Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa

Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa – Anggrek membutuhkan media tanaman untuk tumbuhnya. Salah satu media tanam yang sering digunakan untuk anggrek adalah sabut kelapa.

Sabut kelapa merupakan media yang memiliki daya simpan air sangat baik, mengandung unsur hara yang di perlukan tanaman anggrek, mudah diperoleh dan harganya relatif murah. Selain keunggulan, sabut kelapa juga memiliki kelemahan yaitu mudah lapuk dan membusuk dan ini dapat menimbulkan penyakit ke bunga anggrek kita. Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa yang benar diperlukan agar tanaman anggrek anda bisa tumbuh dengan subur.

Yang pertama anda perlu lakukan adalah memilih sabut kelapa yang sesuai dengan kebutuhan anggrek. Pilihlah sabut kelapa yang sudah tua. Setelah itu potonglah sabut kelapa berupa kotak kotak kecil sesuai kebutuhan anda. Bagi anda yang menggunakan pot gantung ukuran kecil potonglah sabut kelapa ukuran sekitar 2 cm.

Karena itu, Rendamlah terlebih dahulu sabut kelapa ke dalam air berulang ulang untuk menghilangkan zat taninnya. Jika air rendaman sudah bening, maka zat tanin sudah hilang. Setelah itu, rendam sabut kelapa dalam larutan air dan fungisida, insektisida dan bakterisida dengan lama perendaman 1 jam hingga 1 hari. Perendaman dengan insektisida dan bakterisida digunakan agar tidak ada bakteri dan jamur yang menempel di dalam sabut kelapa. Sementara itu, simpan sabut kelapa yang tidak digunakan di tempat yang kering dan sejuk.

Setelah sabut kelapa anda siap masukkan sabut kelapa anda ke dalam tempat yang sudah  anda siapkan, anda bisa menggunakan pot gantung berupa plastik atau bisa juga berupa batok kelapa. Yang terpenting tempat sabut kelapa anda ada ruangan untuk keluar air sehingga tanaman anggrek tidak terendam air. Setelah itu lilitkan bunga anggrek ke dalam sabut kelapa. Jangan lupa tempatkan anggrek anda ke lokasi yang sesuai dengan kebutuhan anggrek anda.

Gantilah sabut kelapa yang sudah lapuk atau terlalu basah dengan yang baru. Hal ini perlu dilakukan agar tanaman anggrek dapat tumbuh dengan baik. Sabut kelapa pengganti ini pun harus dipersiapkan seperti sabut kelapa yang pertama kali digunakan.

Sekian artikel dari kami semoga artikel Cara Menanam Anggrek Dengan Sabut Kelapa ini dapat menambah informasi dan berguna untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *