Cara Menanam Anggrek di Pot

27 views

anggrek di potUntuk menanam anggrek ada bermacam macam cara yang disesuaikan dengan sifat hidupnya, misalnya jenis jenis anggrek yang sifatnya epifit atau anggrek tanah.

Menanam Anggrek Epifit di Pot

Anggrek epifit ialah anggrek yang menempel pada tanaman lain tetapi tidak merugikan pada tanaman yang ditempelinya. Yang termasuk jenis ini yaitu Cattleya, Dendrobium, Cymbidium, Phalaenopsis dan Vanda daun atau Blad Vanda. 

Materi yang dibutuhkan yaitu :

  1. Pot : Pot yang akan kita pakai sebaiknya yang baru, dapat juga dipakai pot bekas tetapi terlebih dahulu harus dibersihkan dengan sikat kawat. Pot bekas ini kerap kali mengandung bakteri, jamur, lumut atau mungkin pot ini telah asam, sehingga perlu dibersihkan sampai betul betul bersih. Pot yang kita gunakan harus disesuaikan dengan besarnya tanaman, selain itu dipilih pot yang sesuai dengan jenis tanamannya. Misalnya untuk jenis Vanda lain dengan pot jenis Phalaenopsis, Vanda meminta pot yang dalam sedangkan Phalaenopsis atau anggrek bulan memerlukan pot yang tidak dalam.
  2. Stick atau tiang penahan : Untuk tiang penahan bisa digunakan kayu dipotong persegi panjang dengan panjang dan lebar sekitar 1 cm dan tingginya disesuaikan dengan tanamannya. Dapat pula digunakan stick bambu yang telah dihaluskan, selain itu dapat digunakan juga kawat yang diameternya 3 – 4 mm, harganya agak mahal tetapi tahan lama.
  3. Media, media yang digunakan dapat berupa pakis atau kulit pinus tetapi bisa juga diganti dengan arang, kayu bakar atau sabut kelapa.

Jika pot yang dipakai untuk tanaman biasa, pot mawar, maka lubang yang ada di dasar pot harus diperbesar, menjadi agak besar dengan diameter 3 – 4 cm. Pot yang akan dipakai untuk menanam diberi stick atau tiang penahan yang diletakkan sampai menyentuh dasar pot, lalu diisi dengan pecahan batu bata atau pecahan genting sampai kira kira 1/3 tinggi pot. Setelah itu kita masukkan pakis atau kulit pinus sampai 2/3 tingg pot, lalu tanaman diletakkan di atasnya dengan akar yang diatus sedemikian rupa sehingga akar tanaman tersebar merata. Setela itu pot diberi pakis atau kulit pinus diatasnya sampai kira kira 1 cm di bawah tepi pot. Perlu diingat disini bahwa batang tanaman atau pseudo-bulb untuk jenis anggrek semacam Cattleya jangan sampai tertimbun oleh pakis atau kulit pinus yang ditimbun pakis adalah akar akarnya saja.

Untuk anggrek jenis epifit yang mempunyai batang monopodial, cara menanam anggrek tersebut di pot diletakkan di tengah tengah, sebab tumbuhnya akan terus lurus ke atas. Sedangkan untuk tanaman sympodial (Dendrobium dan Cattleya) bulb yang tertua ditanam menempel di dinding pot dan ujung tunasnya di tengah tengah pot. Cara menanam anggrek  tersebut diletakkan di pinggir, yaitu bagian yang tua dietakkan menempel pada pot bagian pinggir dan bagian tunas diletakkan sebelah tengah, sehingga tanaman itu tumbuhnya makin ke tengah.

Menanam Anggrek Tanah di Pot

Cara menanam anggrek tanah dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan pot atau kalau jumlahnya banyak dapat ditanam pada sistem bak dari batu bata. Tetapi pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara menanam anggrek tanah di pot saja.

Untuk menanam anggrek tanah, misalnya Renanthera, digunakan pot dengan ukuran diameter sekitar 25 – 30 cm. Tiang atau stick dipasang di tengah tengah pot, kemudian pot diisi dengan pecahan batu bata atau genting hingga ketinggian 1/3 dari pot. Anggrek yang akan ditanam di letakkan di tengah tengah dan akar disebar merata, dijaga jangan sampai ada akar yang ada diluar pot. Batang anggrek diikat erat erat pada tiang penahan dengan tali sedemikian rupa sehingga mengikatnya jangan terlalu kendor atau terlalu erat betul. Kemudian pot diisi dengan pupuk kandang yang telah dicampur sisa sampah yang telah terurai sampai kira kira 2/3 bagian pot. Untuk jenis anggrek yang mahal, pupuk kandang sebelum dipakai sebaiknya digoreng sangran terlebih dahulu. Pupuk kandang yang terbaik untuk anggrek adalah kotoran kuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *