Cara Menanam Bunga Kertas Agar Cepat Tumbuh

bunga bougenvilleCara Menanam Bunga Kertas Agar Cepat Tumbuh – Bunga kertas atau disebut juga sebagai bunga bougenville merupakan tanaman hias yang dapat hidup dan tumbuh subur di tempat tempat yang lembap dan memperoleh paparan sinar matahari dengan cukup. Bunga kertas dapat hidup dengan baik di tempat atau lahan yang luas seperti kebun maupun lahan yang sempit seperti pot. Tidak heran banyak petani bunga yang mulai melirik jenis tanaman yang satu ini untuk dibudidayakan. Banyak juga pecinta bunga yang menanam bunga kertas dirumah sebagai hiasan taman rumah.

Ada 5 cara menanam bunga kertas yang perlu anda perhatikan agar bunga kertas cepat tumbuh, yaitu :

Pembibitan Bunga Kertas

Bibit bunga kertas yang baik bisa didapat dari indukan yang memiliki kualitas yang baik pula. Sebaiknya, pilih indukan yang sudah tua kemudian potong bunganya dan jemur ditempat yang panas. Selanjutnya, pisahkan biji dari bunga untuk dijadikan benih.

Setelah biji benar benar kering sempurna langsung bisa masuk ke tahap penyemaian. Penyemaian dilakukan melalui media yang terbuat dari campuran tanah, kompos dan pasir. Semai benih pada media selama 3 sampai 7 hari sampai benih tumbuh dan memiliki daun.

Bibit juga bisa didapat dengan cara stek batang yang sudah cukup usia. Anda cukup memotong batang tanaman yang telah berusia dewasa secara menyerong. Setelah itu, angin anginkan agar kering getahnya. Setelah getahnya kering, baru di tanam di media tanam yang sudah dipersiapkan.

Media Tanam Bunga Kertas

Bunga kertas sangat menyukai media tanam yang agak berpasir. Kandungan pasir dalam media tanam memungkinkannya bersifat porous (berpori pori). Dengan demikian, tingkat kelembapan media tanam pun bisa tetap dipertahankan keidealannya.

Anda bisa menggunakan pasir sebanyak sepertiga dari jumlah media tanam secara keseluruhan. Namun, media tanam bunga kertas yang ideal adalah campuran tanah, pupuk, kompos dan pasir.

Penanaman Bougenville

Apabila bibit diperoleh dari generatif, maka bibit didapat dari persemaian yang sudah tumbuh menjadi bibit bunga bougenville. Cara menanam bunga kertas dari media persemaian bisa dengan memindahnya ke media tanam yang lebih luas berupa pekarangan atau taman rumah dan bisa juga menanam bunga kertas menggunakan media tanam individu berupa pot.

Pada saat pemindahan bibit bunga kertas, lakukan dengan hati hati. Jangan sampai merusak akar yang menempel pada bibit. Cara pemindahan yang kasar akan merusak akar dan menganggu pertumbuhan bunga bougenville.

Bunga bougenville juga bisa ditanam degan mudah melalui stek batang. Setelah bibit hasil stek disiapkan, tanamkan bibit tersebut ke dalam media tanam dengan kedalaman 3-5 cm. Proses menanam bunga kertas ini sebaiknya dilakukan saat pagi hari agar bibit tanaman dapat tumbuh dengan baik dan maksimal. Jangan lupa siramlah dengan air secukupnya.

Pemupukan Bunga Kertas

Pemupukan terhadap tanaman bunga kertas perlu dilakukan secara teratur guna menjaga tingkat kesuburan media tanam. Pemupukan paling baik menggunakan pupuk organik, seperti pupuk kandang dan pupuk kompos dengan dosis sesuai kemasan.

Pemupukan ini ideanya dilakukan setiap sebulan sekali. Sebisa mungkin, hindari penggunaan pupuk kimia terutama bagi anda yang masih pemula dalam menanam bunga bougenville ini.

Perkembangbiakan Bougenville

Perkembangbiakan bougenville sebenarnya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu perbungaan atau generatif dan dengan cara vegetatif. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan cara vegetatif, yaitu sistem stek.

 

Related Posts

Add Comment