Cara Menanam Bayam Organik

Cara Menanam Bayam Organik – bayam merupakan salah satu sayuran yang bisa dikonsumsi dengan berbagai variasi olahan. Bayam yang sehat untuk dikonsumsi tentulah bayam yang bebas akan zat kimia berbahaya seperti pestisida. Untuk itu menanam sendiri bayam secara organik bisa menjadi alternatif jika anda ingin mengkonsumsi bayam yang sehat. Selain itu bagi anda yang memiliki lahan yang cukup anda bisa membuat budidaya bayam organik ini karena harga jual bayam organik cukup bagus jika dibandingkan dengan bayam kimia.

Syarat tumbuh bayam organik

Tanaman bayam biasanya ditanam di dataran tinggi, namun di dataran rendah tetap bisa tumbuh. Tanaman bayam organik harus terkena sinar matahari sepanjang hari. Suhu udara yang dibutuhkan tanaman bayam organik berkisar 16 sampai 20 C dan memiliki kelembapan udara antara 40 sampe 60 persen.

Media tanam untuk tanaman bayam organik harus gembur dan kaya unsur hara dengan pH tanah berkisar antara 6 hingga 7. Ketika menanam bayam organik di wadah terbatas seperti pot,polybag dan lain sebagainya. Kita harus memastikan ketersediaan air tanah yang cukup jika sampai kekurangan air pertumbuhan akan terganggu.

Penyemaian benih bayam

Setelah memastikan kondisi lingkungan sesuai untuk pertumbuhan bayam. Langkah kedua dalam menanam bayam organik adalah penyemaian. Penyemaian benih bayam organik tidak jauh berbeda dengan penyemaian benih bayam konvensional. Kita bisa mendapatkan benih bayam berkualitas di toko pertanian.

Wadah media untuk penyemaian bayam bisa menggunakan polybag atau menggunakan kotak kayu. Media penyemaian adalah campuran tanah, arang sekam dan kompos atau pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1.

Setelah biji bayam ditebar di media penyemaian, rendah biji bayam dengan air hangat selama 1/2 jam. Biji yang mengapung dibuang dan biji yang tenggelam itulah yang dijadikan benih.

Masukkan biji bayam ke dalam lubang di media tanam sedalam 0,5 cm. Jika sudah masuk lubang tutup dengan kompos halus. Basahi sedikit agar kelembapan terjaga. Siramlah setiap pagi dan sore hari

Media tanam bayam organik

Dalam menanam bayam organik anda harus menyiapkan media tanam yang terdiri dari campuran tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1. Biarkan selama 3 hari dan media tanam siap digunakan untuk menanam bayam.

Wadah media tanam dapat menggunakan pot atau polybag berukuran 30×30 cm. Wdah tersebut harus dilubungai di bagian bawah untuk membuang air yang berlebihan supaya tanaman bayam anda tidak busuk.

Menanam bayam organik

Cara menanam bayam organik sangat mudah, setelah media tanam disiapkan anda bisa memindahkan bibit bayam organik yang sudah anda semai ke media tanam.

Tanamlah bibit bayam kedalam lubang tanam lalu tutup dengan tanah hingga pangkal batang tanaman. Lakukan penyiraman secukupnya.

Dalam menanam bayam organik, sebaiknya anda lakukan pada pagi atau sore hari. Karena jika anda menanam bayam organik ini pada siang hari akan ada resiko tanam bayam stress yang mengakibatkan pertumbuhannya terhambat atau malah bisa mematikan tanaman anda.

Perawatan bayam organik

Setelah anda menanam bayam organik anda, agar tanaman bayam anda bisa tumbuh dengan baik dibutuhkan perawatan yang benar. Tanaman baya organik perlu diberi perlakukan seperti penyiangan, penyulaman, pemupukan dan penyiraman.

Penyilangan dilakukan agar tanaman bayam organik bebas dari gangguan gulma maupun rumput liar. Gulma dan rumput liar dapat mengganggu pertumbuhan bayam organik.

Penyulaman dilakukan untuk mengganti tanaman yang terserang penyakit dan tanaman yang tidak tumbuh sempurna dengan menanam benih bayam baru. Pemumpukan dilakukan agar ketersediaan unsur hara tetap terjaga. Unsur hara ini berfungsi untuk memenuhi nutrisi tanaman bayam organik. Jika perlu, gunakan pupuk organik dengan dosis sesuai kemasan.

Penyiraman diperlukan agar bayam organik tumbuh dengan baik. Lakukan penyuraman rutin pada sore dan pagi hari terutama pada saat musim kemarau.

Penanggulangan hama dan penyakit

Jika tanaman terserang hama seperti ulat grayak, tungau dan kutu daun semprotkan pestisida organik. Sedangkan untuk mengendalikan penyakit bisa digunakan obat obatan yang mendandung unsur bunga camomil.

Cara penggunaannya, campurkan pestisida organik sebanyak 60 cc untuk setiap 1 liter air. Semprotkan pestisida organik tersebut ke tanaman yang terserang hama pada daun dan batangnya dengan rasio 3 hari sekali.

Itulah cara menanam bayam organik, tidak terlalu ribet bukan?

Related Posts

Add Comment