenarannya. Banyak masyakarat yang menyebutkan bahwa penggunaan teknik atau metode ini bisa mempersingkat waktu berbuah pada pohon pisang. Disamping menghemat waktu tentunya kualitas produksi yang dihasilkan juga terbilang sehat dan baik.

Demikianlah ulasan mengenai cara menanam pisang berbuah dua kali yang bisa kami jabarkan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk Anda dalam menjalankan aktivitas budidaya pisang.

Related Posts

Add Comment