Cara Membuat Pot Bonsai Serasi

Pot BonsaiKeindahan bonsai akan semakin terasa istimewa dengan cara membuat pot bonsai serasi dengan tanaman yang kita kreasikan. Prinsip pemilihan pot harus menyesuaikan bentuk tanaman bonsai yang akan kita tanam. Oleh sebab itu, perhatikan bentuk tanaman bonsai kemudian pilihlah pot yang tepat.

1. Bentuk pot bujur sangar, bundar dan segi delapan

Pot yang berbentuk bujur sangkar, bundar, segi delapan dan sejenisnya biasanya bonsai ditelakkan di tengah tengah pot. Bonsai yang diletakkan ditengah tengah pot lebih cocok untuk bonsai gaya tegak lurus dan tegak berliku, menggantung atau setengah menggantung.

2. Bentuk pot empat persegi panjang, lonjong dan memanjang.

Bentuk pot seperti ini biasanya bonsai ditelakkan pada jarak sekitar sepertiga dari sisi pot. Hal ini bisa sebelah kiri atau sebelah kanan. Kedudukannya tidak terlalu pas di garis tengah pot melainkan sedikit di belakangnya. Penempatan seperti ini cocok untuk bonsai gaya tegak, miring, menggantung setengah menggantung dan berkelompok.

(Baca Juga : Cara Membuat Bonsai Kelapa )

Selain masalah bentuk pot, cara membuat pot bonsai serasi yang perlu anda perhatikan adalah masalah penempatan tanaman bonsai di pot. berikut ini akan diuraikan beberapa prinsip yang bisa kita jadikan pertimbangan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

1. Bonsai bergaya tegak atau miring namun memiliki dahan yang lebih berat ke kanan, maka bonsai ditanam di bagian kiri pot.

2. Bonsai bergaya tegak atau miring namun memiliki dahan yang berat ke kiri, maka pohon ditanam di bagian kanan pot.

3. Bonsai yang lebih berat ke kanan namun memiliki dahan utama yang lebih dominan menjorok ke kiri, maka yang dijadikan patokan adalah dahan yang lebih dominan sehingga bonsai di tanam di bagian kanan dan demikian pula sebaliknya.

Meskipun demikian, prinsip pot tanaman bonsai harus sesuai dengan bentuk idealnya, yakni tidak tinggi namun melebar. Prinsip tersebut dapat diaplikasikan ke dalam pot yang berbentuk lebar namun tidak terlalu tinggi, atau pada batu yang memiliki cekungan melebar namun tidak terlalu dalam.

Selanjutnya, untuk ukuran bentuk dan warna pot sebaiknya sesuaikan dengan ukuran,ukuran dan warna bonsai terutama warna daun, bunga dan buah. Pot yang dangkal biasanya digunakan hampir untuk semua gaya bonsai kecuali untuk bonsai bergaya menggantung karena untuk gaya ini diperlukan pot yang dalam. Selain itu, batu bercekung yang bentuk dan ukurannya cocok pada bonsai dapat juga digunakan sebagai wadah bonsai.

 

Related Posts

Add Comment